Mengenal Burung Pleci Papua Yang Memiliki Suara Merdu

Cherewed.com – Burung pleci papua merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak diminati oleh masyrakat yang hobby memelihara burung kicau. tidaklah heran karena burung pleci ini memiliki suara yang merdu dan memiliki postur tubuh kecil mungil. Pleci papua  memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 11 cm, hal ini memang sedikit sama dengan spesies burung pleci lainnya. perbedaannnya burung ini tidak memiliki bulu berwarna hitam pada bagian dahi dan warna kuning di area tenggorokan yang memanjang hingga bagian dadanya.

Dalam literatur perburungan internasional, pleci papua disebut sebagai new guinea white-eye dengan nama ilmiah Zosterops novaeguineae. Wilayah persebarannya meliputi Papua, Papua Nugini, dan Kepulauan Aru. ada 7 ras atau subspesies, yaitu.

  1. Zosterops novaeguineae novaeguineae: tersebar di Pegunungan Arfak dan Pegunungan Kumawa di wilayah barat-laut Pulau Papua.
  2. Zosterops novaeguineae aurensis: Kepulauan Aru.
  3. Zosterops novaeguineae wuroi: Wilayah Trans-Fly, mulai dari kawasan timur Sungai Bensbach hingga muara Sungai Fly di dataran rendah Pulau Papua bagian selatan.
  4. Zosterops novaeguineae magnirostris: Awar, seberang Pulau Manam, dan wilayah Adelbert di timur-laut Pulau Papua.
  5. Zosterops novaeguineae oreophilus: Pegunungan Saruwaged yang berada di timur-laut Pulau Papua.
  6. Zosterops novaeguineae wahgiensis: Wilayah timur Lembah Wahgi sampai Okapa, serta pegunungan sekitarnya yang berada di antara Pegunungan Wilhelm dan Orata (wilayah timur Pulau Papua).
  7. Zosterops novaeguineae crissalis: Daerah pegunungan yang berada di wilayah tenggara Pulau Papua.

Burung Pleci papua dianggap sebagai burung pengembara. Jenis burung ini akan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain di wilayah persebarannya menjelang musim kawin. Burung ini dikenal cukup aktif dan sangat berisik saat mencari makanan bersama koloninya yang mencapai lebih dari 50 individu.

BACA JUGA :  Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Pleci Salto

Makanan Burung Pleci Papua

Untuk makanan burung pleci papua ini sama saja dengan burung pleci lainnya yaitu serangga, buah, dan benih, selain itu, pleci papua juga sering menghisap sari bunga atau nektar dan dan memakan laba-laba ketika energynya terkuras setelah pengembaraannya.

Ciri-ciri Burung Pleci Papua

Suara burung papua ini sangat berbeda dibandingnkan dengan jenis burung pleci lainnya, pada umumnya pleci memiliki suara ngerol dan berkicau dengan irama cepat. sedangkan untuk suara pleci papua memiliki irama irama kicauan ngerol yang mengalun merdu, mengulang-ngulang dan monoton.

Ciri Fisik Pleci Papua :

  • Panjang tubuh sekitar 11 cm
  • Memiliki warna bulu hitam pada bagian dahi dan memiliki warna kuning pada bagian tenggorokan, dan kedua warna tersebut memanjang hingga pasa bagian dadanya

Demikianlah artikel yang dapat admin sampaikan mengenai Mengenal Burung Pleci Papua Yang Memiliki Suara Merdu, bagi anda yang berminat untuk memelihara burung pleci papua sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu pasaran harga burung pleci tersebut. supya anda dapat nembadingkan tiap-tiap harga di daerah lainnya.