Cara Mengatasi Merpati Giring Kendor Dan Susah Kawin

Cherewed.com – Sebagai pemelihara burung Merpati Anda harus tahu tingkat kegiringan burung peliharaan ini terhadap pasangannya. Sebab, Merpati giring kendor adalah salah satu permasalahan yang kerap dialami para pemelihara Merpati. Tugas Anda yaitu segera mencari tahu bagaimana cara mengatasi merpati giring kendor tersebut.

Giring kendor sebenarnya adalah kurang bergairah. Burung merpati yang kurang gairah terlebih untuk burung lomba, performanya bisa dipastikan akan ikut menurun.

Cara Mengatasi Merpati Giring Kendor Yang Efektif

Giring kendor pada burung Merpati bisa diakibatkan karena beberapa faktor. Mulai dari perawatan merpati yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan lingkungan. Selain itu, bisa juga disebabkan karena merpati sedang kurang sehat.

Sebagai pemeliharaan, Anda harus memahami karakter burung merpati Anda. Ketahui juga kondisi fisiknya. Dengan begitu, bisa lebih mudah mengatasi gangguan pada burung merpati Anda, termasuk giring kendor ini.

Tidak cocok dengan pasangan juga bisa menyebabkan merpati Anda menjadi giring kendor. Dengan pasangan yang tidak cocok, merpati akan cenderung malas untuk kawin.

Nah, untuk Anda yang menjumpai merpati giring kendor, segera atasi dengan cara berikut ini.

1. Biarkan Merpati Anda Adaptasi Dengan Lingkungan

Membiarkan burung merpati peliharaan Anda agar bisa beradaptasi dengan lingkungannya termasuk cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi giring kendor. Cara ini bisa Anda terapkan baik itu untuk Merpati jantan ataupun yang betina. Merpati yang belum adaptasi dengan lingkungannya biasanya cenderung akan diam atau tidak aktif.

BACA JUGA :  Gelatik Batu: Ciri, Jenis, Makanan dan Perawatannya

Setiap burung merpati mempunyai waktu adaptasi yang berbeda-beda. Meski demikian, rata-rata burung ini membutuhkan waktu sekitar 1 sampai dengan 4 minggu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan mereka.

2. Jangan Biarkan Merpati Kawin Dahulu

Usahakan juga supaya burung merpati jangan sampai kawin dulu sebelum dimainkan. Tujuannya agar kemampuan giringnya tetap semangat dan tidak kendor.

Kemudian, Anda sebaiknya jangan melakukan penjemuran merpati terlalu lama dibawah sinar matahari. Penjemuran burung merpati bisa dilakukan selama setengah jam saja, yaitu pada pukul 08.00 sampai dengan 09.00 pagi.

3. Berikan Asupan Makanan Yang Cukup

Tak hanya dari pola perawatan hariannya saja, cara mengatasi merpati giring kendor juga bisa Anda lakukan dengan memperhatikan jenis pakannya.

Dengan memberikan pakan yang bernutrisi dan cukup, maka merpati nantinya bisa giring keras dan keket dengan pasangannya.

Anda bisa coba memberikan merpati sedikit sarapan dengan memakai kacang atau jagung dengan jumlah 5 sampai 15 butir saja.

Setelah memberikannya sarapan pagi, masukkan lagi merpati Anda ke sangkar dan pastikan jangan sampai kawin. Siapkan juga air minum yang bersih untuk burung merpati Anda.

4. Berikan Merica Untuk Meningkatkan Birahi

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menggiringkan merpati manfaat yang dipercaya bisa meningkatkan birahi merpati. Berikan dengan takaran yang tepat agar tidak menimbulkan efek yang negatif pada merpati Anda.

5. Melatih Merpati Supaya Giring Keras

Dalam mengatasi merpati yang giring kendor, Anda bisa melihat dari segi pelatihannya. Sesudah Anda melatih merpati peliharaan Anda di lapangan mulai siang sampai sore hari. Selanjutnya kawinkan merpati tersebut.

Perlu Anda ketahui, semakin banyak merpati melakukan kawin, maka tingkat giringnya akan akan semakin bagus. Merpati yang memiliki tingkat giring yang bagus, pastinya akan memiliki performa yang baik juga.