Tips Perawatan Kacer Yang Ngedrop Mental dan Staminanya

Cherewed.com – Kita ketahui burung kacer merupakan salah satu burung yang memiliki sifat fighter, Suara kicauannya yang nyaring dan gaya berkicaunya yang khas membuat burung yang satu ini semakin banyak peminatnya dan menjadi burung primadona dalam setiap perlombaan burung kicau di indonesia.,

Namun dalam perawatan burung kacer kita harus benar hati-hati dalam menanganinya, terutama pada burung yang biasa kita lombakan. karena sifat fighternya membuat burung kacer mudah sekali ngedrop mental dan juga ngedrop staminanya. masalah inilah yang sering dikeluhkan oleh para kicau mania khusunya pemula.

Burung kacer memiliki suara kicau yang nyaring dan juga bervariasi, dan sifat petarungnya yang agresif membuat burung tersebut memiliki banyak peminatnya. dan banyak dipelihara untuk dijadikan burung lomba.

Karena sifatnya yang agresif terhadap burung sejenis maupun spesies lain yang berada dekat sangkarnya, banyak kicaumania yang mengeluhkan kondisi burungnya yang mudah ngedrop mental dan staminanya. Hal ini disebabkan oleh perilaku burung yang tidak mau diam, terus menyerang, atau karena umurnya masih muda. Keluhan itu biasanya terjadi ketika burung akan atau sedang dilombakan.

Berikut ini ada beberapa penyebab sehingga stamina dan mental kacer drop saat dilombakan, silahkan simak :

  • Burung sering ditempel atau digantang berdekatan dengan burung sejenis, maupun burung fighter lainnya seperti murai batu, tledekan, dan sebagainya.
  • Burung kekurangan gizi akibat pola perawatan dan pemberian pakan yang tidak teratur.
  • Burung kurang mendapat asupan nutrisi dari pakan hariannya, terutama yang bersumber dari protein hewani.
  • Burung kurang terawat atau cenderung dirawat secara asal-asalan (asal gantang saja, tanpa memperhatikan perawatan lain seperti mandi, jemur, dan pemberian extra fooding).
  • Burung sering dimaster atau mendengar suara kicauan burung kacer lain yang gacor dan bersuara keras, baik dari burung aslinya maupun dari audio mp3.
  • Burung jarang dijemur atau kurang mendapat sinar matahari, terutama pada pagi hari, yang bermanfaat bagi kondisi dan kebugaran burung.
  • Burung sedang sakit atau kurang stamina akibat mengalami infeksi, gangguan pencernaan, atau karena sedang mabung.
  • Sudah menjadi karakter / bawaan dari burung itu sendiri.
BACA JUGA :  5 Ciri Ciri Burung Kenari Kalitan Dari Segi Fisik

Untuk mencegah kondisi burung tersebut tidak semakin parah, maka burung harus mendapat terapi dan perawatan yang tepat. Kalau burung kacer yang sedang ngedrop mental dan staminanya itu tetap dipaksa berlomba, maka karakternya bisa makin rusak.

Berikut ini tips perawatan kacer yang ngedrop mental dan staminanya :

  • Sebaiknya burung jangan dilombakan dulu, dan istirahatkan selama beberapa waktu sampai kondisinya pulih seperti semula.
  • Pisahkan kacer bermasalah tersebut dari burung sejenis maupun burung kicauan lain yang sama-sama agresif seperti murai batu, tledekan, cendet, atau bahkan burung nuri.
  • Gantang sangkarnya di tempat tenang dan jauh dari suara kicauan burung sejenis. Sebagai pengalihan, Anda bisa memutarkan beberapa audio terapi untuk membuatnya tenang dan membantu memulihkan kondisinya.
  • Rutin memberikan multivitamin seperti BirdVit untuk mendukung proses pemulihan stamina dan mentalnya yang ngedrop.
  • Rutin melakukan pengembunan pada pagi hari, dengan posisi sangkar yang langsung terkena cahaya matahari pagi yang baru terbit.
  • Mandikan burung seperti biasanya. Jika diperlukan, Anda bisa melakukan terapi mandi malam, disesuaikan dengan kondisi suhu dan cuaca di luar.
  • Menambah porsi pakan tambahan / extra fooding (EF), terutama jangkrik dan ulat.
  • Rutin melatih burung dalam kandang umbaran setiap beberapa jam sehari, dengan menyertakan tempat pakan dan minum di dalamnya.

Kami ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke situs cherewed.com dan membaca artikel mengenai Tips Perawatan Kacer Yang Ngedrop Mental dan Staminanya, semoga tips tersebut bermanfaat bagi para kicau mania di indoensia.