Harga Burung Kenari Tercantik Yang Memiliki Kicauan Merdu

Cherewed.com – Burung kenari merupakan salah satu burung yang banyak diincar oleh pecinta burung di Indonesia. Warnanya yang cerah dengan ukuran tubuh yang relatif kecil membuat ia diburu oleh banyak orang. Dengan kecantikannya, harga burung kenari pun dibanderol dengan nominal yang tergolong mahal!

Tidak ada yang bisa mengelak akan keindahan dan merdunya suara burung kenari. Pasalnya, banyak keunikan yang dimiliki dari burung ini, yaitu corak atau warna bulu yang dimilikinya dikenal sangat beragam.

Ya, tak heran bila banyak penjual yang mematok harga burung kenari dengan nominal yang tinggi. Faktor lain yang membuat harga burung kenari tinggi adalah proses budidayanya yang cenderung sulit.

Banyak pembudidaya mulai melakukan persilangan antara burung kenari A dengan jenis lainnya. Hal tersebut dilakukan agar bisa menciptakan kenari dengan kualitas yang baik.

Daftar Harga Burung Kenari

1. Kenari Lokal (Rp155-255 Ribu)

Seperti namanya, burung peliharaan ini berasal dari dalam negeri dan banyak ditemui di alam bebas. Burung kenari lokal banyak dipelihara dan dibudidaya oleh banyak peternak. Burung ini pun memiliki warna bulu yang beragam, seperti oranye, putih, dan kuning.

2. Kenari Loper (Rp350 Ribu)

Penamaan loper sendiri merupakan akronim dari lokal super. Jenis ini tercipta dari persilangan antara burung kenari lokal dengan kenari AF.

BACA JUGA :  Burung Anis Merah Manja atau Ngeboss ? Tenang ! Berikut Cara Mengatasinya

Kicauan kenari loper dikenal bisa terdengar lebih merdu dan disukai banyak pemeliharanya. Untuk memelihara kualitas kicauannya, kamu perlu merawat burung ini secara intensif dan memberi pakan burung terbaik.

3. Burung Kenari Yorkshire YS Jantan (Rp4 Juta)

Burung ini dikenal memiliki tampilan tubuh yang sempurna. Bagaimana tidak? Ia memiliki tubuh yang indah, warna yang cerah, dan tak lupa suara yang lantang.

Di Indonesia sendiri, jenis ini sangat populer bagi pecinta burung. Maka dari itu, tak heran jika burung ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

4. Burung Kenari Yorkshire YS Betina (Rp3,5-6 Juta)

Masih dengan spesies yang sama seperti sebelumnya, burung yang satu ini merupakan salah satu jenis termahal di antara kenari lainnya. Burung ini merupakan kenari impor yang didatangkan dari luar negeri dan menjadi primadona di Indonesia.

Walaupun mahal, cara merawat burung kenari ini pun terbilang mudah

5. Burung Kenari Gloster (Rp800 Ribu-1,2 Juta)

Kenari gloster merupakan jenis burung yang didatangkan langsung dari luar negeri. Bisa kita lihat, burung ini memiliki tampilan yang unik dan menggemaskan.Di kepalanya terdapat rambut pendek yang menutupi matanya. Selain itu, perpaduan warna antara kuning, putih, dan cokelat membuat siapapun akan jatuh cinta pada burung yang satu ini.

6. Burung Kenari Red Intensif (Rp1,5-1,9 Juta)

Sesuai namanya, kenari yang satu ini memiliki bulu yang berwarna merah menyala.

Tampilan bulunya tersebut membuat kenari red intensif memiliki daya tarik tersendiri.

Namun demikian, ia tidak memiliki kicauan yang merdu seperti kenari lainnya.

Faktor yang Memengaruhi Harga Burung Kenari

1. Variasi dan Lama Waktu Kicauan

Faktor ini dijadikan alasan mengapa kenari dijual dengan harga yang fantastis.

Bila burung kenari memiliki durasi kicauan yang lama, ia pasti akan dihargai lebih tinggi.

Selain itu, intonasi dan kekhasan pada suara yang dihasilkan pun memengaruhi harga burung kenari.

2. Prestasi yang Diraih

Semakin banyak lomba yang pernah dimenangkan, maka akan semakin tinggi harga burung kenari dijual.

Pasalnya, kualitas burung kenari yang memenangkan lomba pasti tak bisa dianggap sepele.

3. Asal Burung Kenari

Burung kenari yang dipelihara sejak kecil oleh peternak biasanya memiliki harga paling rendah.

Namun, berbeda pada burung kenari impor, karena ia pasti akan dijual dengan harga yang tinggi.

Selain itu, kenari yang tumbuh di alam bebas pun akan dijual dengan harga yang mahal karena memiliki kicauan yang merdu dan bervariasi.