Mengenal Karakter, Dan Cara Menjinakan Burung Rambata

Cherewed.com – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai burung rambata, apakah anda tahu dengan jenis burung yang satu ini? Burung rambatan merupakan jenis burung yang tergolong mudah untuk di rawat, karena dengan perawatan yang bisa di bilang minimalis, pemilik burung akan mendapatkan hiburan dari burung rambatan ini dengan suara gacornya.

Meskipun burung ini mudah dirawat, ketika di alam liar, burung rambatan tergolong terkesan grasa-grusu atau terlihat terburu-buru, namun burung ini juga sebenarnya mudah untuk di jinakan. Burung ini bisa di bilang memiliki kelebihan dan peminat yang cukup banyak dari kalangan kicaumania Indonesia, karena memiliki suara yang khas dan sering di gunakan sebagai burung masteran, seperti suara tembakan yang sering dikeluarkan oleh burung tersebut, untuk masteran burung lainnya seperti murai batu dan burung lainnya.

Selain bisa digunakan untuk memaster burung murai batu, burung rambatan juga sering di gunakan sebagai pemasteran burung lainnya, seperti :

  • Murai batu Pleci
  • Kacer
  • Anis Merah
  • Cendet
  • Pentet/Cendet
  • Anis Kembang
  • Dan burung lainnya

Karakter Burung Rambatan

Setiap burung memiliki karakter tersendiri, termasuk burung rambatan, dimana burung ini ketika hidup di alam liar biasa memanjat dan merambat di pohon, akan tetapi berbeda dengan jenis burung pelatuk, dimana ketika merambat di pohon, burung ini cederung kepalanya di bawah , seperti tergantung.

Meskipun memiliki tubuh yang kecil, kicauannya cukup berisik, apalagi burung tersebut berada di kelompok kecil atau berpasangan merupakan kebiasaan burung tersebut ketika dialam liar. Bentuk paruh yang lancip yang dimilikinya digunakan untuk mencari pakan serangga yang bersembunyi di balik kulit pohon.

BACA JUGA :  Makanan Burung Tengkek Buto

Dan yang menjadi keunikan tersendiri dari burung ini adalah kebiasaannya yang sering terlihat buru-buru, termasuk ketika mencari pakan, seringnya berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon lainnya

Cara Menjikan Burung Rambatan

Meskipun burung rambatan mudah untuk di rawat, akan tetapi burung ini perlu di jinakan terlebih dahulu, apalagi burung ini di beli dari hasil tangkapan hutan yang akan di pelihara di dalam sangkar.

Jadi sebelum melakukan perawatan sebagai guru vokal untuk memaster burung lainnya, maka berikut adalah tips untuk menjinakannya.

  • Burung dimandikan setiap harinya, ketika pagi dan sore hari hingga basah kuyup
  • Berikan kroto dan beberapa ekor jangkrik setelah burung mandikan
  • Jemur burung selama 1 jam dan simpan di tempat baru yang cukup ramai untuk melatihnya terbiasa hidup di tempat banyak manusia
  • Setelah dimandikan dan dijemur beberapa jam, burung di simpan di tempat yang rendah atau di lantai untuk membiasakan diri beradaptasi dengan manusia
  • Setelah itu, burung di simpan didalam rumah yang cukup ramai, seperti ruang keluarga, dekat dengan televisi atau tempat lainnya yang banyak aktifitas manusia di sana
  • Ketika pada malam hari, burung di krodong sangkarnya agar cukup istirahatnya

Untuk menjinakan burung rambatan sebenarnya cukup mudah, hanya perlu membiasakan burung dengan lingkungan manusia. Jika burung terbiasa hidup berdampingan dekat dengan manusia, lambat laun burung akan menjadi jinak dengan sendirinya.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Burung Rambata, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan para kicau mania di indonesia.