Tips Memelihara Ular Piton Albino Dan Cara Merawatnya

Cherewed.com – Ular piton (Phyton reticulatus) merupakan jenis satwa eksotis yang saat ini sudah banyak dipelihara. Salah satunya yaitu jenis ular piton albino. Berbeda dengan ular lainnya yang terkesan menyeramkan dan mematikan, ular ini justru memiliki sisi keindahan yang luar biasa. Pola warna yang ada di tubuh ular ini menjadikan jenis piton ini menjadi semakin menarik.

Python albino juga termasuk salah satu dari lima ular terbesar di dunia. Ular-ular ini sering ditemukan di dekat air dan terkadang juga bisa ditemukan di pohon.

Ciri Khas Ular Piton Albino

Ular piton albino termasuk spesies dari Afrika Barat. Di kalangan pecinta ular, reptil ini banyak dipelihara. Warna tubuhnya yang kuning terang menjadikan jenis ular ini tampak cantik. Tak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Meskipun nama ular ini albino, ular yang berukuran besar ini tidak berwarna putih, justru cenderung didominasi dengan warna kuning.

Reptil ini juga memiliki 3 warna berbeda, yaitu white, lavender, juga purple. Sebenarnya, piton albino hanya punya dua warna galur, diantaranya putih dan ungu. Akan tetapi, pada saat terjadi persilangan antara albino putih dan albino ungu, piton ini menghasilkan warna lavender. Inilah yang menjadikan jenis ular ini memiliki warna yang sangat cantik.

Piton albino memiliki ciri khas dengan bagian matanya yang berwarna merah. Keindahan warna di tubuhnya ini menjadikan jenis ular ini menjadi salah satu jenis peliharaan yang mahal di dunia.

Ular ini tidak suka menggigit, akan tetapi dia memilih melingkar dan membentuk seperti bola. Binatang ini bersifat nocturnal, jadi akan lebih aktif pada saat malam hari.

BACA JUGA :  Mengenal Kucing Himalaya Asli Dan Karakteristiknya

Cara Merawat Ular Piton Albino

Memelihara ular piton albino termasuk dalam kategori medium. Jadi, binatang ini tidak disarankan dipelihara untuk para pemula.  Untuk perawatan piton ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, diantaranya sebagai berikut:

Persiapkan Kandang Yang Sesuai

Siapkan kandang yang tertutup paling tidak memiliki ukuran 97 x 46 x 40 centimeter. Usahakan kandang ular ini tetap mempunyai sirkulasi udara yang baik. Berikan juga alas kandang dengan koran bersih. Pada saat sudah bau, segera untuk menggantinya.

Sebaiknya Anda langsung menempatkan ular tersebut di dalam kandangnya. Tujuannya supaya ular bisa terbiasa dengan lingkungan barunya.

Beri Wadah Yang Diisi Air Minum

Masukkan air minum pada wadah dan masukkan ke dalam kandang. Biarkan ular di dalam kandangnya selama satu atau dua jam. Setelah terbiasa, Anda bisa mulai menyentuhnya pelan untuk membiasakan ular tersebut dengan pemeliharanya.

Penjemuran

Tidak hanya burung kicauan saja yang perlu mendapatkan penjemuran, ular piton albino juga memerlukan pencahayaan dan sinar. Maka dari itu, saat jam 8 pagi sebaiknya ular piton dijemur di bawah matahari pagi minimal 5 menit di setiap harinya.

Pemberian Pakan

Menu makan untuk ular ini bisa Anda sesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Pakan ular phyton albino yaitu tikus putih. Untuk waktu pemberian makan, Anda bisa menyesuaikan dengan usia atau ukuran tubuh piton tersebut.

Ada piton albino yang sudah cukup diberi makan 3 hari sekali saja. Ada juga yang cukup diberikan makan 7 hari sekali. Bahkan, ada juga ular piton yang cukup diberi makan 12 hari sekali.

Berilah makan secara teratur sesuai dengan kebutuhan ular piton albino ini, agar tubuhnya tetap sehat dan warna kulitnya tetap terlihat indah.