Suhu Inkubator untuk Anakan Lovebird Supaya Agar Hidup Sehat

Cherewed.com – Bagi anda yang ternak hewan peliharaan seperti burung pastinya sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini, ya inkubator, Inkubator adalah alat yang dipanasi dengan aliran listrik pada suhu tertentu yang dipakai untuk memerami telur, mikrob dan menghangatkan bayi yang baru lahir. biasanya alat ini sudah dilengkapi dengan pengatur suhu, jadi kita bisa mengatur suhunya sesuai dengan yang kita inginkan.

Pada saat beternak dan telur burung sudah menetas biasanya indukan akan merawat bayinya hingga tumbuh dewasa, perawatan ini meliputi pemberian makan, dan melindungi dari perubahan suhu, namun untuk peternak biasanya pada saat telur menetas dan anakan sudah berumur 2 minggu mereka langsung memisahkannya dan akan memelihara burung lovebird tersebut di inkubator hingga dewasa. hal ini supaya indukan lovebird bisa secepatnya bertelur kembali.

Pada saat memisahkan burung lovebird yang baru berumur 2 minggu, suhu di inkubator harus benar-benar stabil, karena sistem kekebalan tubuh pada saat usia muda masih belum stabil. nah hal ini harus sangat diperhatikan karena kalau suhu idealnya tidak terpenuhi kesehatan burung akan terancan dan bisa mengakibatkan kematian.

Lalu Berapa suhu idealnya untuk anakan lovebird di umur 2 minggu?

Suhu Inkubator Anakan Lovebird

Suhu ideal untuk inkubator anakan lovebird sekitar 30 – 35 derajat Celcius dengan kelembaban inkubator 70% – 85, agar anakan lovebird terjaga. pada saat anakan love bird umur 2 minggu hingga 1 bulan biasanya masih butuh kehangatan dari induknya, namun apabila kita pisahkan induknya pada saat umur 2 minggu maka suhu didalam inkubator harus tetap stabil dan hangat. karena kelangsungan hidup lovebird yang dipisahkan sangat tergantung pada suhu.

BACA JUGA :  Mengenal Jenis Burung Kenari Jambul Yang Unik

Dan berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memasukan anakan lovebird ke kandang inkubator. diantaranya :

  • Sediakan lampu 5 watt
  • Sirkulasi udara harus cukup
  • Simpan termometer ruangan, sebagai alat untuk memastikan suhu inkubator
  • Jika memiliki dana, bisa menggunakan termostat otomatis, untuk mengatur suhu yang sesuai di inginkan yang di butuhkan burung tanpa menggunakan lampu
  • Simpan lovebird perkotak, sesuai dari indukan masing-masing
  • Berikan alas dengan tisu bersih atau serutan kayu
  • Perhatikan terus suhu inkubator, agar suhunya selalu dalam kondisi yang sesuai yang di inginkan
  • Jauhkan dari gangguan anjing, kucing, tikus dan hewan pengganggu lainnya

Nah itulah persiapan yang harus diperhatikan sebelum anda memasukan anakan lovebird ke dalam inkubator. saya ucapkan terimakasih karena telah membaca informasi mengenai Suhu Inkubator untuk Anakan Lovebird Supaya Agar Hidup Sehat, semoga situs ini selalu memberikan manfaat untuk para peternak dan para kicaumania. salam satuhobby