Tips Memaster Trotolan Jalak Suren Secara Tepat

Cherewed.com – Masih membahas mengenai burung jalak, dan pembahasan kali ini lebih ditunjukan ke burung jalak suren. burung jalak suren merupakan burung yang memiliki suara merdu dan juga bisa menirukan suara burung kicau jenis lainnya. pada saat ini banyak sekali para kicau mania yang menginginkan burung jalak suren. dan tidak sedikit orang yang ingin memiliki burung yang sudah jadi. walaupun demikian banyak juga yang ingin memeliharanya sejak masih trotolan. untuk dilatih dan dimaster dengan suara isian yang istimewa.

Burung jalak suren memiliki banyak peminatnya. karena memang suara kicaunya sangat lantang dan bervariasi. Banyak kicaumania yang beranggapan bahwa memelihara jalak suren trotolan yang belum memiliki lagu permanen menjadi tantangan tersendiri. Selain dapat dilatih jinak tangan, burung trotolan ini juga dapat dimaster dengan lagu-lagu isian sesuai yang diinginkan, seperti aneka suara burung dan serangga. Setelah dewasa, burung akan menjadi istimewa dengan lagu-lagu mewahnya.

Cara memaster trotolan jalak suren

Sebaiknya pilihkan jalak suren trotolan yang sudah berumur 2,5 bulan atau sudah bisa makan voer. Pada umur itu, burung bisa lebih fokus pada suara masterannya ketimbang burung yang masih diloloh. Pemasteran bisa dilakukan dengan dua cara:

  • Pemasteran menggunakan burung masteran.
  • Pemasteran menggunakan suara burung dari audio mp3

Memaster trotolan jalak suren dengan burung masteran memang lebih efektif, karena lebih mudah diterima oleh burung. Berikut ini tips memaster jalak suren trotolan menggunakan burung masteran:

  • Pilihlah burung masteran yang sudah rajin bunyi / gacor. Selain itu, pilihlah burung masteran yang memiliki suara kicauan berbeda dari burung kebanyakan, agar suaranya nanti terdengar lebih unik.
  • Pemasteran dilakukan pada pagi, sore, dan malam hari, dengan cara menggantang sangkar trotolan jalak suren berdekatan dengan sangkar yang berisi burung masterannya.
  • Untuk menambah variasi suara isian, pemasteran sebaiknya dilakukan secara bergantian. Misalnya setiap tiga kali sehari dimaster dengan menggunakan burung yang berbeda.
  • Agar jalak suren trotolan lebih fokus pada suara masterannya, sebaiknya pemasteran dilakukan pada ruangan dengan posisi sangkar dikerodong.
  • Setelah 1-2 minggu pemasteran, Anda bisa menggantinta dengan burung masteran lainnya. Untuk menghemat biaya, Anda bisa mendapatkan burung masteran baru dengan sistim barter atau tukar tambah.
BACA JUGA :  Tips Perawatan Burung Murai Batu Trotolan Ketika Ngedrop Mental

Namun pemasteran dengan menggunakam burung masteran membutuhkan biaya tak sedikit. Apalagi perawatan hariannya. Alternatifnya, banyak kicaumania yang memanfaatkan suara masteran dari audio mp3 karena mudah didapat dan terdiri atas beragam suara burung.

Berikut ini beberapa persyaratan khusus agar suara mp3 dapat diterima dengan baik oleh trotolan jalak suren :

  • Kualitas audio harus jernih, tidak bercampur dengan suara lain yang bisa menghampat proses pemasteran.
  • Volume audio yang diputar sebaiknya tidak terlalu kencang. Selain karena tidak dapat diterima oleh burung karena terlalu berisik, juga bisa dimusuhi oleh tetangga.
  • Pemutaran suara masteran dari audio mp3 sebaiknya dilakukan dalam ruangan / kamar tertutup.

Bagaimana cara memaster trotolan jalak suren dengan menggunakan audio mp3 :

  • Pemasteran dilakukan dengan memutarkan suara rekaman burung dari perangkat audio seperti handphone atau mp3 player yang dihubungkan dengan speaker berimpedansi rendah, agar suara yang terdengar lebih nyaring dan lebih jelas.
  • Lakukan pemasteran di dalam kamar / ruangan dengan kondisi sangkar full kerodong. Posisi sangkar bisa digantang atau diletakkan di lantai ruangan.
  • Putarkan suara masterannya dengan volume sedang tapi jelas terdengar. Jika perangkat Anda memiliki filter atau equalizer, aturlah pada posisi flat agar suara yang keluar adalah suara
  • aslinya.Namun apabila suara yang muncul kurang jelas terdengar, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur untuk membuatnya lebih nyaring.
  • Agar suara masteran dapat langsung diterima oleh burung, maka pemasteran sebaiknya dilakukan setiap hari pada pagi, sore dan malam hari.
  • Siapkan lima suara masteran yang akan diputarkan. Suara tersebut bisa terdiri atas suara burung atau suara serangga. Namun pemasterannya hanya menggunakan satu jenis suara saja, dan setiap beberapa hari sekali diganti dengan suara masteran lainnya.
BACA JUGA :  Inilah 6 Jenis Burung Finch Yang Paling Banyak Penggemarnya

Semoga informasi yang admin sampaikan mengenai Tips Memaster Trotolan Jalak Suren Secara Tepat bermanfaat bagi para kicau mania di indonesia.