Harga Burung Murai Batu Borneo: Faktor Penentu Dan Kisaran Harga

Harga Burung Murai Batu Borneo: Faktor Penentu dan Kisaran Harga

Burung murai batu Borneo (Copsychus malabaricus) adalah salah satu spesies burung kicau yang paling dicari di Indonesia. Burung ini terkenal dengan kicauannya yang merdu dan penampilannya yang menawan. Harga burung murai batu Borneo pun sangat bervariasi, tergantung pada beberapa faktor penentu.

Faktor Penentu Harga Burung Murai Batu Borneo

1. Jenis

Ada beberapa jenis burung murai batu Borneo, yaitu murai batu ekor hitam, murai batu ekor putih, dan murai batu ekor biru. Murai batu ekor hitam umumnya lebih mahal dibandingkan jenis lainnya karena lebih langka dan memiliki kicauan yang lebih merdu.

2. Kualitas Kicauan

Kualitas kicauan merupakan faktor utama yang menentukan harga burung murai batu Borneo. Burung dengan kicauan yang panjang, bervariasi, dan merdu akan dihargai lebih tinggi. Volume dan kejernihan kicauan juga berpengaruh pada harga.

3. Fisik

Fisik burung murai batu Borneo juga mempengaruhi harganya. Burung dengan postur tubuh yang baik, bulu yang sehat, dan warna yang cerah akan dihargai lebih tinggi. Burung yang memiliki cacat fisik atau penyakit akan bernilai lebih rendah.

4. Umur

Umur burung murai batu Borneo juga menjadi faktor penentu harga. Burung yang masih muda dan memiliki potensi untuk berkembang biasanya dihargai lebih tinggi. Burung yang sudah tua dan tidak lagi produktif akan bernilai lebih rendah.

5. Kelangkaan

Kelangkaan jenis burung murai batu Borneo juga mempengaruhi harganya. Jenis yang lebih langka dan sulit ditemukan akan dihargai lebih tinggi. Burung yang mudah ditemukan dan dipelihara akan bernilai lebih rendah.

BACA JUGA :  Harga Burung Ciblek Gunung: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Tips Membeli

Kisaran Harga Burung Murai Batu Borneo

Kisaran harga burung murai batu Borneo sangat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor penentu yang disebutkan di atas. Berikut adalah kisaran harga umum untuk burung murai batu Borneo di Indonesia:

  • Murai Batu Ekor Hitam: Rp 500.000 – Rp 10.000.000
  • Murai Batu Ekor Putih: Rp 300.000 – Rp 5.000.000
  • Murai Batu Ekor Biru: Rp 200.000 – Rp 3.000.000

Harga burung murai batu Borneo yang berkualitas tinggi dan langka dapat mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Namun, untuk burung yang masih muda atau memiliki kualitas kicauan yang biasa, harganya bisa jauh lebih rendah.

Tips Membeli Burung Murai Batu Borneo

Saat membeli burung murai batu Borneo, penting untuk memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Beli dari penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.
  • Periksa kesehatan burung dengan seksama.
  • Dengarkan kicauan burung dan pastikan kualitasnya sesuai dengan yang diinginkan.
  • Perhatikan fisik burung dan pastikan tidak ada cacat atau penyakit.
  • Tanyakan tentang umur dan asal-usul burung.
  • Negosiasikan harga yang wajar dan sesuai dengan kualitas burung.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor penentu dan kisaran harga yang disebutkan di atas, Anda dapat membuat keputusan yang tepat saat membeli burung murai batu Borneo. Burung ini tidak hanya dapat menjadi teman berkicau yang menyenangkan, tetapi juga memiliki nilai investasi yang tinggi.