Cara Berternak Burung Love Bird

Cara Berternak Burung Love Bird – Burung Love Bird adalah burung yang sangat mudah di ternakan itu terbukti dengan banyaknya bahan anakan Love Bird di pasaran sekarang ini ,bagi anda yang mau membuka peluang usaha beternak burung ini dengan cara baik dan bagus yang ukuran burung nya tinggi 13 – 17 cm , dengan berat  40 – 60 gram , berekor pendek dan mempunyai paruh besar, melalui cara koloni.

Cara Berternak Burung Love Bird
Cara Berternak Burung Love Bird

Maka dari itu bagi anda yang ingin mulai Beternak Burung Love Bird alangkah baiknya anda terlebih dahulu untuk mengetahui Cara yang paling akurat dalam hal beternak burung love bird. agar hasil yang di harapkan nantinya bisa maksimal. oleh karena itu berikut merupakan Cara Berternak Burung Love Bird di bawah ini.

1. Persiapkan tangkaran minimal Panjang 5 meter , Lebar 3 meter

Siapkan burung Love Bird sebanyak minimal 5 jodo , berikan kotak untuk bertelur ukuran 25x20x25 cm , bahan sarang dan juga  tenggeran .

2. Memilih Bibit ( Jantan Dan Betina )

Akan tetapi kalau bisa dalam memilih indukan ini cobalah memilih indukan yang warnanya sama , soalnya agar dalam proses penjodoan burung Love Bird tida sulit . cara membedakan burung Love Bird jantan dan betina biasanya kalau jantan dia kalau birahi suka menggesek gesekan ekornya ke tangkringan dan yang betina sayapnya yang membuka ke atas. atau dari postur tubuhnya yang jantan aga kecil dan panjang sedangkan si betina berbadan agak besar dari jantan ukurannya yang pendek sebagai berikut ;

Dengan Memastikan Usia Produksinya.

Burung Love Bird mulai berproduksi pada umur 8 bulanan . sedangkan yang benar – benar sudah siap adalah umur 1 tahun karena pada umur segituh Love Bird emang benar – benar siap dan kualitas anakan benar benar sudah bagus . 

BACA JUGA :  Cara Perawatan Burung Gelatik Batu Bahan

4. Telur Dan Pengeraman. 

  • Dalam masa ini burung mulai kawin dan mulai memilih tempatnya masing – masing untuk bertelur . siapkan pula alas pengeraman diatas glodok seperti srabut kelapa atau ranting – ranting pohon dia akan mencari secara insting .
  • Atau cobalah menebarkan ranting – ranting itu gunakan bahan yang sudah  kering jangan yang basah , umumnya Love Bird bertelur sebanyak 4 – 6 butir , jangan heran kalau Love Bird tidak langsung mengeram , biasanya burung ini mengeram kalau sudah semuanya keluar .pada saat mengerami  sesekali burung ini akan keluar dari glodok untuk makan dan minum atau sekedar merentangkan sayap .

5. Penetasan Telur 

Telur – telur yang dierami akan menetas satu persatu perbedaannya satu hari selama 21-23 hari , sebaiknya peternak jangan turut campur dalam proses penetasan karena akan mengakibatkan anak Love Bird tidak akan  tumbuh normal maupun cacat .

Mungkin diatas sebagian kecil pengalaman dari sayah mungkin bisa membantu anda untuk mengetahui kurang kebih Cara Beternak Burung Love Bird . setiap orang berbeda – beda  pengalaman dan cara – caranya sendiri hingga akhirnya menemukan sendiri caranya masing – masing .semoga dengan penjelasannya bisa dapat di mengerti oleh anda semoga dapat bermotipasi dalam hal penangkaran Burung Love Bird yang hingga akhirnya sukses dalam bidang pembubidayaan  .