Cara Memelihara Chinchilla, Hewan Lucu Dan Unik Berukuran Mini

Cherewed.com – Banyak sekali jenis hewan lucu yang dapat Anda jadikan hewan peliharaan di rumah. Misalnya seperti anjing, kucing, tupai, kelinci dan lain sebagainya. Namun, jika Anda ingin memelihara jenis hewan yang jarang dimiliki oleh orang lain, maka Chinchilla adalah pilihan yang tepat. Cara memelihara Chinchilla juga cukup mudah.

Chinchilla adalah jenis hewan lucu dan termasuk hewan pengerat seperti tupai, hamster juga landak. Hewan ini termasuk hewan yang aktif saat malam hari atau nokturnal. Maka dari itu, sangat cocok jika Anda ingin memeliharanya di rumah.

Cara Memelihara Chinchilla Yang Baik Dan Benar

Chinchilla ini adalah hewan mamalia juga omnivora. Tubuhnya memang berukuran mini, jadi cocok sekali Anda pelihara meskipun Anda tidak punya lahan yang luas. Sebab, memelihara hewan ini tidak butuh kandang yang berukuran besar.

Lalu bagaimana cara memelihara Chinchilla yang baik dan benar? Berikut adalah penjelasan lengkap untuk Anda yang ingin memelihara jenis hewan yang sangat lucu ini.

Siapkan Kandang

Kandang yang ideal untuk Chinchilla yaitu ukurannya 90cm x 90cm x 50cm. Ukuran kandang ini bisa digunakan untuk memelihara sepasang Chinchilla. Bahan yang direkomendasikan untuk membuat kandang ini yaitu kayu atau logam.

Alas Tidur

Untuk kenyamanan Chinchilla , sebaiknya di dalam kandang disediakan alas tidur. Dengan begitu, Chinchilla bisa nyaman dalam beristirahat. Bahan alas tidur Chinchilla yang banyak digunakan yaitu bahan Fiber. Sebab, bahan ini dinilai empuk dan nyaman untuk digunakan beristirahat.

BACA JUGA :  Jenis Anjing Berbulu Panjang Yang Cocok Untuk Peliharaan

Gantilah Alas Tidur Dan Jerami Yang Kotor

Cara memelihara Chinchilla selanjutnya yaitu dengan mengganti jerami dan alas tidurnya yang kotor di setiap hari. Dengan begitu, hewan ini bisa terhindar dari kotoran atau bakteri yang bersarang di dalamnya.

Air Minum Setiap Hari Diganti

Kebutuhan air minum penting sekali untuk diperhatikan. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk mengganti air minum setiap harinya. Dengan demikian, air yang diminumnya selalu bersih dan tidak akan mempengaruhi kesehatannya.

Berikan air minum yang sudah dalam keadaan steril. Sebab, Chinchilla merupakan jenis hewan yang tidak bisa melawan parasit, kuman maupun bakteri yang bersarang di dalam air.

Makanan Chinchilla

Untuk makanan yang bisa Anda berikan untuk Chinchilla yaitu jerami. Usahakan terlebih dahulu Anda memotongnya ukuran kecil–kecil. Setelah itu Anda bisa meletakkannya ke dalam mangkoknya.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan pelet untuk dijadikan sebagai makanan alternatif. Akan tetapi, dalam pemberiannya usahakan yang sifatnya non cemilan. Agar tidak membahayakan pencernaannya, sebaiknya Anda memberikan makanan ini dalam takaran yang pas.

Selalu Bersihkan Kandang Chinchilla

Cara memelihara Chinchilla juga harus dilakukan dengan menjaga kebersihan kandangnya. Jangan asal dalam membersihkan kandangnya. Anda bisa memakai air panas untuk membersihkannya dan keringkan.

Biarkan Chinchilla Mandi Debu

Ketika ingin memelihara Chinchilla, Anda harus tahu jika hewan peliharaan lucu ini punya kebiasaan yang unik. Kebiasaan unik yang dilakukan oleh Chinchilla yaitu mandi debu. Tujuan Chinchilla mandi debu yaitu untuk menyeimbangkan kadar minyak yang terdapat pada bulunya.

Sebab, minyak berlebih yang terdapat pada bulu Chinchilla bisa menjadikan timbulnya berbagai masalah. Diantaranya seperti jamur yang bisa membahayakan kesehatan Chinchilla.

BACA JUGA :  Jenis Musang Yang Cocok Dijadikan Peliharaan Di Rumah

Akan tetapi, sebaiknya jangan terlalu sering mandi debu. Sebab, hal ini bisa menjadikan bulunya terlalu kering. Anda bisa menyiapkan mandi debu 2 kali seminggu saja. Untuk mandinya bisa dilakukan selama 10 sampai dengan 15 menit saja.

Cara memelihara Chinchilla ini harus dilakukan dengan hati-hati, terutama dalam hal mandi debu. Jangan gunakan sembarangan debu, karena ada debu khusus yang digunakan untuk mandi hewan lucu dan menggemaskan ini.