7 Langkah Untuk Memulihkan Burung Branjangan Yang Macet Bunyi

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin pernah membahas informasi mengenai Cara Merawat Burung Branjangan Supaya Rajin Bunyi dan Cepat Ngeplong, dan pada saat ini admin juga akan memberikan informasi mengenai 7 Langkah Untuk Memulihkan Burung Branjangan Yang Macet Bunyi.

Sama seperti jenis burung kicau lainnya, burung branjangan juga bisa  mengalami kondisi macet bunyi atau malas berkicau. nah hal ini diperlukan trik tertentu untuk mengatasi burung tersebut tidak malas untuk berkicau kembali.

Pada saat ini burung branjangan semakin banyak dicari oleh para kicau mania uang berminat untuk memeliharanya. karena memang burung branjangan memiliki daya tarik tersendiri, karena mampu berkicau sambil hovering atau terbang melayang secara vertikal. Selain itu, penampilan bulunya yang khas dan suaranya yang lantang juga sangat memukau.

Namun tidak sedikit para penggemar burung branjangan yang mengaku kesulitan dalam merawat burung tersebut. Masalah paling umum adalah burung belum juga mau bersuara ngeplong, meski sudah dirawat cukup lama. Bahkan ada juga burung yang tak mau bersuara sama sekali alias macet bunyi.

Sebenarnya masalah ini bisa diatasi apabila kita sudah mengetahui apa penyebab burung tersebut macet bunyi. Dengan begitu, perawatan secara tepat bisa langsung diterapkan. Sebagai panduan, berikut ini tujuh langkah terpadu untuk memulihkan burung branjangan macet bunyi.

7 Langkah Untuk Memulihkan Burung Branjangan Yang Macet Bunyi

1. Mengganti alas pasir yang digunakan

Pasir atau batu bata yang tidak pernah diganti dan disimpan dalam waktu lama akan menjadi tempat berkembangnya parasit, bakteri, dan jamur. Kalau dibiarkan, kondisi tersebut bisa menyebabkan branjangan rentan stres dan macet bunyi. Untuk menjaga kondisi branjangan agar tetap aktif dan rajin berkicau, penggantian alas pasir / batu bata harus mulai dilakukan secara berkala. Pasir yang digunakan harus bersih dari jamur, bakteri, dan parasit.

BACA JUGA :  Cara Cepat Mengatasi Dan Merawat Burung Kacer Over Birahi Paling Lengkap

2. Jagalah kebersihan sangkar dan perlengkapannya

Menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya menjadi hal penting yang perlu diperhatikan . Periksa cepuk pakan dan air minum dari jamur atau kotoran, karena bisa menjadi penyebab burung rentan sakit dan macet bunyi. Kebersihan pasir sebagai alas berpijak burung juga harus selalu dijaga. Jika sudah terlihat kotor, segera ganti dengan yang baru. Selain itu, penjemuran secara rutin juga bisa menjaga kualitas pasir.

3. Semprot dengan obat kutu

Infeksi kutu bisa menyebabkan branjangan gampang stres dan macet bunyi. Karena itu, kita juga harus rutin menyemprot burung dengan obat  antikutu.

4. Usahakan pakan dan air minum selalu baru

Salah satu hal yang sering disepelekan  adalah memeriksa kondisi pakan dan air minum. Burung Branjangan kerap dijemur dalam waktu cukup lama. Hal ini bisa berpengaruh terhadap kualitas pakan dan air minum yang tersedia. Karena itu, segera lakukan penggantian jika kondisi pakan dan air minum sudah tidak layak seperti berjamur, rusak, dan mengandung kutu. Intinya, usahakan pakan dan air minum selalu baru dan segar.

5. Berikan extra fooding (EF) belalang

Belalang hijau merupakan salah satu pakan utama branjangan di alam liar. Serangga ini memiliki kandungan protein sedikit lebih tinggi daripada jangkrik dan ulat hongkong. Pemberian belalang hijau selama branjangan macet bunyi bisa merangsang burung kembali aktif berkicau.

6. Digantang di tempat tinggi

Di alam liar, branjangan memiliki kawasan teritorial yang cukup luas. Namun kerika dipelihara dalam sangkar, wilayah teritorialnya sangat terbatas. Untuk memulihkan branjangan yang sedang stres atau macet bunyi, kita bisa menggantang sangkarnya setinggi mungkin, untuk memunculkan kembali sifat teritori dan mentalnya.

BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Cecak Jenggot Agar Cepat Gacor

7. Ditempel dengan burung betina atau trotolan

Untuk memulihkan kembali mentalnya yang ngedrop, Anda mengecasnya dengan burung betina maupun branjangan trotolan. Jika rutin dilakukan, hal itu dapat memancingnya untuk kembali berkicau.

Demikianlah 7 Langkah Untuk Memulihkan Burung Branjangan Yang Macet Bunyi yang dapat kami sampaikan, anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai burung branjangan di situs cherewed.com. Salam Kicau Mania.