Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Ngekek Sambil Ngeruji

Cherewed.com – Tahukah anda istilah ngeruji pada burung? para kicau mania pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ngeurji. Ngeruji adalah istilah yang digunakan untuk menyebut perilaku burung kicauan yang sering menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar. prilaku ngeuri bisanya sering terjadi kepada burung kicau seperti Lovebird, Kenari danserindit.

Jika Prilaku ngeruji itu terjadi pada saat lomba, tentu penampilan burung kita menjadi kurang maksimal. hal ini harus secepatnya ditangani apabila anda ingin burung peliharaan anda tampil maksimal pada saat dilombakan.

Prilaku ngeruji sering terjadi pada lovebird, Pada saat lovebird sedang bagus-bagusnya bersuara ngekek/rajin berbunyi namun malah sering merambat jeruji sangkarnya, tentu hal ini ada salah satu faktor penyebabnya. maka disini admin akan memberikan informasi mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Ngekek Sambil Ngeruji.

Penyebab Lovebird Ngekek Sambil Ngeruji

Di pengaruhi birahi

Burung Lovebird yang sering kali ngeruji sambil ngekek salah satunya disebabkan oleh birahi yang tinggi. terutama pada saat melihat lawannya di dekat sangar burung tersebut. ketika burung ngekek sambil ngeruji tersebut merupakan cara lovebird untuk menarik perhatian lovebird lain.

Kenyamanan dan Faktor Usia

Kenyamanan ketika burung ngekek dapat berpengaruh burung ngekek sambil nagen, tidak ngeruji, jadi pastikan kenyamanan burung di dapatkan burung. Usia lovebird yang masih muda atau usia lovebird belum mapan biasanya dia akan ngeruji ketika ngekek. Untuk itu, faktor usia memiliki peranan penting untuk membuat lovebird nagen ketika ngekek, terutama lovebird digunakan untuk lomba.

Cara Mengatasi Lovebird Ngekek Sambil Ngeruji

Lovebird Dewasa Ngekek Ngeruji
Untuk merawat lovebird ngeruji sambil ngekek pada lovebird dewasa, maka tinggal stabilkan saja birahinya, dengan perawatan dibawah ini :

  • Lovebird dimandikan 2 – 3 kali dalam sehari, misalkan, mandi pagi, sore dan malam hari
  • Berikan hanya milet putih saja
  • Kurangi penjemuran
  • Gunakan sangkar dengan ukuran setengah sangkar kapsul
  • Pisahkan dengan lovebird lain, alangkah baik tidak mendengar dan melihat lovebird lain
BACA JUGA :  Tips Merawat Supaya Lovebird Ngunci Konslet

Lovebird Muda Ngeruji Sambil Ngekek

  • Burung di mandikan setiap hari 2 -3 kali
  • Setiap hari, burung di simpan di tempat yang ramai
  • Pilih tangkringan yang cocok, seperti meletakan beberapa jenis tangkringan, ukuran dan lain sebagainya. Lihat perkembangannnya, lovebird lebih menyukai tangkringan mana, dan biasanya burung akan sering ngekek di tangkringan yang disukainya

Nah itulah Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Ngekek Sambil Ngeruji, jika burung lovebird anda mengalami hal yang sama seperti yang sudah admin jelaskan diatas, maka silahkan anda mengatasinya dengan cara-cara yang sudah admin sampaikan diatas. dan jika artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan share artikel ini ke teman-teman kicau mania lainnya. supaya mereka juga bisa mengatasi burung peliharaan yang memiliki masalah sama.