Mengenal Jenis Kelinci Hias Paling Menggemaskan Untuk Dipelihara

Cherewed.com – Kelinci merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki ciri fisik yang sangat cantik dan lucu bak boneka. Banyak orang yang memelihara kelinci, baik yang kelinci pedaging ataupun kelinci hias.

Jenis kelinci hias saat ini sudah cukup banyak variannya dan banyak diperjualbelikan di pasaran. Bentuknya yang lucu dengan bulu yang indah menjadikan banyak orang suka dengan hewan peliharaan satu ini.

Jenis Kelinci Hias Paling Cantik

Kelinci hias memang memiliki ciri fisik yang berbeda dengan kelinci pedaging. Jenis kelinci hias biasanya memiliki bulu dan warna-warna yang cantik. Penasaran dengan kelinci hias? Ini jenis-jenis dan karakteristiknya.

Kelinci Himalaya

Jenis kelinci hias yang paling cocok dan menarik untuk dijadikan hewan peliharaan yaitu kelinci Himalaya. Sama halnya dengan kucing Himalaya, daya tarik kelinci ini yaitu terdapat pada bulunya. Kelinci Himalaya memiliki warna bulu yang dominan berwarna putih.

Sedangkan pada bagian hidung, telinga, ekor, dan kakinya memiliki bulu yang warnanya gelap. Bagian matanya juga berwarna merah atau pink. Harga jual kelinci jenis ini memang tergolong cukup mahal, bahkan bisa mencapai Rp 4 juta. Kelinci jenis ini ternyata cukup sulit dibudidayakan, maka tak heran jika harganya bisa melambung tinggi.

Kelinci Anggora

Kelinci Anggora adalah jenis kelinci hias yang berasal dari negara Turki. Karena memiliki bulu yang indah, hewan ini banyak sekali dijadikan sebagai hewan peliharaan kesayangan. Selain itu, di negara-negara Eropa kelinci Anggora ini dimanfaatkan bulu-bulunya untuk dijadikan wool.

Ciri khas dari kelinci Anggora ini yaitu memiliki bulu yang tebal dan lembut. Selanjutnya, di bagian ujung telinga dan kakinya mempunyai warna bulu yang berbeda, ada yang warnanya putih, coklat, abu-abu, dan ada juga yang hitam.

BACA JUGA :  Mengetahui Ciri-Ciri Kucing Anggora Dan Karakternya

Kelinci Lop

Jika Anda ingin memelihara kelinci yang unik dan lucu, maka kelinci Lop ini bisa menjadi pilihan Anda. Hal ini disebabkan karena jenis kelinci ini sangat unik. Pada umumnya kelinci memiliki bentuk telinga yang tegak, namun hal ini berbeda dengan jenis kelinci Lop.

Kelinci Lop memiliki bentuk telinga yang menggantung dan turun dari bagian atas kepala sampai ke bagian pipi. Telinga kelinci lucu ini bahkan cukup mirip dengan telinga anjing.

Jenis kelinci Lop juga mempunyai bulu-bulu yang cukup unik, berwarna putih dan terdapat dot yang warna hitam. Kelinci ini juga mahal sekali harganya, bahkan semakin tua usianya harganya akan semakin mahal.

Kelinci Dutch

Jika Anda bosan dengan kelinci yang warnanya hitam atau putih saja, maka kelinci dutch ini bisa Anda pilih untuk dijadikan peliharaan. Hal ini disebabkan karena kelinci dutch ini dibalut dengan bulu yang memiliki kombinasi warna, diantaranya yaitu putih, bercak hitam, coklat juga abu-abu.

Kelinci Satin

Pilihan kelinci yang menarik untuk dipelihara berikutnya yaitu kelinci satin. Kelinci yang berasal dari Amerika Serikat ini punya karakter yang jinak juga penurut, dengan begitu cocok sekali untuk Anda pelihara. Kelinci ini juga tergolong memiliki bobot yang cukup besar. Untuk jenis kelinci satin yang betina sendiri bobotnya bisa berada di kisaran 4 sampai dengan 5 kg.

Berbagai macam jenis kelinci hias tersebut bisa Anda pelihara sebagai hewan kesayangan di rumah. Hal yang terpenting Anda harus bisa memberikan perawatan yang terbaik untuk kelinci ini agar bisa memiliki usia yang lama dan memiliki badan yang sehat.