Mengenal Keunikan Beo Kea, Burung Parrot Dari Selandia Baru

Cherewed.com – Beo Kea (Nestor notabilis) merupakan salah satu spesies burung dari Selandia Baru yang memiliki tubuh berukuran besar. Burung berparuh bengkok ini memiliki bulu yang berwarna hijau-zaitun yang dipadu dengan warna merah dan hitam di belakang sayapnya.

Jenis burung paruh bengkok ini memang sudah terkenal akan kecerdasannya. Tak hanya itu saja, banyak juga keunikan Beo Kea yang cukup menarik perhatian orang yang melihatnya.

Ragam Keunikan Beo Kea (Nestor Notabilis)

Banyak sekali keunikan yang dimiliki oleh Beo Kea ini, mulai dari tingkah lakunya hingga kicauan merdunya yang disebut-sebut bisa menularkan kebahagiaan pada burung parrot sejenisnya. Ingin tahu lebih lanjut mengenai keunikan Beo Kea lainnya? Simak ulasannya berikut ini.

Burung Langka Di Selandia Baru

Beo Kea merupakan jenis burung yang sudah terbilang langka dan terancam punah. Kelangkaan burung ini disebabkan karena adanya predator seperti kucing, cerpelai, possum, juga tikus. Hewan-hewan ini biasanya akan memangsa telur burung ini, sehingga tidak dapat berkembangbiak.

Selain adanya pemangsa, burung ini juga sering ditangkap dan dibunuh manusia karena sering mengganggu hewan peliharaan, seperti menyerang sejumlah domba.

Dari tahun ke tahun populasi burung beo ini terus mengalami penurunan, dari suatu penelitian dikatakan jika populasi Beo Kea sekarang ini hanya mencapai 6.000 ekor saja di alam liar, dan yang 4000 ekor sudah berusia dewasa. Dengan begitu, burung ini sudah tidak aman lagi populasinya.

BACA JUGA :  Ciri-ciri dan Perbedaan Branjangan Jawa dan NTB Yang Akurat

Memiliki Postur Tubuh Yang Besar

Burung ini juga termasuk parrot yang berukuran besar, sebab panjang tubuhnya bisa mencapai ukuran 48 sampai dengan 50 cm. Kemudian untuk berat burung ini bisa mencapai 800 gram sampai dengan 1 kg. Beo Kea yang jantan ukuran tubuhnya lebih besar jika dibandingkan yang betina.

Burung Cerdas Dengan Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Keunikan Beo Kea lainnya juga bisa dilihat dari tingkat kecerdasan dan rasa ingin tahu yang tinggi. Habitat burung ini berada di area pegunungan dengan persediaan makanan yang minim. Kemudian iklim di area ini juga terbilang sulit, sehingga burung ini harus memakai kepandaiannya untuk bisa bertahan hidup.

Rasa ingin tahu yang tinggi dari burung ini bisa dilihat saat burung ini mampu memindahkan atau merusak fasilitas umum yang terdapat di jalanan. Bahkan, dari penelitian dikatakan jika Beo Kea punya kemampuan untuk menebak dan memprediksi.

Kicauan Nya Mampu Menular Ke Beo Lainnya

Beo Kea punya perilaku yang sangat unik dan tidak dimiliki oleh burung lainnya. Burung asli Selandia Baru ini bahkan dinilai bisa membahagiakan burung beo yang lainnya. Kicauan beo ini adalah tanda panggilan bermain untuk kawan sejenisnya, sehingga burung lainnya juga akan ikut berkicau seirama dengannya.

Burung Kea Bersifat Omnivora

Lain halnya dengan jenis parrot lainnya yang suka makan berbagai macam jenis biji-bijian untuk dijadikan pakan utamanya, Beo Kea ini justru memiliki sifat omnivora. Burung ini mengonsumsi lebih dari 40 jenis tumbuhan juga serangga. Bahkan burung ini juga mau makan jenis binatang lainnya seperti burung, kelinci, juga domba.

Burung ini hampir punah karena banyak dibantai oleh penduduk karena kerap merusak peliharaan penduduk sekitar, seperti menyerang domba. Maka dari itu, sekarang Beo Kea ini merupakan jenis burung yang dilindungi kelestariannya. Keunikan Beo Kea yang langka ini memang tidak dimiliki oleh jenis paruh bengkok lainnya.