Cara Merawat Pleci Wallacea, Burung Kacamata Kepala Emas Yang Unik

Cherewed.com – Burung Pleci Wallacea atau yang sering disebut dengan burung pleci kepala emas ini merupakan jenis burung kicauan bertubuh mungil yang memiliki kicauan khas yang merdu. Cara merawat Pleci Wallacea ini juga sama seperti burung Pleci pada umumnya.

Jenis burung yang juga memiliki sebutan burung kacamata kepala emas mempunyai karakteristik yaitu memiliki warna bulu bagian perut putih. Pada bagian punggung bulunya berwarna kuning. Sedangkan di bagian tenggorokan sampai muka bulunya berwarna kuning keemasan. Warnanya lebih cerah jika dibandingkan warna bulu di bagian punggungnya.

Begini Cara Merawat Pleci Wallacea

Pleci Wallacea (Zosterops wallacei) adalah jenis burung pleci yang unik dan banyak diminati. Ciri khas yang terdapat pada burung ini tidak dimiliki oleh burung pleci yang lainnya. Diantaranya seperti kicauannya yang merdu dan khas, ngerol, dan pastinya dengan volume suara yang lantang. Karena memiliki kualitas kicauan yang bagus, tak heran jika burung ini banyak menjadi favorit para pleci mania.

Untuk masalah perawatan burung pleci wallacea atau pleci kepala emas ini sebenarnya tidaklah begitu sulit, sebab cara melakukan perawatan burung ini hampir sama dengan perawatan burung pleci lainnya.

Untuk cara merawat Pleci Wallacea, yang harus Anda lakukan yaitu dengan memberikan pakan yang bernutrisi dan disukainya. Pemberian pakan yang tepat dengan takaran yang pas sangat perlu untuk Anda lakukan agar burung pleci peliharaan Anda bisa sehat dan gacor kicauannya.

Berikan Makanan Yang Bernutrisi

Pakan utama dari burung pleci diantaranya berupa serangga dan berbagai macam buah-buahan. Untuk pakan harian jangan lupa untuk memberikan jenis pakan tersebut. Anda bisa memberinya buah pisang.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Akurat Membedakan Jantan Dan Betina Burung Cendet

Jangan lupa untuk memberikan pakan tambahan berupa nektar. Anda dapat membeli nektar di toko burung. Jika tidak, Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan berupa campuran gula dan air. Burung pleci ini juga bisa Anda berikan pakan berupa madu agar bisa menjadikan burung pleci semakin rajin bunyi dan aktif di sepanjang harinya.

Berikan juga pakan lain berupa ulat hongkong yang masih berwarna putih untuk Pleci Wallacea peliharaan Anda. Sebab dengan memberikan pakan ini burung Anda bisa menjadi lebih mudah terpancing dan menjadi semakin rajin berkicau dengan gacor.

Perawatan Harian

Cara merawat Pleci Wallacea yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan cara melakukan pengembunan. Cobalah untuk mengembunkan burung pleci Anda di setiap pagi. Pengembunan pagi hari ini bisa bermanfaat untuk merangsang burung agar mengeluarkan suara isian dengan volume yang cukup lantang

Sambil melakukan penjemuran di setiap pagi, sebaiknya Anda simpan burung pleci di kandang umbaran. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih fisik dan merangsang burung pleci agar bisa bersuara lantang serta mengeluarkan suara isiannya. Saat melakukan penjemuran di kandang umbaran ini sebaiknya Anda juga memasternya dengan suara yang bervariasi.

Rajin-rajinlah gantang burung pleci Anda dekat dengan burung pleci lainnya. Dengan begitu, burung pleci peliharaan Anda bisa menjadi lebih rajin bunyi dan mau mengeluarkan suara isian. Bahkan burung tersebut nantinya akan saling bersahutan dengan burung pleci lainnya

Cobalah untuk melakukan pemasteran ini pada saat pagi hari, siang dan juga sore setiap hari dengan menggunakan 3 jenis variasi suara, sehingga burung pleci Anda bisa memiliki suara yang berkualitas.

Cara merawat Pleci Wallacea ini jika Anda melakukannya dengan konsisten dan sungguh-sungguh, maka kualitas kicauan burung kesayangan Anda bisa menjadi terus meningkat.

BACA JUGA :  Hasil Persilangan Burung Lovebird Dan Parkit Yang Terlihat Unik