Mengenal Burung Malleefowl, Punya Sarang Terbesar Di Dunia

Cherewed.com – Burung Malleefowl (Leipoa ocellata) merupakan salah satu jenis burung endemik Australia yang memiliki banyak keunikan. Malleefowl termasuk jenis burung yang tidak bisa terbang. Maka dari itu, mereka banyak hidup di daratan.

Ciri Khas Burung Malleefowl

Malleefowl adalah salah satu jenis burung yang memiliki ukuran tubuh sebesar ayam. Faktanya burung ini masih memiliki kerabat jauh dengan ayam. Burung ini juga termasuk satu-satunya burung yang masih bertahan hidup dari genus Leipoa.

Ciri khas burung ini yaitu warna bulunya didominasi warna abu kecoklatan. Tubuh burung ini memang cukup besar, dan hampir sama dengan ayam kampung. Namun, sayangnya burung ini tidak mampu terbang seperti jenis burung lainnya.

Perilaku Malleefowl Di Alam Liar

Malleefowl termasuk jenis burung yang karakternya pemalu, waspada, juga soliter. Meskipun dikatakan sebagai burung yang tidak bisa terbang, namun terkadang burung ini mau terbang jika ingin menghindari ancaman atau untuk sekedar bertengger di pohon saja.

Sebenarnya, burung ini termasuk burung yang aktif, namun mereka jarang terlihat oleh manusia. Hal ini disebabkan karena burung ini akan berubah menjadi hewan yang membisu ketika dirinya merasa terganggu.

Warna bulunya memang hampir senada dengan tanah. Maka tak heran jika burung ini sering  memanfaatkan corak bulunya agar terlihat membaur dengan lingkungan. Dengan begitu, predator tidak akan bisa melihatnya. Tak hanya itu saja, mereka juga punya banyak trik untuk menghindar dari serangan predator.

Habitat

Habitat burung Malleefowl yaitu di lahan atau semak yang semi-kering. Semak yang dihuni biasanya ada di pinggiran tempat yang relatif subur di bagian selatan Australia.

BACA JUGA :  Tips Perawatan Kacer Tipe Panas Harian dan Lomba

Akan tetapi, saat ini burung unik ini hanya sanggup ditemukan di tiga wilayah terpisah. Pertama, burung ini bisa dijumpai di cekungan Murray-Murrumbidgee.

Kedua, burung ini bisa dijumpai di sebelah barat teluk Spencer, tepatnya di sepanjang pinggiran gurun Simpson. Kemudian, Malleefowl juga bisa dijumpai di tempat semak semi-kering di sebelah barat Australia bagian Barat Daya.

Sarang Raksasa Malleefowl

Burung Malleefowl memiliki sarang yang sangat besar. Bahkan dinilai sebagai burung dengan sarang yang paling besar di dunia.  Pejantan dari burung inilah yang nantinya akan menentukan tempat untuk membangun sarang.

Biasanya burung ini akan membangun sarangnya di permukaan tanah yang sedikit terbuka dan berada diantara pepohonan kecil. Sarang tersebut akan dibangun dengan ukuran yang sangat besar, bahkan diameternya bisa mencapai sekitar 3 m, dan kedalaman sekitar 1 m.

Setelah membuat lubang, burung ini akan mengumpulkan tumpukan daun kering dan pasir. Lalu burung betina akan meletakkan telurnya di atas dan menutupinya dengan daun dan pasir.

Dengan begitu, tumpukan daun kering itu akan membusuk dan lama kelamaan menghasilkan panas. Hawa panas tersebut yang bisa dimanfaatkan untuk menginkubasi telur mereka.

Malleefowl yang jantan nantinya akan secara berkala mengecek tumpukan daun tersebut. Tujuannya tak lain untuk memastikan suhu sarangnya pas atau belum.

Anehnya, pada saat telur burung-burung ini sudah menetas, baik itu malleefowl betina maupun yang jantan sama sekali tidak mau merawat anak-anaknya. Jadi anakan burung yang baru menetas ini akan hidup dengan mandiri dan mencari makanan di sekitarnya.

Populasi

Populasi burung Malleefowl ini sudah dinilai dalam kategori rentan. Maka dari itu, sebaiknya keberadaan burung ini bisa terus dilestarikan dengan tidak merusak habitatnya. Hindari juga melakukan perburuan liar terhadap jenis burung ini.