Tips Melatih Trotolan Burung Cendet Supaya Bermental Bagus dan Siap Lomba

Cherewed.com – memiliki burung cendet trotolan merupakan salah satu yang paling di inginkan oleh para kicau mania, karena memang perawatan burung cendet trotolan termasuk sangat mudah dan pastinya jinak. dan juga burung cendet akan memiliki suara isian sesuai dengan selera pemiliknya. Bahkan apabila burung tersebut dilatih secara rutin, burung yang dipelihara sejak dini itu akan memiliki kelebihan tersendiri dan pastinya selalu siap dilombakan.

Salah satu hal yang penting dalam menelihara atau merawat burung cendet adalah kesabaran. karena memelihara burung yang masih muda tentunya membutuhkan watu yang cukup lama sebelum burung tersebut siap untuk dilombakan.

Di pasar burung, kita bisa menjumpai burung cendet dalam berbagai kondisi, mulai dari trotolan, bakalan muda, sampai burung yang sudah jadi. Namun Sebagian para penghoby burung cendet lebih memilih burung yang sudah jadi, karena tinggal meneruskan perawatan hariannya saja. Namun tidak sedikit juga yang memilih cendet trotolan untuk dirawat di rumah.

Ada 2 jenis perawatan yang biasa dilakukan para penghoby burung cendet dalam menyiapkan trotolan burung cendet supaya nantinya bisa memiliki mental yang bagus dan siap untuk dilombakan. Dan Kedua jenis perawatan tersebut bisa disimak dibawah ini :

1 . Pola perawatan trotolan cendet yang umum

  • Berikan pakan yang kaya nutrisi setiap harinya. Hal ini untuk mendukung perkembangannya agar lebih cepat menuju tahap dewasa. Pakan bernutrisi tinggi ini bisa berupa voer yang berkualitas atau pakan racikan yang dibuat khusus untuk cendet.
  • Berikan pakan tambahan yang kaya protein. Selain berfungsi mendukung pertumbuhannya, pakan tambahan yang terdiri atas kroto, jangkrik, dan ulat hongkong bisa membuat burung menjadi lebih cerdas dan siap untuk dimaster dengan lagu-lagu isiannya.
  • Berikan multivitamin seperti BirdVit untuk menjaga kondisi burung agar tetap aktif dan meningkatkan daya imunitas / kekebalan tubuhnya terhadap berbagai potensi serangan penyakit.
BACA JUGA :  Cara Menangani Burung Anis Merah Yang Terlalu Galak

2 . Pola perawatan trotolan cendet secara khusus

  • Rutin melakukan penjemuran setiap hari. Penjemuran terhadap cendet trotolan bisa dilakukan mulai pukul 05.00 atau 05.30 hingga pukul 09.30 atau10.00.
  • Selama burung dijemur, kita harus tetap memperhatikan kondisinya. Jika cendet terlihat mulai gelisah dan sering membuka paruhnya, maka penjemuran harus segera dihentikan.
  • Setelah dijemur, cendet dipindah ke tempat yang teduh untuk diangin-anginkan selama 5 menit, atau sampai burung bisa beradaptasi dengan suhu ruangan.
  • Siang sampai sore hari (pukul 15.00), cendet dikerodong penuh, sambil dilakukan pemasteran dengan suara-suara yang tepat.
  • Untuk tahap awal pemasteran, Anda bisa memperdengarkan suara-suara dasar saja seperti burung gereja tarung, jangkrik dan lovebird. Kalau cendet sudah menguasai suara dasarnya, Anda biisa memasternya dengan suara isian yang kita inginkan.
  • Sekitar pukul 15.00 – 17.30, kerodong dibuka, dan cendet kembali diperdengarkan suara masteran.

Untuk memelihara trotolan burung cendet sampai benar-benar siap dilombakan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pada umumnya, cendet yang siap lomba berumur 1 – 1,5 tahun. maka dari itulah anda harus benar-benar extra bersabar dalam merawatnya. k

Itulah Tips Melatih Trotolan Burung Cendet Supaya Bermental Bagus dan Siap Lomba yang dapat admin sampaikan, semoga pembahasan tersebut bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara burung cendet dari trotolan.