Tips Atau Cara Menumbuhkan Mental Burung Kenari Usai Mabung

Cherewed.com – Apakah kalian tahu apa itu mabung? bagi para penghobi burung kicau istilah ini pasatinya sudah tidak asing lagi karena pasti dalam setahun akan mengalaminya. Mabung adalah waktu ketika proses pergantian bulu yang lama menjadi bulu yang baru dan ketika burung sedang dalam proses mabung maka burung itu akan terlihat lebih banyak diam dan tidak bersuara seperti biasanya serta lebih banyak makan atau minum dari biasanya.

Lebih tepatnya Mabung merupakan sebuah proses dimana rontoknya bulu-bulu tua pada semua jenis burung maupun unggas secara periodik. Umumnya, proses mabung yang normal berlangsung sekali dalam setahun dan pada beberapa jenis burung tertentu bisa saja proses mabung seperti ini berlangsung sebanyak 2 atau 3 kali dalam 1 tahun.

Untuk melewati proses ini burung harus mendapat asupan pakan berprotein tinggi, juga multivitamin untuk menjaga kondisinya agar tidak bertambah drop. Perawatan yang tepat dapat membuat proses mabung bakal berjalan secara sempurna. Setelah mabung, bukan berarti burung bisa kembali tampil seperti biasanya. Mereka membutuhkan beberapa waktu untuk proses pemulihan dan mengumpulkan energi yang telah digunakannya.

Sampai saat ini masih banyak kicaumania yang belum menyadari hal tersebut, dan memaksa burungnya tampil ke arena lomba. Akibatnya, tidak sedikit orang yang mengalami kekecewaan karena penampilan burung tersebut tidak tampil maksimal. Apabila burung tersebut sudah menyelesaikan masa mabungnya, janganlah terburu-buru dilombakan, berilah burung tersebut kesempatan beristirahat pascamabung, supaya kondisinya benar-benar fit, sehingga nantinya dapat tampil lebih maksimal.

Dan Tips Atau Cara Menumbuhkan Mental Burung Kenari Usai Mabung?

Proses pemulihan kondisi usai mabung tersebut juga bisa menumbuhkan mental burung kenari seperti sebelumnya.  Simak dengan cermat tips yang kami berikan dibawah ini :

  • Rutin melakukan pengembunan.
  • Setelah matahari terbit, segera mandikan kenari dengan menggunakan cepuk mandi yang dimasukkan ke dalam sangkarnya
  • Usai mandi, kenari diangin-anginkan sebentar, kemudian dijemur selama kurang lebih 1 jam.
  • Berikan pakan sayur-sayuran segar setiap hari.
  • Berikan telur rebus setiap 2 hari sekali.
  • Tambahkan BirdMineral dan BirdVit setiap 2-3 hari sekali, secara berselang-seling.
  • Apabila diperlukan, kenari bisa diumbar dalam kandang umbaran seminggu sekali.
BACA JUGA :  4 Cara Ampuh Mengatasi Burung Kenari Birahi Tinggi Pada Saat Lomba Yang Sudah Terbukti

Dengan menerapkan cara di atas, mental burung kenari mudah dibangkitkan kembali seperti sebelumnya, dan beberapa minggu kedepan burung siap dilombakan dengan penampilannya yang terbaik.

Setelah membaca Tips Atau Cara Menumbuhkan Mental Burung Kenari Usai Mabung, Apakah anda akan menerapkan cara-cara tersebut? saya sarankan untuk mencobanya karena kami juga sudah menerapkan dan hasilnya benar-benar bagus. oke semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share kepada para kicaumania yang. salam