5 Tips Jitu Memulai Binis Sarang Burung Walet

Cherewed.com – Bisnis sarang burung walet adalah peluang bisnis yang sangat menarik. Satu gram sarang burung walet saja dihargai sekira Rp20 Ribu. Bayangkan jika berhasil menjual 1 kilogram saja, kamu bisa mendapat sekira Rp20 juta!

Komoditas ini banyak dicari orang karena memiliki banyak manfaat. Sarang burung walet dipercaya memiliki kandungan protein, kalsium, kolagen, dan antioksidan yang tinggi.

Kandungan tersebut membuat sarang burung ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia, di antaranya adalah :

  • Melancarkan sistem pencernaan.
  • Menjaga kesehatan kulit.
  • Mempercepat regenerasi sel.

Burung walet membuat sarangnya dari air liur yang mengeras. Sarang ini bisa kamu temukan di langit-langit gedung kosong atau gua. Biasanya mereka hidup di area yang jauh dari keramaian.

Tentu sangat menarik memulai bisnis sarang walet karena keuntungan yang sangat besar. Sebelum memutuskan memulai bisnis ini, kamu harus mempelajari seluk-beluk mengenai burung walet. Melansir berbagai sumber, berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan sebelum memulai bisnis sarang burung walet.

Tips Memulai Bisnis Sarang Burung Walet

1. Siapkan Rumah untuk Sarang Burung Walet

Untuk memulai bisnis ini, kamu harus mengundang burung walet datang ke tempat yang telah kamu siapkan. Burung walet menyukai tempat yang jauh dari keramaian. Kamu bisa menyiapkan rumah burung walet di sekitar rawa atau sawah. Siapkanlah sebuah ruangan yang terdiri dari empat lantai di atas lahan berukuran 21 m² x 36 m².

BACA JUGA :  Cara Merawat Kolibri Wulung Mabung Paling Efektif

Burung walet sangat menyukai tempat yang lembab dan gelap. Jagalah kelembapan ruangan dengan menutup setiap jendela ruangan menggunakan kain hitam. Selain itu, pastikanlah suhu ruangan tetap terjaga sekira 26 derajat Celcius.

2. Siapkan Rekaman Suara Burung Walet

Kamu juga bisa mengundang burung walet bersarang di tempat yang telah disiapkan menggunakan rekaman suara. Siapkanlah sebuah rekaman suara burung walet dan tempatkan di ruang yang telah kamu siapkan.

Kamu bisa memainkan suara burung walet itu menggunakan tape atau alat pemutar suara lainnya. Mainkan suara itu sekira pukul 16.00 sampai 18.00. Cara ini dipercaya burung walet bersarang di ruangan yang kamu siapkan.

3. Bersihkan Kotoran di Sarang Burung Walet

Selain mengundang burung walet bersarang, kamu juga harus rajin membersihkan sarangnya. Bersihkanlah kotoran dari sarang burung walet sebanyak dua hingga tiga minggu sekali. Kamu bisa menggunakan alat bantu semisal sekop dan kantong plastik.

4. Mulai Bisnis Sarang Burung Walet dengan Cara Membeli Bibit

Jika tidak bisa mengundang burung walet datang, kamu bisa membeli telur burung walet di pasar burung atau e-commerce. Biasanya telur ini dijual sekira Rp7 ribu per butir.

Sebagai saran, pilihlah telur yang akan menetas dalam waktu 10-15 hari. Masukkanlah telur tersebut ke dalam cawan berisi air, kemudian masukkan cawan tersebut ke dalam sebuah mesin khusus penetas. Pastikan suhu mesin tersebut berada pada angka 400 derajat Celcius.

5. Siapkan Pakan Burung Walet

Ada beberapa jenis pakan burung walet yang bisa kamu coba, di antaranya adalah serangga kecil dan kroto atau larva semut. Burung walet dewasa biasanya sudah bisa berburu makanan sendiri, sehingga kamu tidak perlu repot menyiapkan pakan.

BACA JUGA :  Ciri-ciri dan Kelebihan Kacer Wulung Raja dan Kacer Wulung Lokal

Pakan tersebut harus kamu siapkan untuk burung walet yang masih kecil. Kamu bisa menyuapi burung walet kecil dengan kroto sebanyak tiga kali sehari.