Cara Merawat Burung Ciblek Gunung Muda

Cara Merawat Burung Ciblek Gunung Muda

Burung ciblek gunung muda merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari oleh para pecinta burung. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan lantang, serta penampilan yang menarik. Namun, untuk merawat burung ciblek gunung muda tidaklah mudah. Dibutuhkan perawatan yang tepat agar burung ini tetap sehat dan rajin berkicau.

1. Pemilihan Kandang

Kandang yang digunakan untuk burung ciblek gunung muda harus berukuran cukup besar, yaitu sekitar 40 x 40 x 60 cm. Kandang harus terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh, seperti besi atau kawat. Kandang juga harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.

2. Pemberian Pakan

Burung ciblek gunung muda membutuhkan pakan yang cukup dan bergizi. Pakan yang diberikan dapat berupa voer, biji-bijian, dan buah-buahan. Voer merupakan pakan utama burung ciblek gunung muda. Voer harus diberikan dalam jumlah yang cukup, yaitu sekitar 2 sendok makan per hari. Biji-bijian yang dapat diberikan kepada burung ciblek gunung muda antara lain biji sawi, biji kenari, dan biji millet. Buah-buahan yang dapat diberikan kepada burung ciblek gunung muda antara lain apel, pisang, dan pepaya.

3. Pemberian Minum

Burung ciblek gunung muda membutuhkan air minum yang bersih dan segar. Air minum harus diganti setiap hari. Tempat minum harus dibersihkan secara teratur agar tidak menjadi sarang penyakit.

4. Penjemuran

Burung ciblek gunung muda membutuhkan sinar matahari yang cukup. Penjemuran dapat dilakukan pada pagi hari selama sekitar 1-2 jam. Penjemuran dapat membantu burung ciblek gunung muda untuk menjaga kesehatan bulunya dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

5. Pemasteran

Pemasteran merupakan salah satu cara untuk mengajarkan burung ciblek gunung muda untuk berkicau dengan baik. Pemasteran dapat dilakukan dengan menggunakan suara burung ciblek gunung dewasa atau suara burung kicau lainnya yang merdu. Pemasteran harus dilakukan secara rutin agar burung ciblek gunung muda dapat belajar dengan baik.

6. Perawatan Kesehatan

Burung ciblek gunung muda rentan terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan kesehatan secara rutin. Perawatan kesehatan dapat dilakukan dengan cara memberikan vitamin dan mineral secara teratur. Burung ciblek gunung muda juga harus diberi obat cacing secara berkala.

7. Penanganan Stres

Burung ciblek gunung muda mudah stres. Stres dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan lingkungan, kurangnya makanan dan minuman, atau penyakit. Stres dapat menyebabkan burung ciblek gunung muda menjadi tidak nafsu makan, tidak mau berkicau, dan mudah sakit. Oleh karena itu, perlu dilakukan penanganan stres pada burung ciblek gunung muda. Penanganan stres dapat dilakukan dengan cara memberikan lingkungan yang nyaman, menyediakan makanan dan minuman yang cukup, serta memberikan perawatan kesehatan secara rutin.

8. Penangkaran

Burung ciblek gunung muda dapat dikembangbiakkan dengan cara penangkaran. Penangkaran burung ciblek gunung muda dapat dilakukan dengan cara menjodohkan burung jantan dan betina yang sudah dewasa. Burung ciblek gunung muda yang sudah berjodoh akan membangun sarang dan bertelur. Telur-telur tersebut akan dierami oleh burung betina selama sekitar 12-14 hari. Setelah telur-telur menetas, anak-anak burung ciblek gunung muda akan dirawat oleh kedua induknya hingga dewasa.

9. Harga

Harga burung ciblek gunung muda bervariasi tergantung pada jenis, usia, dan kualitasnya. Harga burung ciblek gunung muda yang masih muda dan belum jinak biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp200.000. Harga burung ciblek gunung muda yang sudah jinak dan rajin berkicau biasanya berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

BACA JUGA :  Cara Membuat Pakan Burung Manyar Yang Bergizi Dan Sehat

10. Tips Merawat Burung Ciblek Gunung Muda

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat burung ciblek gunung muda:

  • Berikan kandang yang cukup besar dan kokoh.
  • Berikan pakan yang cukup dan bergizi.
  • Berikan air minum yang bersih dan segar.
  • Jemur burung ciblek gunung muda setiap pagi selama sekitar 1-2 jam.
  • Lakukan pemasteran secara rutin.
  • Berikan perawatan kesehatan secara rutin.
  • Tangani stres pada burung ciblek gunung muda.
  • Lakukan penangkaran burung ciblek gunung muda jika memungkinkan.

Dengan perawatan yang tepat, burung ciblek gunung muda dapat tumbuh sehat, rajin berkicau, dan memiliki umur yang panjang.