Cara Pemasteran Burung Pleci Agar Cepat Masuk Tembakan, Ngalas, Ngerol

Cherewed.com – Burung pleci memiliki kualitas suara yang bagus, dan bisa menirukan suara burung lainnya, dan untuk membuat burungpleci berkembang kemampuan berkicaunya, tentunya burung perlu di latih terlebih dahulu, agar burung pleci tersebut dapat memiliki suara isian dan suara yang bervareasi.

Dalam setiap memaster burung tentunya ada yang berbeda-beda, ada yang gagal memaster burung dan ada juga yang berhasil memaster burung peliharaannya tersebut memiliki suara masteran yang di inginkan.

Cara Memaster Burung Pleci

Agar tidak gagal dalam memaster burung pleci, maka anda jangan terburu-buru melakukannya, karena ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yang sebentar lagi anda ketahui dengan membaca panduannya di bawah ini.

  1. Persiapkan Burung Pleci

Siapkan burung pleci yang masih muda, sekitar kurang dari 1 tahun, karena jika burung pleci lebih dari 1 tahun, maka burung akan sulit untuk di master.

  1. Siapkan Tempat Masteran

Agar ketika memaster pleci menjadi efektif, maka burung tempat pemasteran perlu di kondisikan sebaik mungkin dengan kondisi lingkunganyang nyaman, aman tidak berisik dan ketika memutar suara masteran burung menjadi nyaman ketika mendengar suara masterannya.

Jika burung pleci yang anda pelihara terbiasa di berada di kandang koloni/ombyokan, maka ketika saat melakukan pemasteran, burung di pisahkan terlebih dahulu, hingga proses pemasterannya selesai.

  1. Suara Masteran yang Cocok untuk Pleci

Untuk memilih suara masteran untuk burung pleci, anda bisa menggunakan suara pleci yang sudah gacor, namun anda juga bisa menggunakan burung lainnya yang memiliki karakter yang di inginkan.

Pleci merupakan jenis burung yang cerdas dan bisa menirukan suara burung lainnya, dan untuk suara masteran yang cocok untuk burung pleci, diantaranya :

  • Suara Ngerol : jika pleci anda ingin memiliki suara ngerol tanpa henti, maka anda bisa memaster burung pleci dengan burung lain, seperti burung kenari, lovebird, burung mozambik, blacktharoat dan burung lainnya
  • Suara Tembakan : untuk menghasilkan burung pleci mengeluarkan suara tembakan, maka burung pleci bisa di master dengan burung lain yang memiliki karakter suara tembakan, seperti burung cililin, kapas tembak, prenjak, ciblek , cucak jenggot dan burung sejenis lainnya yang berkarakter memiliki suara tembakan.
  1. Waktu Memaster burung pleci
BACA JUGA :  Ciri-ciri Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Pilih waktu memaster burung pleci ketika burung lebih banyak diam dan tidak aktif, karena jika burung aktif ketika di master, suara masterannya tidak akan bisa ditirukan nantinya oleh burung tersebut.

Untuk memilih waktu yang tepat, bisa memiliki waktu pada jam 09.00 – 11.00 dan dilanjut pada jam 13.00 – 15.00 dan juga dilanjut pada malam hari sekitar jam 18.00 – 19.30 .

  1. Metode Pemasteran

Untuk memilih metode pemasteran bisa menggunakan burung masteran langsung atau bisa juga menggunakan suara masteran yang di putar dari mp3.

Untuk memaster burung pleci secara langsung menggunakan burung pleci, maka pastikan burung pleci tersebut sudah gacor. Namun, jika tidak punya burung gacor, maka cukup menggunakan suara mp3 yang telah kami sediakan.