Cara Mengatasi Pleci yang Suka Mengacak-Acak Pakan

Cherewed.com – Di artikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Pleci Macet Bunyi Supaya Gacor Lagi, dikesempatan kali ini admin juga akan memberikan pembahasan mengenai cara Mengatasi Pleci yang Suka Mengacak-Acak Pakan. Apakah anda memiliki burung pleci yang suka mengacak-ngacak pakan? jika iya tenang saja karena masalah ini bisa diatasi.

Untuk mengatasi Pleci yang suka mengacak-acak pakan sebenarnya tidaklah sulit, kita tidak perlu melakukan perawatan khusus atau semacamnya. Karena, perilaku ini sendiri terjadi atas dasar sifat alami burung yang rakus. Sedangkan untuk mengatasi perilaku rakus itu sendiri cukup sulit, bahkan tidak mungkin. namun kita masih bisa meredam dan mengurangi sifat tersebut. Lalu, bagaimana cara yang harus Kita lakukan untuk melakukan hal seperti ini? Untuk melakukan hal ini, Anda cukup melakukan beberapa inovasi saat memberikan burung ini pakan.

Mengatasi Pleci yang Mengacak-acak Pakan

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengetasi masalah tersebut. Namun untuk memudahkan proses, Anda cukup melakukan perubahan pada pemberian pakan saja. Lalu, seperti apa perubahan yang berguna untuk mengatasi Pleci yang suka mengacak-acak pakan tersebut? Dan berikut ini adalah perubahan yang harus dilakukan untuk mengatasi burung yang gemar mengacak-acak pakan :

1. Tempatkan alas karpet pada kandang

Penggunaan alas ini berguna untuk mencegah pakan yang berserakan di lantai kandang. Karena pada dasarnya cara ini untuk mencegah berserakannya pakan, maka Anda harus menempatkan karpet ini tepat di atas cepuk atau tempat makan burung.

Adapun cara penerapan metode ini sendiri adalah sebagai berikut:

  • Siapkan alas karpet, bisa berupa kertas koran atau pun kain.
  • Setelah itu, letakan alas tersebut persis di bawah area makan burung.
  • Biarkan burung makan dengan sepuasnya.
  • Setelah burung selesai makan, Anda tarik alas beserta pakan yang berserakan di atasnya.
  • Kemudia bersihkan alas tadi agar bisa digunakan kembali.
BACA JUGA :  Ciri-ciri Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

2. Memberikan penutup pada cepuk

Cara mengatasi Pleci yang gemar mengacak-acak pakan ini digunakan untuk burung yang sudah parah, atau burung yang sangat selektif. Pasalnya, dengan cara ini burung-burung tersebut akan mengurangi perilaku over selektifnya. Karena mau tidak mau mereka harus makan apa yang dapat mereka jangkau.

Jika anda ingin menerapkan metode yang sudah admin sampaikan diatas, maka pastikanlah anda memberi pakan yang memang benar-benar disukai burung pleci tersebut. karena pakan-pakan tersebut akan membantu proses untuk penanganan Pleci yang gemar mengacak-acak pakan ini berjalan dengan lancar.

Namun metode ini bisa anda gunakan apabila burung peliharaan anda sudah benar-benar parah dalam mengacak-ngacak pakannya. apabila masih berprilaku wajara tidak perlu menggunakan cara tersebut. karena bisa membuatnya tidak nafsu makan. yang nantinya malah tidak baik bagi kesehatan burung pleci peliharaan anda. itulah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.