Tips Melatih Ciblek Muda Agar Bermental Petarung

Cherewed.com – Burung ciblek merupakan salah satu burung yang digemari oleh para penhobby burung di indonesia, burung ini merupakan burung pemakan serangga. dan berasal dari suku cisticolidae dalam bahasa inggris dikenal dengan nama winged prinia, sebab memempunyai corak dua garis putih di setiap sayapnya. burung ciblek sering ditemukan di daerah asia dan Afrika yang beriklim tropis hingga subtropis.

Spesies burung dari keluarga Cisticolidae ini memiliki suara yang sangat lantang, salah satunya yaitu ciblek jawa. spesies burung dari keluarga Cisticolidae memiliki suara. popularitas burung ciblek sebagai burung kicau sudah berlangsung sejak era 1990 an. pada waktu itu burung ciblek lebih banyak dipelihara sebagai kelangenan. dan pada saat ini burung yang satu ini banyak diburu untuk dijadikan burung masteran dan juga dilombakan.

Suara merdu dari burung ciblek yang khas menjadi daya tarik untuk memikat banyak para kicau mania di indonesia. dan apabila burung ciblek ini dilatih sejak dini/muda maka burung tersebut akan memiliki mental bertarung yang siap dilolmbakan ataupun untuk burung masteran.

Bagi anda yang memiliki burung ciblek tentunya ingin burung peliharaannya memiliki mental petarung, maka dari itu disini admin akan memberikan tips atau cara untuk melatih mental burung ciblek supaya memiliki mental petarung.

Tips Melatih Ciblek Muda Agar Bermental Petarung

1. Setiap pagi diembunkan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah setiap pagi, burung ciblek dikeluarkan dari rumah untuk diembunkan. Pengembunan secara dapat membuat burung lebih sehat dan aktif, sehingga mental bertarungnya akan terbentuk secara bertahap. burung Ciblek muda sebaiknya diembunkan di lokasi yang terpapar langsung cahaya matahari pagi yang baru terbit. Dengan demikian, Anda tidak perlu memindahkan sangkarnya untuk dijemur.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Selalu Gigit Ring

2. Berikan satu sendok kroto

Setelah matahari terbit, berikan kroto bersih dan segar sebanyak 1 sendok teh. Kroto dimasukkan dalam cepuk yang terpisah. Pemberian kroto setelah burung diembunkan mampu mendongkrak stamina ciblek muda sehingga menjadi lebih aktif dan bersemangat sepanjang hari. Jika diperlukan, Gantilah voer dan air minumnya dengan yang masih segar. Pakan dan air minum yang sudah lama mudah tercemar agen penyakit yang merugikan kesehatan burung.

3. Mandi dan jemur setiap pagi

Mandikan burung ciblek setelah terbit matahari pagi. Memandikan bisa dilakukan dengan disemprot atau menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan dalam sangkarnya. Jika sudah terbiasa, burung juga bisa Anda mandikan dalam karamba mandi kecil. apabila sudah selesai mandi, burung tersebut diangin-anginkan di tempat teduh. Setelah itu, berikan pakan berupa jangkrik kecil sebanyak 2-3 ekor dan 1 ekor ulat hongkong berwarna putih. Setelah bulunya tidak terlihat terlalu basah, burung bisa dijemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2 jam.

4. Lakukan pemasteran

Lakukan pemasteran tidak lama setelah burung selesai dijemur, atau ketika sedang diangin-anginkan di tempat teduh. Agar hasilnya lebih efektif, proses pemasteran dilakukan dalam kondisi sangkar full kerodong.

5. Istirahat pada siang hari

Pada siang hari, ciblek muda dibiasakan beristirahat dalam sangkarnya. Kerodong sangkarnya agar burung berhenti beraktivitas. Istirahat yang cukup akan memberi kesempatan ciblek muda mengumpulkan energi dan staminanya.

6. Perawatan pada sore hari

Perawatan pada sore hari adalah bentuk perawatan yang umum dilakukan kicaumania terhadap momongannya. Tapi pola rawatan ini bersifat dinamis. Anda bisa melakukan setelan perawatan sesuai dengan kebiasaan atau perawatan yang lebih disukai.

Nah itulah Tips Melatih Ciblek Muda Agar Bermental Petarung yang dapat admin sampaikan kepada anda, jika anda ingin burung ciblek anda memiliki mental petarung, anda bisa mengikuti cara-cara yang sudah admin sampaikan diatas. dan semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. silahkan anda juga bisa share ke teman-teman kalian yang memiliki burung ciblek.