Mengetahui Jenis Marmut Hias Dengan Bulu Yang Sangat Cantik

Cherewed.com – Marmut adalah jenis binatang yang cantik dan lucu sehingga banyak orang yang suka untuk memeliharanya. Mungkin Anda sudah sering menjumpai marmut-marmut di pasaran yang dijual dengan harga murah. Biasanya itu merupakan marmut lokal. Nah, untuk marmut yang memiliki ciri fisik cantik yaitu jenis marmut hias.

Jenis Marmut Hias Paling Unik Untuk Dipelihara

Marmut hias memang sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Tubuhnya yang lucu dan menggemaskan ini menjadikan banyak orang merasa ingin memiliki dan ingin memeliharanya di rumah. Ingin tahu apa saja jenis marmut hias yang paling cocok dijadikan peliharaan? Simak ulasannya.

1. Marmut Abyssinian

Jenis marmut Abyssinian ini sangat lucu dan mirip sekali dengan boneka. Hal ini disebabkan karena marmut ini memiliki bulu yang sangat panjang dan menutupi seluruh bagian tubuhnya, bahkan bulu indahnya juga menutupi bagian wajah dari marmut hias ini.

Jika ingin memelihara jenis marmut ini Anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Karena untuk harga per ekor jenis marmut ini sekitar 1 jutaan.

2. Marmut Peruvian

Tidak berbeda jauh dengan marmut Abyssinian, marmut hias Peruvian ini juga memiliki ciri yang cantik sebab memiliki bulu yang lebat. Akan tetapi, untuk marmut Peruvian memiliki bulu yang panjang dan menjuntai ke bawah. Ketika berjalan marmut ini akan terlihat lucu dan cantik. Sebab pada saat marmut  Peruvian berjalan, bulunya akan terlihat menyentuh tanah.

3. Marmut Coronet

Nah, untuk marmut hias kali ini memiliki kebiasaan yang mirip seperti tupai. Marmut coronet ini juga banyak disukai untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Selain itu marmut coronet juga lebih suka bersembunyi di lubang pohon dan batu.

BACA JUGA :  Cara Memelihara Chinchilla, Hewan Lucu Dan Unik Berukuran Mini

Untuk itu, jika Anda ingin memelihara jenis marmut ini, pastikan Anda menyiapkan kandang yang luas dengan beralaskan tanah. Marmut coronet ini juga tahan dengan suhu yang dingin.

4. Marmut Sheba

Nah, untuk marmut sheba ini merupakan salah satu jenis marmut hias yang liar. Keunikan yang ada pada marmut ini yaitu memiliki ekor panjang, dengan ditambah bulunya yang berwarna coklat kombinasi hitam.

Tak hanya itu saja, ciri fisiknya juga ditandai dengan bulunya juga agak keriting dan cukup pendek. Maka dari itu, tak heran jika marmut ini memiliki tampilan yang unik dan menarik.

5. Marmut Alpaca

Berbeda dengan marmut lainnya yang memiliki bulu lurus, jenis marmut Alpaca ini justru memiliki bulu keriting. Badan marmut ini juga terlihat lebih bulat dan pendek. Jika tidak dirawat dengan baik, maka marmut ini akan sulit memiliki umur yang panjang. Jadi, jika Anda berniat untuk memelihara jenis marmut ini, jangan lupa untuk mempersiapkan segala perawatannya.

6. Marmut Abyruvian

Marmut abyruvian adalah jenis marmut cantik yang merupakan hasil persilangan dari marmut Abyssinian dan marmut Peruvian. Untuk bentuk badannya, marmut ini bertubuh sama dengan kedua induknya, bulu-bulunya pun juga terlihat sangat panjang hingga menutupi seluruh tubuhnya. Cukup sulit untuk mendapatkan jenis marmut ini karena belum banyak orang yang membudidayakannya.

Ketika Anda memelihara salah satu dari jenis marmut hias ini, maka jangan lupa untuk memberikan perawatan yang terbaik. Untuk pakannya, Anda bisa memberikan paprika merah atau hijau, kale, serta brokoli yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Anda juga bisa memberikan makanan tambahan lain berupa wortel, kiwi, strawberry, apel sekali atau dua kali dalam seminggu.