Burung Murai Batu Medan: Pesona Dan Harga Yang Selangit

Burung Murai Batu Medan: Pesona dan Harga yang Selangit

Burung murai batu medan merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling populer dan digemari di Indonesia. Burung ini dikenal karena kicauannya yang merdu, lantang, dan bervariasi. Selain itu, murai batu medan juga memiliki penampilan yang menawan dengan bulu-bulu hitam legam dan ekor panjang yang berkilauan.

Asal-Usul dan Ciri-Ciri

Burung murai batu medan berasal dari hutan-hutan di Pulau Sumatera, khususnya di daerah Medan dan sekitarnya. Burung ini memiliki ukuran sedang, dengan panjang tubuh sekitar 25-30 cm. Bulu-bulunya didominasi warna hitam legam, dengan sedikit warna putih pada bagian sayap dan ekor.

Ciri khas yang paling mencolok dari murai batu medan adalah ekornya yang panjang dan berkilauan. Ekor ini terdiri dari 12 helai bulu yang dapat mencapai panjang hingga 20 cm. Saat burung berkicau, ekornya akan direntangkan dan digerakkan dengan indah, menambah pesona dan daya tariknya.

Kicauan yang Merdu dan Bervariasi

Kicauan murai batu medan menjadi salah satu daya tarik utama burung ini. Kicauannya sangat merdu, lantang, dan bervariasi. Burung ini mampu menirukan berbagai macam suara, mulai dari kicauan burung lain hingga suara-suara lingkungan sekitarnya.

Variasi kicauan murai batu medan sangatlah banyak, dan setiap burung memiliki gaya dan karakter kicauan yang unik. Beberapa kicauan yang umum dijumpai antara lain:

  • Cililin: Kicauan yang berirama dan berulang-ulang, seperti suara lonceng.
  • Gacor: Kicauan yang panjang dan bersemangat, dengan variasi nada yang tinggi dan rendah.
  • Roll: Kicauan yang cepat dan beruntun, seperti suara mesin.
  • Tembak: Kicauan yang pendek dan tajam, seperti suara tembakan.
  • Seruling: Kicauan yang merdu dan berirama, seperti suara seruling.
BACA JUGA :  Suara Burung Ciblek Ilalang: Pesona Alam Yang Menyejukkan

Perawatan dan Pemeliharaan

Burung murai batu medan membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang baik agar tetap sehat dan berkicau dengan baik. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam perawatan murai batu medan antara lain:

  • Sangkar: Burung murai batu medan membutuhkan sangkar yang cukup luas dan nyaman. Sangkar harus dilengkapi dengan tenggeran, tempat makan, tempat minum, dan bak mandi.
  • Makanan: Makanan utama murai batu medan adalah jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Burung ini juga dapat diberikan buah-buahan dan sayuran sebagai suplemen.
  • Mandi: Murai batu medan harus dimandikan secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.
  • Jemur: Burung ini membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk menjaga kesehatan bulunya. Jemur burung selama sekitar 1-2 jam setiap pagi.
  • Pelatihan: Murai batu medan dapat dilatih untuk meningkatkan kualitas kicauannya. Pelatihan dapat dilakukan dengan memutarkan rekaman kicauan burung lain atau dengan melatih burung untuk menirukan suara tertentu.

Harga yang Selangit

Burung murai batu medan merupakan salah satu burung kicau yang paling mahal di Indonesia. Harga burung ini bisa mencapai ratusan juta rupiah, tergantung pada kualitas kicauan, penampilan, dan garis keturunannya.

Harga yang tinggi ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Kelangkaan: Murai batu medan merupakan burung yang dilindungi, sehingga jumlahnya di alam liar semakin berkurang.
  • Kualitas Kicauan: Burung dengan kicauan yang merdu dan bervariasi sangat dicari oleh para penggemar burung kicau.
  • Penampilan: Burung dengan bulu yang hitam legam dan ekor yang panjang dan berkilauan memiliki nilai estetika yang tinggi.
  • Garis Keturunan: Burung yang berasal dari garis keturunan juara biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

Kesimpulan

BACA JUGA :  Burung Hantu Makan Apa Anakan

Burung murai batu medan merupakan burung kicau yang sangat populer dan digemari di Indonesia. Burung ini memiliki kicauan yang merdu, lantang, dan bervariasi, serta penampilan yang menawan. Namun, harga burung ini sangatlah tinggi, sehingga hanya segelintir orang yang mampu memilikinya.