Tips dan Cara Merawat dan Memperindah Bulu Burung Kenari

Cherewed.com – Di artikel sebelumnya admin sudah menyempaikan tips merawat burung kenari agar cepat gacor bagi anda yang ingin burung kenari anda rajin berbynyi bisa di klik link tersebut atau mencari di kotak pencarian yang sudah disediakan di situs Cherewed.com. dan dikesempatan kali admin juga akan memberikan tips atau cara merawat dan memperindah bulu burung kenari.

Pada umumnya kenari memiliki bulu yang sangat lembut dan bulunya dominan berwarna kuning. tetapi beberapa strain memiliki bulu berwarna unik seperti merah, hitam, hijau, dan biru. untuk merawat bulu kenari supaya tetap sehat dan kuat tentunya membutuhkan perawatan yang rutin. utamanya perawatan dari segi pemberian pakan, mandi dan penjemuran.

Bulu-bulu pada burung memiliki bantyak mafaat, selain digunakan untuk terbang, bulu ini juga dapat memerangkap udara sehingga menjaga suhu tubuhnya agar selalu dalam keadaan hangat. Selain itu, bulu juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari. bahkan ada beberapa jenis burung memiliki warna burung yang bisa menyamarkan dirinya dari serangan predator yang akan memangsanya.

Burung di alam liar memiliki cara tersendiri untuk merawat bulu-bulunya agar tetap sehat dan kuat, salah satunya caranya dengan mandi debu, mengoleskan semut pada bulunya hal ini untuk mengusir kutu yang ada dalam bulunya.dll. burung yang dipelihara di dalam sangkar tentunya tidak bisa melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan burung liar. mka dari itulah pemiliknyalah yang harus merawatnya.

Supaya bulu burung kenari tetap sehat dan indah, kita harus memberikan perawatan yang tepat. karena memang burung kenari digemari tidak hanya karena suaranya yang merdu, tetapi juga karena bulu-bulunya yang indah dan lembut.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Cucak Ijo Gembung Dengan Mudah Dan Cepat

Dan berikut ini adalah Tips dan Cara Merawat dan Memperindah Bulu Burung Kenari

1. Pemberian pakan Yang Tepat

Beberapa jenis buah dan sayuran mengandung unsur penting yang bisa membantu menjaga kesehatan bulu dan membuat bulu tersebut tetap indah. Misalnya ubi jalar, wortel, tomat, paprika merah, bayam, dan selada.

2. Memandikan Kenari Dengan Bahan Bermanfaat

Perawatan lain yang tak kalah pentingnya adalah mandi dan berjemur. Memandikan kenari tak cukup menggunakan air tawar saja, tapi juga bisa dilakukan dengan mencampurkan beberapa bahan tertentu seperti yang dilakukan para penggemar kenari di Indonesia.

Ada beberapa bahan yang dapat dicampurkan bersama air mandinya untuk burung kenari, selengkapnya bisa simak dibawah ini :

Cuka Apel

Campurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam 1 liter air mandi. hal ini dapat membantu membersikan kotoran yang menempel pada bulu-bulunya, sehingga membuat bulu lebih bersih dan berkilau. Cuka apel juga bisa mencegah adanya kutu di kulit dan bulu kenari

Jeruk Nipis

Campurkan 5 tetes jeruk nipis ke 1 liter air mandi. hal ini dapat membantu membersihkan kotoran dan lemak yang menempel pada bulu, sehingga membuat bulu kenari lebih bersinar dan sehat.

Garam Inggris

Campurkan 1 gram garam inggris ke dalam 1 liter air mandi. Larutan ini juga dapat membatu membersihkan bulu dan membunuh bakteri yang menempel pada kulit dan bulu kenari. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas kenari setiap harinya.

FreshAves.

Larutkan 5 gram FreshAves dalam 1 liter air mandi. Larutan ini dapat membantu menyehatkan bulu-bulu yang kusam, sehingga lebih sehat serta tampak berkilauan.

kami ucapkan terimakasih kepada anda karena telah berkunjung ke situs chrewed.com dan membaca Tips dan Cara Merawat dan Memperindah Bulu Burung Kenari. share kepada teman-teman kalian jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Salam Kicaumania.