Jenis Musang Yang Cocok Dijadikan Peliharaan Di Rumah

Gilakoi.com – Musang adalah jenis hewan yang lucu bagi para pecintanya. Binatang yang banyak hidup liar ini ternyata banyak dijadikan hewan peliharaan kesayangan. Sebab, jika dipelihara dengan baik, musang bisa diajak menjadi teman bermain yang jinak. Ada beberapa jenis musang yang banyak dipelihara karena kelucuannya.

Jenis Musang Untuk Peliharaan Di Rumah

Sebagian orang mungkin kurang suka memelihara musang di rumah. Namun, sebagian besar juga ada yang suka sekali memelihara hewan ini lantaran memiliki keunikan tersendiri. Musang juga bisa dijadikan hewan peliharaan yang sangat menyenangkan. Bahkan saat ini sudah banyak komunitas pecinta musang yang tersebar di berbagai wilayah.

Terdapat beberapa jenis musang yang sudah banyak dijadikan hewan peliharaan. Mulai dari musang pandan, hingga musang bulan saat ini sudah banyak kita jumpai dijadikan sebagai hewan peliharaan kesayangan. Jika Anda berniat ingin memelihara musang, jenis musang berikut ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

1. Musang Pandan

Musang Pandan termasuk jenis musang yang populer dan memiliki harga yang cukup mahal. Meski demikian, jenis ini sudah banyak dipelihara di Indonesia, terutama oleh para komunitas pecinta musang.

Musang ini diberi nama pandan karena hewan ini mengeluarkan aroma daun pandan. Yang mana asal bau tersebut dari kelenjar di bagian bawah ekor musang yang berjenis kelamin jantan.

Ciri khas musang pandan yaitu pada bagian punggungnya berwarna abu-abu kecoklatan. Akan tetapi, ada juga warna lainnya seperti coklat merah, kehijauan dan lain-lain. Sedangkan ada warna gelap di bagian tertentu, yaitu di bagian wajah, kaki dan ekor.

BACA JUGA :  Jenis Anjing Berbulu Panjang Yang Cocok Untuk Peliharaan

Musang pandan biasanya mengonsumsi berbagai macam jenis buah-buahan seperti pepaya, jambu, biji kopi dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya buah saja, musang ini juga memakan serangga-serangga kecil seperti jangkrik dan lain sebagainya.

2. Musang Bulan

Nah, jika Anda ingin memelihara musang yang cantik dan lucu, maka jenis musang ini bisa Anda coba pelihara. Musang bulan sangat menyukai berbagai macam buah-buahan. Bahkan musang ini juga dijadikan penghasil produk kopi luwak. Musang bulan memiliki ciri tersendiri jika dibandingkan musang yang lain, terutama di bagian motif dan warna tubuh musang ini.

Untuk jenis musang bulan ini, di bagian tubuhnya terdapat 2 variasi warna yaitu orange yang bercampur coklat dan ada juga warna hitam gelap. Namun yang paling populer yaitu musang bulan yang warnanya didominasi dengan warna hitam dengan pada ujung ekornya memiliki warna putih.

3. Musang Rase

Musang rase termasuk jenis hewan karnivora yang sudah banyak tersebar di negara Asia Selatan dan Tenggara. Ukuran tubuh musang ini sedang, yaitu 54 sampai dengan 63 cm. Kemudian panjang ekornya 30 sampai 43 cm.

Bagian ekor musang rase ini memang terlihat cukup menarik. Sebab, pada bagian ekornya memiliki belang belang hitam dan putih, dengan bagian ujung ekor yang berwarna putih.

Tak hanya itu saja, warna tubuhnya tampak kecoklatan hingga coklat pucat kekuningan. Kemudian juga disertai dengan garis hitam memanjang di punggung yang membuatnya terlihat cantik. Dengan ciri fisiknya yang cukup menarik ini, maka tak heran jika harga jenis musang rase ini cukup mahal.

4. Musang Bali

Sesuai dengan tempat asalnya, musang ini asalnya dari Bali. Musang ini juga cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Ciri khas dari jenis musang ini diantaranya memiliki tubuh hampir semuanya berwarna putih yang agak kusam. Meskipun begitu musang ini terlihat sangat menggemaskan.