Cara Memilih Indukan Lovebird Yang Berkualitas Bagus

Cherewed.com – Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara murdu dan bulu yang indah, burung ini dikenal sebagai burung yang stia kepada pasangannya. mereka akan selalu berdekatan dan tidak akan berganti pasangan sampai hal-hal yang memisahkan mereka.

Lovebird menjadi burung yang paling banyak diminati oleh masyrakat indonesia atau para kicau mania, disamping cara perawatannya mudah dan cara budidayannyapun tidaklah sulit. Burung ini memiliki ciri fisik ukuran badan kecil, berparuh bengkok, dan berbulu hijau. namun ada juga bulu yang berwarna lain.

Karena burung ini semakin banyak peminatnya dan memiliki harga lumayan cukup mahal dan bervariasi maka tidaklah heran banyak sekali yang membudidayakan burung lovebird ini. beternak lovebird menjadi peluang usaha di tahun 2022 ini.

Untuk beternak lovebird salah satu yang paling penting supaya anakan atau turunan memiliki kualitas bagus adalah pemilihan indukan, karena apabila indukan yang jelek maka keturunanpun nantinya akan sama jeleknya. nah maka dari itu anda harus cermat dalam memilih indukan lovebird. berikut ini kami sampaikan Cara Memilih Indukan Lovebird Yang Berkualitas Bagus.

Cara Memilih Indukan Lovebird Yang Berkualitas Bagus

Memilih Lovebird dari usianya

Pilihlah burung yang berusia kurang lebih 1 tahun. Usahakan supaya usia Lovebird jantan lebih tua dari usia betinanya. Cara ini dilakukan agar pejantan lebih mendominasi ketika dalam proses perkawinan.

Fostur Tubuh Indukan Lovebird

Ciri fisik indukan yang bagus  :

  • Fostur tubuh tegak, mulai dari ekor dan punggung lurus
  • Ukuran tubuh besar, karena banyak lovebird yang berkualitas di pengaruhi oleh ukuran tubuh yang besar, kecuali untuk lovebird nyasa dan blackchecked.
  • Untuk ukuran standar jenis lovebird Fischeri, sekitar 15 – 16 cm
BACA JUGA :  8 Ciri Ciri Burung Cucak Ijo Yang Bagus Serta Memiliki Kualitas Terbaik

Bulu Indkan Lovebird
Indukan bulu lovebird yang cerah dan mengkilap artinya burung tersebut di rawat dengan baik dan memiliki kesehatan yang baik pula, seperti rajin di mandikan, di jemur dan pemberian pakan.

Indukan Galak
Indukan yang telihat galak, memang memiliki kekurangan, akan tetapi calon indukan yang galak juga memiliki manfaat ketika di ternak. Calon Indukan Lovebird yang galak, biasanya merupakan jenis lovebird hasil lolohan atau handfeeding, sehingga burung sudah terbiasa dengan tangan manusia, dan ketika glodoknya di buka tutup, maka burung tidak mudah stress.

Pilih Satu Pasang Indukan Produksi
Memilih indukan lovebird sepasang yang aktif produksi memiliki keuntungan tersendiri, seperti menghindari resiko burung gagal berjodoh, salah memilih jenis kelamin dan menghindari lovebird mandul. memilih indukan yang pernah reproduksi menjadi salah satu yang tepat.

Indukan Lovebird Sehat

Ciri-ciri indukan lovebird sehat :

  • Lovebird tidak adanya gangguan snot
  • Cengkaram kakinya harus kuat dan erat
  • Lovebird tidak lumpuh
  • Lovebird tidak dalam keadaan sakit, yang bisa di lihat dari ciri-ciri lovebird sakit seperti, dada terlihat membusung, kurang aktif bergerak, nafasnya tidak teratur atau tersenggal-senggal dan lain sebaginya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda, semoga artikel yang kami berikan mengenai Cara Memilih Indukan Lovebird Yang Berkualitas Bagus dapat membantu anda sebelum mulai beternak lovebird. terimakasih dan salah kicaumania