Cara Memelihara Ferret, Hewan Predator Kuat Yang Bisa Jinak

Cherewed.com – Ferret merupakan salah satu jenis mamalia anggota kecil dari keluarga Mustelidae, yang juga banyak disebut dengan Mustelid. Beberapa Mustelid yang lainnya diantaranya yaitu cerpelai, berang-berang atau otter, badger, mink, wolverine, dan  masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun termasuk hewan predator liar, Ferret bisa menjadi jinak jika cara memelihara ferret dilakukan dengan tepat.

Ciri khas ferret yaitu memiliki bentuk moncong mulut yang terlihat memanjang. Hewan ini juga memiliki tubuh yang ramping memanjang dan berekor panjang. Jika dilihat dari ciri khasnya, ferret memiliki ciri yang hampir sama dengan musang

Cara Memelihara Ferret Sampai Bisa Jinak

Ferret merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang aktif dan suka bermain. Karakteristik tubuhnya yang lentur dan ramping menjadikan hewan ini mudah untuk bersembunyi di balik celah-celah yang sempit.

Tubuh ferret biasanya memiliki warna hitam, putih, abu-abu, dan kecoklatan. Saat ini, hewan predator yang berwajah lucu ini banyak dijadikan hewan peliharaan yang aktif. Di Indonesia, Ferret masih jarang dijumpai. Namun, di negara lain ferret banyak digunakan untuk memburu kelinci liar.

Ketahui Karakternya Terlebih Dahulu

Cara memelihara ferret harus dilakukan dengan hati-hati. Meskipun Ferret dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan yang jinak, terkadang nalurinya sebagai hewan predator akan keluar. Gigi ferret ukurannya kecil-kecil dan cukup tajam.

Apabila Anda kurang berhati-hati, ferret bisa menggigit dan menyebabkan timbulnya luka yang cukup dalam. Jika Anda sudah sedikit mengetahui tentang karakteristik ferret, maka pemeliharaan binatang ini bisa menjadi semakin mudah.

BACA JUGA :  Cara Memelihara Tupai Kelapa Agar Bisa Cepat Jinak

Sediakan Kandang Yang Tepat

Cara memelihara ferret selanjutnya yaitu Anda perlu menyiapkan ruangan khusus untuk Ferret. Buatlah ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang baik, jadi jangan terlalu sempit.

Ferret rumahan tidak bisa dikurung di ruangan kecil seperti halnya kucing, anjing atau hamster. Sebab, Ferret memerlukan ruangan yang cukup besar. Dengan begitu, ferret bisa berlarian dan juga menggerakkan tubuh dengan lebih leluasa.

Bersihkan Kandang Agar Terhindar Dari Penyakit

Ferret yang kerap tinggal di dalam kandang yang terlalu sempit dan tertutup, biasanya akan mudah terkena penyakit. Jenis penyakit yang kerap menyerang ferret, diantaranya yaitu penyakit busuk kaki, distemper, difteri serta influenza.

Penyakit ini muncul biasanya disebabkan karena sang pemilik yang sering lalai di dalam menjaga kebersihan kandang. Kotoran yang tidak dibersihkan dan dibiarkan menumpuk dalam waktu 24 jam, bisa menjadikan kaki ferret kotor dan bisa menjadi bengkak.

Tak hanya itu saja, banyaknya kotoran yang menumpuk pada kandang bisa mengakibatkan hidung dan moncong ferret menjadi kotor. Dengan begitu, Ferret mudah terkena influenza. Supaya bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, Anda harus rajin membersihkan kandang setiap hari.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak ferret peliharaan Anda jalan-jalan atau bermain. Selain bisa menjadikannya lebih jinak, cara ini juga bisa dilakukan agar mereka bisa berolahraga. Dengan begitu, daya tahan tubuh mereka bisa lebih baik dan tidak mudah terserang penyakit.

Berikan Makanan Yang Tepat

Berikan makan hewan ini dengan tepat waktu. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan jenis makanan yang bernutrisi dan baik untuk kesehatan binatang lucu ini. Makanan sehat yang bisa Anda berikan untuk ferret diantaranya berupa irisan daging segar juga susu segar non gula. Anda juga bisa memberikan makanan kemasan khusus ferret yang dijual di toko hewan peliharaan.

BACA JUGA :  Mengetahui Jenis Marmut Hias Dengan Bulu Yang Sangat Cantik

.