Burung Prenjak Surabaya: Si Kecil Bernada Merdu

Burung Prenjak Surabaya: Si Kecil Bernada Merdu

Burung prenjak surabaya (Orthotomus sepium) adalah salah satu jenis burung passerine kecil yang ditemukan di wilayah Jawa Timur, Indonesia. Burung ini dikenal dengan kicauannya yang merdu dan sering dipelihara sebagai burung kicau hias.

Ciri-ciri Burung Prenjak Surabaya

Burung prenjak surabaya memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 10-12 cm. Bulunya berwarna hijau zaitun di bagian atas dan kuning kehijauan di bagian bawah. Kepala burung ini berwarna hitam dengan garis putih di atas mata. Paruhnya berwarna hitam dan kakinya berwarna merah muda.

Habitat dan Persebaran

Burung prenjak surabaya ditemukan di wilayah Jawa Timur, Indonesia. Habitatnya meliputi hutan sekunder, kebun, dan taman. Burung ini biasanya ditemukan di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Makanan

Burung prenjak surabaya memakan berbagai jenis serangga, seperti semut, rayap, dan belalang. Burung ini juga memakan buah-buahan dan biji-bijian.

Perilaku dan Reproduksi

Burung prenjak surabaya adalah burung yang aktif dan suka bergerak. Burung ini biasanya ditemukan sendirian atau berpasangan. Musim kawin burung prenjak surabaya berlangsung pada bulan Maret hingga Agustus. Burung ini membangun sarang berbentuk cangkir dari daun-daunan dan ranting-ranting kecil. Sarang burung prenjak surabaya biasanya diletakkan di pohon atau semak-semak.

Burung prenjak surabaya bertelur sebanyak 2-3 butir. Telur burung ini berwarna putih dengan bintik-bintik coklat. Telur burung prenjak surabaya dierami oleh induk betina selama sekitar 12 hari. Setelah menetas, anak burung prenjak surabaya diasuh oleh kedua induknya hingga dapat terbang sendiri.

BACA JUGA :  Tips Agar Burung Ciblek Gunung Cepat Gacor

Status Konservasi

Burung prenjak surabaya saat ini berstatus konservasi Resiko Rendah (Least Concern) menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN). Namun, burung ini menghadapi beberapa ancaman, seperti hilangnya habitat dan perdagangan burung liar.

Perawatan Burung Prenjak Surabaya

Burung prenjak surabaya dapat dipelihara sebagai burung kicau hias. Burung ini mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan khusus. Burung prenjak surabaya dapat diberi makan voer, biji-bijian, dan buah-buahan. Burung ini juga perlu diberi air minum yang bersih dan segar setiap hari.

Kandang burung prenjak surabaya harus cukup luas dan dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum. Kandang burung prenjak surabaya juga harus dibersihkan secara rutin untuk menjaga kesehatan burung.

Kicauan Burung Prenjak Surabaya

Burung prenjak surabaya dikenal dengan kicauannya yang merdu. Kicauan burung ini terdiri dari berbagai macam nada dan irama. Burung prenjak surabaya biasanya berkicau pada pagi dan sore hari.

Kicauan burung prenjak surabaya dapat dilatih dengan menggunakan suara burung prenjak surabaya lainnya. Burung prenjak surabaya dapat dilatih untuk berkicau dengan berbagai macam nada dan irama.

Kesimpulan

Burung prenjak surabaya adalah burung kecil yang cantik dan memiliki kicauan yang merdu. Burung ini mudah dirawat dan dapat dipelihara sebagai burung kicau hias. Namun, burung prenjak surabaya saat ini menghadapi beberapa ancaman, seperti hilangnya habitat dan perdagangan burung liar. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya konservasi untuk melindungi burung prenjak surabaya.