Tips Penanganan Lovebird Mabung Agar Cepat Selesai dan Tumbuh Kembali Bulunya

Cherewed.com – Bagi para pemilik burung lovebird, tidak perlu khawatir burungnya jarang berkicau pada saat mabung, karena hal tersebut merupakan hal yang ilmiah yang akan tejadi pada burung lovebird yang mabung.

Dengan banyaknya diam dan jarang berkicau, tentunya merupakan hal yang baik, karena ketika burung dalam keadaan mabung, justru tidaklah baik untuk proses mabung tersebut. Dan salah satu lovebird masih rajin berkicau pada saat mabung , artinya lovebird dalam kondisi birahi. Maka dari itu, penting untuk mempertahankan kondisi birahi lovebird menjadi stabil, agar proses mabung tidak terganggu dan pertumbuhan bulunya menjadi lambat.

Cara Merawat Lovebird Mabung Agar Cepat Selesai

Dalam setiap perawatan lovebird, seperti yang telah di sampaikan di atas, maka harus di bedakan yang di sesuaikan dengan berbagai macam hal, seperti pada proses mabung, agar proses mabungnya menjadi sempurma , seperti pada yang seharusnya.

  1. Jangan menjemur

Dalam kondisi tidak mabung, maka lovebird bisa di jemur setiap harinya, yang di sesuaikan dengan kondisi burung, bisa 1 hari sekali atau 2 kali sehari . Namun , ketika burung dalam keadaan mabung, maka sebaiknya hindarilah untuk menjemurnya, karena dapat mempengaruhi kualitas bulunya ketika tumbuh kembali dan proses mabung akan lebih lama dari yang seharunya.

Selain itu, dengan menjemur lovebird pada saat mabung, akan membuat kelembaban bulu burung menjadi kering. Padahal lembab bulu burung dapat membuat proses perontokan bulu dapat berjalan dengan semestinya.

  1. Ekstrafooding

Pemberian ekstrafooding bisa di berikan pada lovebird sedang mabung hingga proses mabung akan selesai, namun lebih di sarankan pemberian ektrafooding diberikan pada lovebird akan selesai proses mabungnya.

BACA JUGA :  Suara Masteran Yang Cocok Untuk Lovebird

Pakan yang bisa di berikan pada lovebird saat mabung antara lain, seperti jagung manis, kuaci dan kangkung. Namun dalam pemberian pakannya jangan terlalu banyak, karena di khawatirkan burung menjadi birahi. Pemberikan pakan Ekstrafooding ini berperan untuk membantu proses ngurak/mabung dan juga pertumbuhan bulunya ternutrisi dari pakan tersebut, sehingga tumbuh dengan baik.

  1. Hindari Untuk memandikannya

Meskipun burung lovebird pada saat mabung membutuhkan kelembabab bulunya tetap terjaga, akan tetapi untuk menghindari memandikannya, karena dapat membuat bulu lovebird menjadi alot dan juga menghambat proses mabungnya.

Mandikan burung lovebird ketika bulu burung tersebut mulai tumbuh kembali yang di tandai dengan bulu jarum yang mulai banyak tumbuh di sekitar tubuhnya.

  1. Krodong

Ketika bulu burung mulai rontok, maka suhu tubuh sangat terpengaruh dengan cepat kondisi lingkungan karena bulu yang melindungi rontok dan membuat suhu tubuhnya membutuh perlindungan dengan menggunakan krodong hingga berlapis-lapis.

Dengan menggunakan krodong artinya memiliki manfaat yang dapat mempertahankan suhu tubuh normalnya atau membantu menghangatkan suhu tubuh.

Akan tetapi , sewaktu-waktu sambil mengkrodong lovebird, maka bisa menyimpannya di tempat yang memiliki angin yang sepoi-spoi, agar membuatnya menjadi nyaman. Atau bisa dengan membuka krodong sekali-kali pada pagi hari dan juga sore hari.

  1. Berikan ketenangan

Apapun jenis burung kicauan, ketika proses mabung, maka penting sekali untuk mendapatkan ketengan agar tidak membuatnya menjadi merasa terganggu dan juga stress. Karena ketika lovebird menjadi stress pada saat mabung, maka akan mengganggu proses mabungnya.

  1. Kebersihan Burung dan Kandang

Menjaga kebersihan kandang sangatlah penting untuk di lakukan, entah itu pada saat lovebird tidak mabung dan terlebih lagi saat mabung. Karena dengan menjaga kesebersihan kandang dan burung, maka akan menghindari berbagai macam penyakit , seperti microba,parasit dan kutu yang mungkin akan menyerang kulit lovebird yang sedang mabung.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Lovebird Semua Jenis Update 2022

Itulah Tips Penanganan Lovebird Mabung Agar Cepat Selesai dan Tumbuh Kembali Bulunya, semoga bermanfaat!