Ciri-ciri dan Kelebihan Kacer Wulung Raja dan Kacer Wulung Lokal

Cherewed.com – Siapa yang tidak tahu dengan jenis burung kicau yang satu ini, ya burung kacer, burung ini merupakan salah satu burung kicau yang populer dikalangan para kicau mania, karena memiliki kicauan yang khas dan merdu.

Burung kacer merupakan salah satu jenis burung kicau yang sebelumnya dianggap salah satu spesies dari keluarga Turdidae, tapi sekarang dianggap sebagai muscicapidae dan genus Copsychus. Burung yang identik dengan warna hitam dan putih ini memiliki nama ilmiah Copsychus saularis atau Oriental Magpie-robin dalam bahasa inggrisnya juga dikenal dalam bahasa resmi dengan kucica kampung yang dapat di jumpai di sebagian besar anak benua India dan bagian Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri dari kalangan penggemar kicaumania, ada beberapa jenis burung kacer yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu jenis burung kacer yang memiliki banyak peminatnya adalah kacer wulung raja, dimana penampilan fisiknya berbeda dengan jenis kacer pada umumnya.

Apakah anda tahu Ciri-ciri dan Kelebihan Kacer Wulung Raja dan Kacer Wulung Lokal?

Jika memang anda belum mengetahuinya, silahkan simak informasi yang akan admin bahas Ciri-ciri dan Kelebihan Kacer Wulung Raja dan Kacer Wulung Lokal, berikut pembahasannya.

Ciri-ciri Kacer Wulung Raja

Cara yang paling mudah untuk mengetahui ciri-ciri kacer wulung raja adalah dari warna bulunya, dimana kacer wulung raja memiliki warna hitam yang mengkilap pada bagian ekor hingga kepala, dan hanya memiliki warna strip bulu putih pada bagian sayapnya.

BACA JUGA :  Tips Menjodohkan Burung Anis Kembang

Kelebihan Kacer Wulung Raja

Selain penampilan fisiknya berbeda dengan jenis kacer lainnya, kacer wulung raja juga memiliki kelebihan, seperti :

  • Mental figternya kuat
  • Banyak variasi suara kicauan
  • Volume suara kencang
  • Memiliki gaya tarung dengan gaya membuka sayap dan ekor sehingga terlihat garang dan eksotis
  • Ukuran badan lebih besar di bandingkan dengan kacer lain

Ciri-ciri Kacer Wulung Raja Lokal

Salah satu jenis kacer yang memiliki penampilan fisik yang hampir sama dengan kacer wulung raja adalah kacer eulung lokal, dimana yang yang membedakannya adalah pada bagian ekor saja.

Kacer wulung lokal ( dada hitam ekor putih ) ini memiliki warna bulu yang sama dengan kacer wulung saja, hanya saja yang membedakannya adalah pada ekornya, dimana kacer wulung raja ekornya full hitam, sedangkan kacer wulung lokal ekornya bewarna putih dan hitam.

Nah itulah Ciri-ciri dan Kelebihan Kacer Wulung Raja dan Kacer Wulung Lokal yang dapat admin sampaikan kepada anda, anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai berbagai jenis burung dan cara perawatannya di situs cherewed.com. Salam kicau mania!