Cara Mengatasi Lovebird Macet Bertelur/Produksi

Cherewed.com -Di Artikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai harga burung lovebird berbagai jenis update terbaru 2021-2022, dan dikesempatan ini admin juga akan memberikan tips atau cara Mengatasi Lovebird Macet Bertelur/Produksi, jika anda sebagai peternak burung lovebird tentunya sangat menghindari masalah indukan yang macet bertelur, ya karena hal tersebut akan sangat merugikan.

Karena memang dalam beternak/budidaya lovebird atau burung peliharaan apapun selalu menemukan permasalahan-permasalahan yang tidak diduga. dimana burung lovebird yang diternak tersebut tidak kunjung berproduksi, dan juga terjadi pada lovebird yang awalnya berproduksi mendadak macet berproduksi.

Lalu Apa Sebenarnya Penyebab Burung Lovebird Macet Bertelur?

Lovebird yang macet bertelur atau prduksi biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti :

  • Burung kurang terkena sinar matahari
  • Kebutuhan pakan tidak tercukupi atau pakan tidak sesuai
  • Kurang asupan multivitamin

Itulah salah satu faktor kenapa lovebird macet berproduksi, lalu bagaimana cara mengatasi burung tersebut untuk tidak lagi macet dalam bertelur?

Untuk mengatasi lovebird yang macet produksi tentunya bisa melihat terlebih dahulu penyebab yang telah kami sampaikan pada penjelasan di atas, karena jika burung kurang di berikan pakan yang tepat, kurang terkena sinar matahari dan kurang asupan vitamin maka berkemungkinan burung menjadi susah bertelur ketika diternakan.

Indukan Lovebird di Jemur

Lovebird yang sering di simpan di tempat yang lembab dan jarang terkena matahari, maka bisa mengakibatkan burung tersebut akan menjadi kurang sehat, dan tentunya dapat mempengaruhi burung menjadi macet bertelur. Untuk mengatasi lvoebird yang macet produksi, maka burung di jemur sesering mungkin, terutama menjemurnya ketika pagi hari di bawah jam 11.00.

Pakan Indukan Lovebird

BACA JUGA :  Cara Ternak Burung Pleci Agar Cepat Kawin dan Bertelur

Dalam memberikan pakan lovebird harus di bedakan ketika beternak, perawatan lomba, perawatan harian, karena kebutuhannya berbeda. Untuk itu berikan pakan sesuai, dan biasanya para peternak lovebird memberikan milet putih polosan, dan memberikan sayuran hijau serta ektrafooding seperti jagung untuk menungjang keberhasilan beternak dan juga dapat mengembalikan lovebird bisa berproduksi kembali seperti semestinya.

Berikan Mulitivitamin dan Suplemen

Kekurangan nutrisi tentunya dapat membuat organ reproduksi burung menurun, dan birahi burung akan menurun, sehingga akan membuat lovebird menjadi macet produksi. Untuk itu, jika dalam pemberian pakan kurang lengkap, alangkah baiknya berikan multivimtamin atau suplemen khusu untuk beternak.

Jika maslah ini terjadi kepada indukan burung lovebird yang sedang anda budidayakan, maka cara-cara diataslah untuk mengatasinya. karena jika terus-terusan lovebird macet dalam produksi anda akan rugi, rugi waktu, pakan dan lain sebagainya.

Maka dari itulah kami menyarankan apabila lovebird anda tidak mau terkena masalah ini selalu perhatikan dalam perawatan dan pemberian pakannya dan juga kebersihan sarangnnya. Dan itulah yang dapat admin sampaikan kepada anda. semoga artikel ini bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki masalah tersebut.