Mengenal Karakteristik Kucing Bengal, Corak Bulunya Mirip Harimau

Cherewed.com – Banyak orang yang memelihara beragam jenis kucing di rumahnya. Mulai dari kucing persia, kucing anggora, dan lain sebagainya. Nah, dari berbagai jenis kucing, ada satu kucing yang unik, yaitu kucing bengal. Karakteristik kucing bengal ini memang terbilang unik.

Meskipun memiliki bentuk tubuh biasa seperti halnya kucing kampung. Akan tetapi, yang unik dari kucing ini yaitu memiliki motif loreng seperti harimau yang menjadi ciri khasnya.

Mengetahui Karakteristik Kucing Bengal

Ukuran kucing bengal memang tidak terlalu besar. Penampilannya terlihat cukup eksotis dan menarik perhatian. Hal ini dikarenakan karakteristik kucing bengal yang memiliki motif bulu seperti harimau ini.

Salah satu kelebihan dari kucing bengal yaitu terdapat pada bagian bulunya yang pendek dan mudah dirawat. Maka ketika memeliharanya, Anda tidak perlu menyisir bulunya setiap hari. Bulunya yang halus juga terlihat berkilau.

Warna bulu dari jenis kucing ini pun juga bervariasi. Ada yang memiliki warna emas, orange, coklat, gading, abu-abu, dan masih banyak lagi warna yang lainnya. Untuk coraknya pada umumnya berwarna coklat atau hitam.

Karakteristik kucing bengal juga bisa terlihat dengan adanya bintik-bintik mencolok yang terdiri lebih dari satu warna. Pada umumnya ada warna sekunder yang membentuk garis gelap pada bintik badanya tersebut.

Jenis kucing ini juga memiliki bentuk kepala yang cukup besar dan panjang. Jika dibandingkan badannya, maka kepalanya akan terlihat lebih kecil. Lehernya juga cukup besar dan sedikit berotot.

Perilaku Unik Kucing Bengal

Kucing bengal memiliki perilaku yang unik jika dibandingkan jenis kucing lainnya. Apa saja keunikannya? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA :  Mengetahui Ciri-Ciri Kucing Anggora Dan Karakternya

Aktif Dan Cerdas

Bengal merupakan jenis kucing yang sangat aktif dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Kucing ini bisa belajar dengan sangat cepat dan suka belajar dengan perilaku baru. Kecerdasan yang dimiliki oleh kucing ini memang berbeda dengan jenis kucing lainnya.

Kucing ini juga suka diperhatikan, jadi sebaiknya Anda mengajaknya bermain dan memberikannya mainan agar kucing bisa aktif sendiri.

Tak hanya itu saja, bengal juga terkenal sebagai jenis kucing yang percaya diri, banyak mengeong, dan selalu waspada terhadap kanan kirinya.

Gemar Bermain

Sebagai jenis kucing yang aktif, bengal suka sekali bermain. Seperti jenis kucing yang lainnya, kucing bengal suka bermain bola atau mengejar mainan berupa tikus-tikusan. Bisa juga Anda mengenalkan jenis permainan lainnya.

Kucing bengal juga gemar memanjat dan kerap dijumpai sedang bertengger pada tempat tertinggi yang ada di rumah. Maka dari itu, sebaiknya Anda menyediakan benda yang bisa dia panjat untuk bertengger. Ajak bermain di luar rumah agar kucing Anda tidak merasa bosan dan bisa lebih bebas berlarian.

Suka Bermain Air

Sebagian besar jenis kucing akan takut dengan air. Jika terkena air mereka akan langsung berlari ketakutan. Lain halnya dengan kucing bengal ini, mereka lebih suka bermain air dengan memasukkan tangannya ke dalam wadah air dan mengobok-obok tempat air, seperti akuarium yang terdapat banyak ikannya.

Nah, karakteristik kucing bengal yang memiliki motif seperti harimau ini disebabkan karena hasil persilangan dari jenis kucing American Shorthair dan kucing Asian Leopard. Di Indonesia, kucing ras ini memang sudah lama dipelihara oleh beberapa pecinta kucing. Akan tetapi tidak sebanyak kucing persia atau kucing himalaya. Hal ini disebabkan karena harga kucing bengal yang unik ini sangatlah mahal.