Cara Merawat Anakan Burung Kenari Yang Diabaikan Induknya

Cherewed.com – Masih membahas seputar burung kenari, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan suatu tips atau cara merawat anakan burung kenari yang diabaikan atau ditinggalkan induknya. burung kenari ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling banyak dibudidayakan di beberapa daerah khususnya di indonesia. banyak penangkaran yang sukses dalam menjalankan bisnis ini. bahkan pemulapun bisa sukses dikarenakan memang perawtan burung kenari ini terbilang cukup mudah. maka tidaklah heran banyak orang-orang yang masuk ke dunia budidaya.

Namun, berbagai masalah di penangkaran pastinya selalu ada. misalnya yang memang selalu terjadi yaitu indukan yang membuang anaknya, anaknya diabaikan dan tidak mau merawatnya. nah sebagai peternak  jika anda mengalami hal seperti ini, anda harus benar benar menjadi pengganti induknya yaitu merawatnya dengan baik.

Apa Penyebab Indukan Burung Kenari Mengabaikan Anaknya?

Biasanya kenapa induknya bisa mengabaikan atau membuang anaknya karena disebabkan beberapa faktor salah satunya masalah kesehatan, nyaman dan tidak nyamannya kandang. Nah supaya anakan burung kenari tumbuh dewasa dengan sehat maka peran anda disini yaitu mengambil alih perawatan burung tersebut mulai dari memberikan tempat yang aman dan nyaman hingga memberinya pakan lolohan.

jadi ketika anda melihat indukan kenari mengabaikan anaknya atau tidak mau merawatnya, segeralah pindahkan anakan tersebut ke tempan aman dan nyaman. biasanya tempat yang digunakan adalah wadah kecil yang sudah diisi dengan beberapa lapis kertas tisu yang tebal. Siapkan juga handuk kecil untuk menutupi sebagian wadah, agar anakan burung kenari terhindar dari angin dan cuaca buruk.

Selanjutnya letakan wadah yang ada anakan kenarinya di tempat aman dan pastikan jauh dari bahaya seperti hewan-hewan lainnya. supaya burung tersebut tetap hangat, tutupi sebagian wadah dengan handuk. dan berikan lamu 5 watt yang dipasang tidak jauh dari handuk. Paparan cahaya lampu akan menghangatkan handuk sehingga memberikan kehangatan pada anakan burung kenari.

BACA JUGA :  Ciri-ciri Lovebird Siap Untuk Dilombakan

Bagian penting dalam perawatan anakan kenari yaitu memberinya pakan setiap hari. karena anakan kenari biasanya selalu merasa lapar setiap beberapa menit sekali. Karena itulah, merawat anakan kenari membutuhkan penanganan khusus, terutama masalah pakan yang diberikan dengan cara diloloh.

Pakan lolohan bisa kita buat sendiri dengan cara sederhana, pakan ini memililiki kandungan protein cukup tinggi untuk membantu pertumbuhannya. Berikut ini bahan baku untuk membuat formula pakan lolohan sederhana :

  • Formula pakan lolohan khusus untuk kenari / lovebird yang bisa diperoleh di toko pakan atau perlengkapan burung kicauan.
  • Multivitamin seperti BirdVit.
  • 1 butir kuning telur rebus.
  • Spet (spuit) atau syringe yang akan digunakan sebagai media meloloh atau bisa juga menggunakan sendok khusus untuk meloloh anakan burung.

Cara Membuat Pakan Lolohan :

  • Kuning telur dilumatkan dengan menggunakan sendok hingga menjadi bubuk.
  • Campurkan sedikit air, lalu diaduk lagi menggunakan sendok
  • Ambil 1 sendok pakan lolohan, campur bersama kuning telurnya. Setelah itu diaduk hingga merata dengan menambahkan sedikit air, sampai menjadi bubur.
  • Tambahkan BirdVit secukupnya ketika hendak meloloh anakan burung tersebut
  • Pakan lolohan sudah siap diberikan dengan menggunakan bantuan spet atau syringe.

Nakan yang anda rawat ini bisa lebih cepat tumbuh dewasa dan mampu bernyanyi dengan lagu-laguu yang bervariasi jika melakukan perawatan yang teratur dan selalu memperhatikan kebutuhan pakannya. semoga Cara Merawat Anakan Burung Kenari Yang Diabaikan Induknya bermanfaat untuk anda. salam kicaumania.