burung murai batu

Tips dan Cara Melatih Mental Bertarung Burung Murai Batu

Cherewed.com – Di artikel sebelumnya admin sudah membahas berbagai tips dan juga trik cara merawat burung kenari agar cepat gacor, Nah dikesempatan kali admin akan membahas seputar burung murai batu, tepatnya cara melatih mental bertarungnya. burung kenari murapakan salah satu burung yang paling populer dikalangan kicaumania. maka tidaklah heran banyak orang-orang yang ingin memiliki burung murai batu yang berkualitas bagus.

Saat ini semakin banyak burung murai batu hasil penangkaran yang berhasil menjuarai lomba, mengalahkan murai-murai hasil tangkapan hutan. Semua itu tidak terlepas dari dua faktor, yaitu genetis dan lingkungan. Faktor lingkungan antara lain meliputi perawatan, pakan, serta pelatihan.

burung murai batu

Ada beberpa perbedaan antara burung murai batu hasil tangkapan hutan dan murai hasil penangkaran. murai hasil tangkapan hutan biasanya memiliki karakter liar, maka dari itulah harus dijinakan terlebih dahulu. Sebaliknya, murai batu hasil penangkaran akan selalu akrab dengan manusia dikarenakan sudah terbiasa disentuh. dan sudah pasti jinak.

Burung murai batu hasil penangkaran yang sudah pasti jinak bisa menjadi hiburan di rumah. Namun jika burung ini ingin dilombakan, perlu dilakukan treatment khusus, terutama untuk melatih mental bertarungnya, sehingga mampu bersaing dengan burung murai batu hasil tangkapan hutan.

Treatment khusus ini berupa pelatihan mental dan bisa diterapkan ketika burung murai batu masih berumur muda. Misalnya dimulai pada umur 6 bulan, atau setelah murai batu berganti bulu dari bulu trotol ke bulu dewasa.

Cara melatih mental bertarung murai batu sangat beragam. Misalnya, mengkombinasikan teknik buka-tutup kerodong serta gathering (ngetrek) di atas lantai. Anda juga bisa menambahkan treatment kimiawi, berupa pemberian suplemen khusus secara berkala, supaya burung murai batu memiliki power dan stamina optimal ketika nanti sudah siap dilombakan.

BACA JUGA :  4 Jenis Makanan Burung Serindit Agar Cepat Gacor Paling Tepat

Melatih mental bertarung murai batu melalui sistem buka-tutup kerodong

Burung Murai batu ini ditrek di atas lantai, bukan digantung pada gantangan. Jarak antara sangkar yang satu dan lainnya diatur sekitar 4 – 6 meter. Berikut ini tips dan trik melatih mental bertarung murai batu :

  • Khusus murai batu yang sudah mapan, kerodongnya dibuka penuh. Adapun murai batu lainnya, yang belum muncul mental bertarungnya, tapi sudah mau gacor, mendapat treatment khusus. Dalam hal ini sangkarnya dikerodong penuh (full kerodong) dulu selama beberapa menit.
  • Ketika mendengar kicauan murai yang sudah mapan, maka murai batu yang mendapat perlakuan khusus ini akan memberikan respon. Tentu responnya sangat beragam. Ada yang berani membalas kicauannya, tetapi ada juga yang hanya diam mendengarkan saja.
  • Apabila murai batu yang sedang dilatih itu mau berkicau, biarkan saja selama beberapa menit. Kalau masih berkicau, bahkan gacornya mulai ngotot, buka sedikit kerodongnya (misal separo saja). Nah, silakan diamati apakah burung berani mengintip lawan (murai mapan) melalui celah-celah kerodong yang terbuka tersebut.
  • Kalau burung sudah berani ngintip, tingkatkan pelatihan ini dengan membuka penuh kerodongnya. Biarkan selama 30 detik, kemudian full kerodong lagi. Selanjutnya, burung dibiarkan gacor dalam keadaan sangkar full kerodong selama 10 – 15 menit.
  • Setelah itu, kerodong kembali dibuka penuh selama 30 detik, lalu ditutup lagi.
  • Terakhir, pindahkan sangkarnya ke lokasi yang agak jauh dari tempat gathering, dan biarkan burung gacor sendirian

Selama gacor sendirian, dengarkan karakter suaranya. Apakah gacor seperti burung bertarung di lapangan atau gacor biasa. Kalau gacor biasa, lakukan lagi treatment ini selama tiga hari berikutnya, atau paling tidak dua kali seminggu.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Mudah Mengatasi Burung Murai Batu Over Birahi Paling Akurat

Untuk pelatihan sistem ini tidak bisa hanya dilakukan sekali saja, minimal 5 sampai 8 kali latihan. Jika setiap ditrek sudah bisa menampilkan suara gacor tarung, Anda bisa sesekali membawa burung tersebut ke arena latber, sambil dipantau mental bertarungnya.

Bisa juga dipancing suara gathering murai batu
Jika belum pede untuk membawa burung murai batu anda yang baru saja menjalani pelatihan, Anda juga bisa meningkatkan latihan dengan memperdengarkan suara simulasi gathering murai batu. Anda bisa memperdengarkan suara tersebut kepada murai batu yang sedang digantang di rumah.

Teatment kimiawi untuk meningkatkan mental bertarung
Anda juga dapat melakukan treatment kimiawi, berupa pemberian suplemen. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mental bertarungnya dari dalam tubuh burung. Treatment ini terbukti ampuh, dan sudah diterapkan sejak lama oleh sejumlah pemilik burung jawara. Anda bisa memberikan Testo Bird Booster kepada murai batu yang sedang dilatih mentalnya.

Na itulah Tips dan Cara Melatih Mental Bertarung Burung Murai Batu yang bisa anda terapkan kepada burung murai peliharaan anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam kicau mania