Tips Perawatan Burung Poksay Mandarin Agar Rajin Berbunyi

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai cara akurat merawat burung poksay mandarin jambul, dan dikesempatan kali ini juga admin akan memberikan informasi mengenai Tips Perawatan Burung Poksay Mandarin Agar Rajin Berbunyi, tentunya para kicau mania sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini.

Banyak kicau mania yang menganggap bahwa burung poksay ini hanya bisa bersuara keras yang tidak enak didengar. namun padahal ada burung poksay yang suara kicauannya sangat merdu seperti burung poksay poksay mandarin.

Burung poksay mandarin ini merupakan salah satu anggota keluarga Leiothrichidae, dan masih memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat dengan poksay hongkong, samho, dan hwamei yang dulu pernah sangat popular di Indonesia.

Kalau poksay hongkong merupakan burung impor, tidak demikian dengan burung poksay mandarin. Ada dua jenis poksay genting yang memiliki wilayah persebaran di Indonesia (Sumatera dan Kalimantan).

  • Poksay genting sumatera / chestnut-capped laughingthrush (Garrulax mitratus mitrata) yang terdiri atas dua subspesies dengan wilayah persebaran terbatas di Sumatera.
  • Poksay genting kalimantan / chestnut-hooded Laughingthrush(Garrulax mitratus treacheri) yang terdiri atas tiga subspesies dengan wilayah persebaran terbatas di Kalimantan.

Selain di Indonesia, kedua jenis poksay mandarin ini juga dijumpai di Malaysia dan Thailand. Penampilan keduanya memang mirip. namun apabila kita memperhatikan secara cermat, terdapat perbedaan antara ke dua burung tersebut. salah satunya yitu :

  • Lingkar mata poksay genting sumatera berwarna putih, sedangkan dari Kalimantan berwarna kuning.
  • Warna kecokelatan pada mahkota poksay genting kalimantan lebih banyak hingga bagian pipinya, sedangkan pada poksay genting sumatera hanya terdapat pada bagian atas kepalanya saja.

Burung poksay mandarin bisa dijumpai di hutan-hutan pegunungan, tepi hutan, dan perkebunan yang terdapat dalam wilayah persebarannya. Mereka biasanya terlihat berpasangan atau dalam kelompok kecil, saat sedang mencari pakan seperti buah-buahan dan serangga di pepohonan dengan ketinggian pendek hingga sedang.

BACA JUGA :  4 Tips Dan Cara Mengatasi Paruh Bawah Burung Kacer Patah

Bagi anda yang ingin mengetahui cara perawatan burung poksay mandarin supaya rajin berbunyi silahkan simak dibawah ini :

Tips Perawatan Burung Poksay Mandarin Agar Rajin Berbunyi

Merawat burung poksay mandarin / poksay genting agar lebih rajin berbunyi sebenarnya cukup sederhana. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menyediakan pakan favoritnya yang buah-buahan dan serangga.

Jadi dalam perawatan hariannya, kedua jenis pakan tersebut harus selalu tersedia. Buah-buahan seperti pisang atau pepaya harus selalu ada setiap hari. Begitu pula pakan serangga seperti jangkrik, belalang, atau ulat.

Selain itu, pemberian mandi dan jemurnya harus mendapat perhatian, termasuk menjaga kebersihan sangkar yang harus lebih diutamakan.

Untuk melatih poksay mandarin agar makin rajin berbunyi bisa dilakukan dengan memelihara lebih dari seekor di rumah. Dengan demikian, burung akan terpancing untuk saling bersahut-sahutan dengan ramainya. Alternatif lainnya adalah memancing bunyi dengan memutarkan audio kicauan burung sejenis dari media elektronik atau perangkat handphone.

Tips Perawatan Burung Poksay Mandarin Agar Rajin Berbunyi yang sudah admin sampaikan diatas diambil dari berbagai sumber. dan apabila anda ingin mencoba dengan tips yang sudah admin sampaikan diatas untuk membuat burung peliharaan anda rajin berbunyi silahkan.