Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Kurang Ngotot di Lapangan

Cherewed.com – Bagi para kicau mania yang memiliki burung kacer tentunya harus selalu memperhatikan perawatannya dengan ektra ketat. Kita harus pandai merawat burung tersebut supaya setamina burung kacer selalu terjaga. tidak hanya itu, kita harus memahami betul kondisi burung tersebut sebelum membawanya ke arena lomba.

Jika perawatan dilakukan secara rutin dan tepat, Tentunya bisa membuat burung tampil maksimal. Salah satu Faktor terpenting lainnya yang harus diperhatikan adalah menjaga staminanya. Stamina yang mudah kendor membuat burung kacer mudah berubah, seperti perilaku kurang ngotot, sering ngetem, dan ngebalon atau mbagong.

Jika masalah tersebut terjadi kepada burung anda, tentunya anda harus secepatnya untuk mengatasinya, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? berikut ini akan admin berikan solusi yang bisa anda terapkan kepada burung peliharaan anda yang mengalami masalah tersebut.

Tips mengatasi burung kacer yang kurang ngotot di lapangan

1. Pengembunan

Untuk mengatasi burung kacer yang kurang ngotot saat dilombakan, burung tersebut perlu diembunkan secara rutin, minimal dua hari sekali. karena Pengembunan bisa membantu meningkatkan stamina pada burung kacer tersebut.

2. Mengatur ulang pakan tambahan / EF

Pengaturan ulang pakan tambahan / extra fooding dibutuhkan untuk meningkatkan stamina dan menjaga birahi burung kacer tetap stabil. Tetapi, kita juga perlu memahami dulu, apakah kondisi tersebut muncul akibat burung kurang birahi atau justru terlalu birahi. Jika burung kacer tampil tidak bisa maksimal karena kurang birahi, maka porsi jangkrik dapat dinaikkan. Dan juga, berikan kroto sebanyak 1 sendok setiap beberapa hari sekali. Adapun jenis EF lainnya seperti ulat hongkong dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan burung tersebut.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Memotong Ring Di Kaki Burung Yang Paling Aman

3. Masukkan kacer ke kandang umbaran

Memasukkan burung kacer ke kandang umbaran juga menjadi salah satu solusi yang kerap dilakukan para kicau mania pada saat burung peliharaan kesayangannya tampil kurang ngotot di lapangan. Pengumbaran ini umumnya dilakukan dari pagi sampai siang hari. Bahkan sebagian kiccaumania akan memasukkan burung kecil ke dalam kandang umbaran sebagai untulan, untuk melatih dan membangkitkan mental fighter kacer yang sedang ngedrop.

4. Beri waktu yang cukup bagi kacer untuk beristirahat

Untuk menjaga kondisi dan stamina burung kacer, khususnya Beberapa hari sebelum dilombakan, beri waktu yang cukup bagi burung kacer untuk beristirahat. Hal ini bisa menjaga kondisi dan staminanya saat berlaga di lapangan. Usai dijemur, kacer bisa dianginkan sebentar di tempat teduh. Setelah itu sangkarnya dikerodong penuh sampai sore hari. Pada sore hari, kerodong dibuka sebentar, lalu sangkar dibersihkan sambil mengganti air minumnya. Setelah itu, burung digantang selama beberapa menit, kemudian dikerodong kembali dan diistirahatkan sampai pagi.

5. Kurangi mandi, perbanyak jemur

Beberapa hari sebelum lomba, frekuensi mandi mulai dikurangi agar burung mempunyai birahi yang tinggi tapi tetap stabil. Sebaliknya, durasi penjemuran bisa ditambah daripada biasanya.

6. Berikan ramuan tertentu

Beberapa orang akan memberikan kacernya dengan ramuan tertentu yang bermanfaat mendongkrak stamina. Salah satu ramuan yang cukup popular adalah sari mengkudu untuk kacer. Ramuan ini dibuat dengan memanfaatkan buah mengkudu matang yang direbus dalam beberapa gelas air. Setelah didinginkan, ramuan sari mengkudu disimpan dalam lemari pendingin sebelum diberikan kepada burung kacer.

7. Jangan pernah melupakan multivitamin

Burung kacer yang tampil kurang ngotot juga bisa disebabkan kondisinya yang kurang fit. Untuk mengatasinya, maka jangan pernah melupakan multivitamin seperti BirdVit. Berikan multivitamin secara teratur, misalnya 2-3 kali dalam seminggu, agar kondisi burung selalu prima.

BACA JUGA :  4 Cara Ampuh Dan Akuart Proses Perawatan Burung Bakalan Muda Hutan Supaya Tetap Hidup

Itulah Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Kurang Ngotot di Lapangan, Bagi anda yang mengalami masalah mengenai burung peliharaanya, silahkan bisa mengikuti tips yang sudah admin sampaikan di atas. semoga bermanfaat.