Mengetahui Ciri-Ciri Kucing Anggora Dan Karakternya

Cherewed.com – Kucing Anggora adalah satu jenis hewan peliharaan yang memiliki bentuk yang sangat cantik dan lucu. Ras kucing yang asalnya dari Turki ini  juga ditetapkan sebagai ras tertua di dunia. Ciri-ciri kucing Anggora dengan bulu dan tubuhnya yang panjang membuatnya terlihat elegan.

Ras kucing ini terkenal dengan wajahnya yang berbentuk huruf V dan hidungnya yang panjang. Saat ini banyak orang yang memelihara jenis kucing ini untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan kesayangan di rumahnya.

Inilah Ciri-Ciri Kucing Anggora

Bagi Anda yang berencana ingin memelihara kucing Anggora di rumah, lebih baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kucing Anggora dengan jelas agar tidak salah dalam memilih jenis kucing peliharaan.

Memiliki Bentuk Wajah Segitiga

Lain halnya dengan Kucing Himalaya atau Persia, ciri-ciri Anggora yaitu memiliki bentuk wajah seperti segitiga. Kemudian, bagian dahinya juga tampak lebar dan semakin ke bawah terlihat semakin kecil. Hidung kucing ras ini juga lebih mancung.

Lain halnya dengan campuran Persia Anggora yang memiliki hidung lebih kecil dan terlihat sedikit pesek. Kucing Anggora biasanya pada bagian bawah hidung warnanya terlihat merah muda. Telinga kucing ras ini juga terlihat lebih lebar dan lebih panjang jika dibandingkan dengan kucing Persia. Meskipun demikian, jenis kucing ini terlihat lucu sekali.

Bentuk Matanya Mirip Kacang Almond

Kucing Persia memiliki bentuk mata yang unik dan banyak yang mengatakan jika bentuk matanya seperti kacang almond. Disebut mirip kacang almond karena pada bagian ujung bentuknya sedikit runcing.

BACA JUGA :  Cara Memelihara Tupai Kelapa Agar Bisa Cepat Jinak

Untuk kucing Anggora yang berbulu putih biasanya memiliki mata yang berwarna kuning. Namun ada juga yang memiliki warna mata biru atau bahkan dua warna mata. Dua warna mata ini biasanya terjadi karena adanya kelainan genetik.

Memiliki Tubuh Yang Panjang Dan Langsing

Ciri-ciri kucing Anggora selanjutnya yaitu memiliki tubuh panjang, ramping, dan juga lebih langsing. Kemudian, untuk kucing yang jantan tubuhnya lebih besar jika dibandingkan dengan kucing yang betina. Tak hanya dari ukuran saja, bagian bulu ekor jantan biasanya juga terlihat lebih tebal jika dibandingkan kucing betina.

Hidung Lebih Mancung

Jika Anda tidak suka memelihara kucing yang berhidung pesek, maka jenis kucing ini cocok untuk Anda pilih sebagai hewan peliharaan. Sebab, Kucing Anggora memiliki hidung yang lebih mancung dan lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Lalu untuk bagian telinganya cenderung runcing dan juga memanjang.

Berbulu Panjang

Kucing Anggora asli dan campuran Persia pada umumnya akan memiliki bulu tubuh yang lebat dan panjang. Lalu, untuk bagian wajah bulunya tidak terlalu lebat dan panjang. Keunikan dari kucing ras ini, bulunya bisa tumbuh menjadi lebih lebat pada saat memasuki musim dingin.

Karakter Atau Perilaku Kucing Anggora

Perlu Anda ketahui, jika kucing Anggora dikenal juga dengan sifat yang aktif juga riuh. Biasanya kucing ini melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan perhatian dari sang pemilik. Dengan perilakunya yang aktif ini, maka tidak salah jika banyak orang yang ingin memeliharanya.

Tak hanya aktif saja, bahkan kucing ini juga dikenal mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Kucing ini juga bisa akrab dengan hewan peliharaan lain, seperti anjing dan jenis kucing lainnya.