Tips Perawatan Burung Anis Kembang Full Kroto

Cherewed.com – Kroto merupakan salah satu pakan yang memang sangat disukai oleh burung anis kembang, pemberian kroto terhadap burung anis ini memberikan dampak positif terhadap performa suaranya. jika dibandingkan dengan burung kacer hal ini sangatlah berbeda. pemberian kroto kepada burung kacer tidak terlalu memberikan pengaruh terhadap performa atau penampilan burung tersebut.

Pada umumnya, apabila burung dari kelompok anis/punglor semakin bertambah umurnya, maka merka akan semakin rajin berkicau, dengan volume suara yang lantang. namun hal ini harus diimbangi dengan perawatan harian yang konsisten dan tepat. khusunya dari segi pemberian pakan. apabila perawatan tidak teratur dan pakan yang diberikan kepada burung tersebut apa adanya, maka terjadi burung tidak akan pernah mencapai top form.

Tidak sedikit penggemar burung anis ini yang sudah membuktikan pengaruh kroto terhadap burung peliharaannya. Misalnya, anis kembang yang semula hanya ngeplong sekali-sekali, sekarang sudah menjadi lebih rajin berkicau, terlebih anis kembang trotolan.

Untuk pemberian kroto kepada burung anis bisa dilakukan setiap hari, dengan porsi 1 sendok teh saja. dan pemberiannya pada pagi atau siang hari. pemberian extra fooding lainnya, seperti buah dan jangkrik, bisa dikurangi. Perawatan dengan setelan pakan seperti ini sering disebut full kroto, meski dalam praktiknya tetap tidak meninggalkan buah dan jangkrik.

Dan berikut ini adalah Tips Perawatan Burung Anis Kembang Full Kroto

  • Berikan kroto sebanyak 1 sendok teh pada pagi hari, setelah burung mandi. Waktu pemberiannya adalah ketika burung dianginkan atau sebelum dijemur di bawah sinar matahari pagi.
  • Sebagian penggemar anis kembang mengaku tidak memberikan EF lain selain kroto dan buah-buahan. Artinya jangkrik ditiadakan.
  • Untuk kelengkapan nutrisi, Om Kicau tetap menyarankan pemberian EF lain seperti jangkrik dan cacing tanah, namun dengan porsi terbatas. Dalam hal ini, Anda cukup memberikan jangkrik, masing-masing 1 ekor pada pagi dan sore hari. Adapun cacing tanah bisa dibertikan 2 ekor pada pagi hari dan 1 ekor pada sore hari.
  • Buah-buahan tetap diberikan seperti biasa.
  • Perawatan harian seperti mandi, jemur, dan pemasteran dilakukan seperti biasanya.
  • Berikan multivitamin diberikan seperti biasa dan sesuai anjuran yang berlaku. Pemberian ideal biasanya 3 kali dalam seminggu.
BACA JUGA :  14 Jenis Burung Hias Yang Trend Untuk Di Pelihara

Dalam perawatan ini, kroto menjadi salah satu pakan penting untuk membuat burung yang semula hanya ngeriwik bisa menjadi ngeplong, atau yang semula hanya ngeplong sekali-sekali menjadi rajin bunyi. dan pemberiannya harus dilakukan secara rutin. dan juga kroto yang diberikan kepada burung tersebut harus yang masih segar (tidak basi), karena kroto basi bisa menyebabkan burung mengalami diare atau masalah pencernaan lainnya.

Terapi kroto ini bisa dilakukan selama 2-3 minggu, sampai burung benar-benar menjadi rajin berbunyi atau bisa dilanjutkan jika burung dipelihara hanya untuk tujuan rumahan saja atau kelangenan.

Itulah yang dapat admin sampaikan, semoga Tips Perawatan Burung Anis Kembang Full Kroto ini bermanfaat bagi kawan-kawan penghobby burung kicau semuannya.