Jenis Anjing Berbulu Panjang Yang Cocok Untuk Peliharaan

Cherewed.com – Selain kucing, sekarang ini anjing juga banyak dijadikan hewan peliharaan yang paling diminati di Indonesia. Jenis anjing berbulu panjang merupakan salah satu jenis anjing yang banyak penggemarnya. Bulunya yang panjang memang terlihat lebih menarik dan elegan terlebih lagi pada waktu mereka sedang berjalan.

Sebagian anjing tersebut memiliki bulu yang sangat halus dan lembut. Bulu yang lebat dan panjang ini fungsinya sebagai mantel yang menjadikan anjing ini tetap hangat meskipun udara sedang dingin. Dengan bulu-bulunya yang panjang, anjing ini terlihat lebih lucu dan juga menggemaskan.

Jenis Anjing Berbulu Panjang Paling Lucu

Jika Anda suka dengan ras anjing yang memiliki bulu panjang dan lebat, maka jenis anjing berbulu panjang berikut ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Bearded Collie

Tak hanya ditutupi dengan bulu tubuh yang panjang, Bearded Collie juga punya jenggot yang lebat dan panjang. Spesies anjing ini asalnya dari wilayah Skotlandia. Dahulunya, jenis anjing ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk dijadikan anjing penggembala serta penjaga ternak.

Bearded collie juga memiliki beberapa varian warna bulu, diantaranya hitam, biru, putih serta coklat kekuningan. Mereka juga memiliki dua lapisan bulu, yaitu lapisan luarnya yang memiliki tekstur kasar dan untuk lapisan dalamnya memiliki tekstur lembut.

Maltese

Maltese merupakan jenis anjing berbulu panjang yang cocok untuk dipelihara di dalam rumah. Anjing ini memiliki tekstur bulu yang lembut dan berkilau. Tubuh anjing ini lucu sekali dan ukurannya cukup kecil.

BACA JUGA :  Mengenal Kucing Himalaya Asli Dan Karakteristiknya

Bahkan, untuk seekor Anjing Maltese paling kecil berat badanya hanya sekitar 1.5 kilogram saja. Maltese juga terkenal sekali dengan bulunya yang sangat panjang, bahkan bulunya sampai menyentuh lantai. Meskipun mempunyai tubuh yang mungil, akan tetapi spesies anjing ini bisa bertahan hidup cukup lama sampai memasuki usia 15 tahun.

Chow Chow

Jika Anda ingin memelihara jenis anjing berbulu panjang dan berukuran besar, maka anjing jenis Chow Chow ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Akan tetapi, ada 2 jenis Chow Chow yang memiliki bulu kasar maupun halus, namun semua jenisnya tetap terlihat sangat menggemaskan dan lucu.

Pomeranian

Pomeranian termasuk ras anjing berbadan kecil yang banyak diadopsi di Indonesia.  Anjing Pomeranian memiliki badan yang mungil, bahkan biasanya berat badan dari Pomeranian dewasa hanya sekitar 3,5 kilogram saja. Jenis Anjing ini masuk dalam ras Spitz. Karakteristik  anjing ini memiliki bulu tebal, panjang, dan daun telinga yang agak kecil. Sehingga fisiknya sangat terlihat menggemaskan.

Shih Tzu

Jenis anjing ini asalnya dari Tiongkok. Banyak yang suka memelihara anjing bertubuh mungil ini. Bulu Shih tzu juga sangatlah panjang, bahkan bulu-bulu di wajahnya dapat menutupi mata. Walaupun begitu, bulunya sangat halus dan lembut. Shih tzu juga termasuk jenis anjing yang memiliki sifat cukup ramah, lincah, dan cerdas.

Yorkshire Terrier

Jenis anjing peliharaan yang lucu dan menggemaskan selanjutnya yaitu Anjing Yorkshire Terrier. Ukuran tubuh anjing ini cukup mungil dan hampir seukuran kucing peliharaan Anda. Jika berjalan sekilas terlihat seperti boneka bulu berjalan. Bulunya yang panjang juga sering menutupi bagian wajahnya.

Ukuran tubuhnya yang mungil menjadikan jenis anjing satu ini mirip seperti boneka anjing mainan. Bahkan karena lucunya, anjing ini sering dijuluki dengan anjing kemayu. Perilakunya juga suka mencari perhatian pada orang yang ada di sekitarnya. Berat maksimal dari jenis anjing berbulu panjang ini hanya mencapai 3,1 kilogram saja.