Manfaat Tulang Sotong Untuk Lovebird

Cherewed.com – Tulang sotong selain bisa memberikan manfaat kepada burung kenari, tulang sotong ini juga bisa bermanfaat untuk burung lovebird,  maka tidaklah heran para kicau mania selalu memberikan tulagn sotong ini kepada burung peliharaanya karena memang meliki banyak manfaat dalam kandungannya.

kandung yang terdapat dalam tulang sotong yaitu memiliki zat kalsium, mineral dan zat-zat lain sebagainya. dimana yang paling populer dari tulang sotong bagus di berikan pada burung yang akan di budidayakan/ternak, sehingga indukan burung yang di ternak, menghasilkan telur yang berkualitas bagus.

Jika membahas tulang sotong, apa sih tulang sotong itu?

Sotong adalah salah satu hewan yang hidup diperairan, terutama sungai,danau ataupun laut.  Biasanya sotong ini sering disamakan dengan cumi-cumi namun ada perbedaan yang sangat jelas yaitu dalam segi bentuknya dimana sotong berbentuk pipih sedangkan cumi berbentuk silinder.

Di Indonesia sendiri sotong banyak dijadikan menjadi bahan utama masakan Tulang sotong ini bisa disebut dengan asinan yaitu tulang hewan laut yang memiliki banyak manfaat dan sering dijadikan sebagai makanan tambahan untuk burung peliharaan salah satunya adalah burung lovebird, inilah yang akan kita bahas kali ini.

Lalu Apa Manfaat Tulang Sotong untuk Lovebird ?

  • Kalsium bagus untuk memperkuat lovebird, terutama untuk lovebird anakan, dimana pertumbuhan tulangnnya menjadi sempurna
  • Baik untuk paruh dan rahang lovebird
  • Dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya kerontokan bulu burung
  • Kandungan kalsium pada tulang sotong sangat baik untuk pembentukan kulit telur atau cangkang telur, sehingga telur terlindungi dengan baik, karena telur yang tidak terlindungi dengan baik seperti cangkang yang retak ( retak kecil yang hanya bisa di lihat dengan alat bantu ), bisa membuat telur gagal menetas
  • Baik untuk kesehatan pencernaan lovebird yang masih anakan dan dewasa, dan ini bagus untuk menghindari penyakit diare
  • Bisa meningkatkan gairah lovebird untuk rajin berkicau dan gacor
  • Sebagai asupan pakan tambahan untuk kesehatan burung
  • Membantu paruh lovebird jadi kuat
  • Bisa menghindari lovebird tidak nafsu makan dan lemas
  • Menjaga lovebird tidak cacingan
  • Dapat meningkatkan bakteri baik dalam tubuh lovebird
  • Mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh
  • Dapat membuat gairah kawin lovebird
BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Pijantung Agar Cepat Gacor

Bagaimana Cara Memberikan Lovebird Tulang Sotong?

Untuk memberikan tulang sotong pada lovebird, bisa membuat halus lovebird dan mencapurkannya dengan pakan biji-bijian yang biasa di konsumsinya atau bisa memasukan 1 tulang sotong dengan ukuran utuh yang dimasukan ke dalam sangkarnya, atau bisa menggunakan cara lain jika tidak memiliki tempat khusus untuk pakan tulang sotong.

Dalam pemberian tulang sotong untuk lovebird harus dengan takaran atau pemeberian yang tepat, jangan terlalu banyak memberikan tulang sotong karena tidak sedikit orang yang bilang bahwa tulang sotong memiliki kandungan garam yang tinggi, dimana kandungan garam jika di konsumsi lovebird dalam jumlah yang terlalu banyak bisa menyebabkan terjadinya penyempitan peredaran darah dan kebutahan kandungan mineral tidak terpenuhi ketika lovebird reproduksi.