Cara Settingan Lovebird Untulan Untuk Kontes Dan Harian

Cherewed.com – Cara settingan lovebird untulan penting sekali dilakukan untuk perawatan harian, terlebih lagi akan diikutkan acara lomba. Metode untulan merupakan salah satu cara alternatif agar lovebird peliharaan bisa menjadi makin konslet.

Para pecinta lovebird sering melakukan metode ini karena dinilai lebih praktis dan efektif. Apabila mendapatkan pasangan yang tepat, lovebird dapat cepat bersuara ngekek dengan durasi yang maksimal.

Settingan Lovebird Untulan Untuk Perawatan Menjelang Kontes

Lovebird adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki sifat sosial. Pada saat dipelihara sendirian, burung ini akan gampang merasa stres. Maka dari itu, jika Anda menerapkan metode untulan ini, maka lovebird yang akan dilombakan bisa menjadi semangat di lapangan.

Metode untulan ternyata tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan saja. Karena untuk menemukan pasangan yang pas untuk lovebird tidak mudah. Ketikaa mendapatkan pasangan yang pas, maka lovebird tidak akan menyakiti pasangannya dan mau membalas sahutan dari pasangannya.

Tak hanya itu saja, yang paling penting jika lovebird anda mau menggunakan sistem untulan paling tidak sudah memiliki karakter vokal dan suara ngekek yang durasinya panjang. Berikut ini adalah cara settingan lovebird untulan yang bisa Anda lakukan.

Carikan Pasangan Yang Pas

Untuk lovebird yang akan diikutkan kontes baik jantan atau betina, gacoan sebaiknya diberi pasangan yang pas dan bisa dijadikan sepasang. Tujuannya untuk menetralisir birahi burung lovebird, baik itu saat di rumah atau di lapangan kontes.

BACA JUGA :  Cara Settingan Lovebird Paruh Merah Supaya Ngekek Panjang

Memandikannya

Pada saat akan diikutkan lomba, sebaiknya pada saat pagi lovebird bisa dimandikan secara bersama, namun juga bisa dimandikan sendiri-sendiri pada sangkar. Untuk yang paling utama di sini yaitu burung yang akan ikut lomba harus dimandikan.

Penjemuran Di Hari H

Jangan lupa untuk melakukan penjemuran kurang  lebih 10 atau 15 menit bersamaan dalam satu sangkar, setelah itu bisa diangin-anginkan sambil diberikan pakan dan minum serta EF.

Pemberian EF Hari H Dan H -1

Untuk pemberian EF pada saat hari H, Anda bisa memberikan pakan berupa jagung manis, kangkung, timun, kenari seed, biji kuaci, wortel, daun pace, dan masih banyak lagi yang lainnya. Akan tetapi, dalam pemberian pakan racikan lovebird ini sebaiknya Anda memberikan jenis makanan yang disukainya.

Jangan lupa juga untuk memberikan minuman dengan air yang bersih dan ditambahkan dengan multivitamin untuk menjaga staminanya. Setelah itu lovebird bisa dikerodong hingga berangkat ke acara lomba.

Pemisahan Pasangan

Setelah sampai di area, sebaiknya kerodong dibuka dan burung diangin-anginkan. Jangan lupa untuk membawa 2 sangkar dua, meskipun hanya memiliki ukuran yang kecil.

Proses pemisahan di lapangan inilah yang dimaksud dengan untulan, baik yang akan diikutkan lomba adalah yang berjenis kelamin jantan maupun yang betina. Nah, di sini pasangan akan menunggu sementara di sangkar yang berbeda dan di tempat yang agak jauh. Letakkan sangkar tersebut di tempat yang aman.

Pada saat acara lomba sudah selesai, maka yang perlu Anda lakukan yaitu kembali untuk menyatukan lagi kedua lovebird tersebut dalam satu sangkar. Tujuan dilakukan hal ini yaitu untuk meredam birahi burung lovebird tersebut.

Setelah melakukan settingan lovebird untulan untuk lomba ini sebaiknya Anda kembali memberikannya makanan tambahan tadi, Bisa berupa sayuran, buah, atau biji-bijian yang disukainya. Hal terpenting yang harus Anda lakukan dalam melakukan metode untulan ini yaitu selalu menyatukan lovebird ini dalam satu sangkar di luar acara lomba.