Harga Burung Murai Batu Ekor Panjang: Faktor Penentu Dan Kisaran Harga

Harga Burung Murai Batu Ekor Panjang: Faktor Penentu dan Kisaran Harga

Burung murai batu ekor panjang (Copsychus malabaricus) adalah salah satu spesies burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan kicauannya yang merdu dan penampilannya yang menarik, terutama ekornya yang panjang dan indah. Tak heran jika harga burung murai batu ekor panjang cukup tinggi, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Harga burung murai batu ekor panjang sangat bervariasi, tergantung pada beberapa faktor penentu. Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi harga burung ini:

1. Kualitas Kicauan

Kualitas kicauan adalah faktor utama yang menentukan harga burung murai batu ekor panjang. Burung dengan kicauan yang merdu, bervariasi, dan berdurasi panjang akan dihargai lebih tinggi. Kicauan yang bagus biasanya memiliki irama yang teratur, volume yang keras, dan nada yang jernih.

2. Fisik dan Penampilan

Fisik dan penampilan burung juga memengaruhi harganya. Burung yang sehat, lincah, dan memiliki bulu yang bersih dan mengkilap akan lebih mahal. Selain itu, panjang ekor burung juga menjadi faktor penentu. Burung dengan ekor yang panjang dan lebar akan dihargai lebih tinggi.

3. Trah dan Keturunan

Trah dan keturunan burung juga memengaruhi harganya. Burung yang berasal dari trah juara atau memiliki garis keturunan yang baik akan dihargai lebih mahal. Hal ini karena burung tersebut dipercaya memiliki potensi kicauan yang lebih baik.

4. Kelangkaan

Kelangkaan burung juga memengaruhi harganya. Burung murai batu ekor panjang yang langka atau sulit ditemukan akan dihargai lebih tinggi. Kelangkaan ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti habitat yang terbatas atau perburuan yang berlebihan.

BACA JUGA :  Burung Prenjak Dan Ciblek: Dua Spesies Burung Yang Sering Dikira Sama

5. Permintaan dan Penawaran

Hukum permintaan dan penawaran juga berlaku dalam penentuan harga burung murai batu ekor panjang. Ketika permintaan tinggi dan penawaran terbatas, harga burung akan naik. Sebaliknya, ketika permintaan rendah dan penawaran banyak, harga burung akan turun.

Kisaran Harga Burung Murai Batu Ekor Panjang

Kisaran harga burung murai batu ekor panjang sangat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Namun, secara umum, harga burung ini berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

  • Burung anakan: Rp 500.000 – Rp 1.500.000
  • Burung muda: Rp 1.500.000 – Rp 5.000.000
  • Burung dewasa: Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000
  • Burung juara: Rp 15.000.000 – Rp 50.000.000 atau lebih

Harga burung murai batu ekor panjang yang sangat tinggi ini membuat burung ini menjadi salah satu burung kicau yang paling mahal di Indonesia. Namun, bagi para penggemar burung kicau, harga tersebut sebanding dengan keindahan kicauan dan penampilan burung ini.

Tips Membeli Burung Murai Batu Ekor Panjang

Jika Anda berniat membeli burung murai batu ekor panjang, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Belilah burung dari penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.
  • Perhatikan kualitas kicauan burung. Pastikan burung memiliki kicauan yang merdu, bervariasi, dan berdurasi panjang.
  • Periksa fisik dan penampilan burung. Pastikan burung sehat, lincah, dan memiliki bulu yang bersih dan mengkilap.
  • Tanyakan tentang trah dan keturunan burung. Burung yang berasal dari trah juara atau memiliki garis keturunan yang baik biasanya memiliki potensi kicauan yang lebih baik.
  • Pertimbangkan harga burung. Sesuaikan harga dengan anggaran Anda dan pastikan Anda mendapatkan burung yang sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan.
BACA JUGA :  Milet, Pakan Penting Untuk Burung Kenari

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membeli burung murai batu ekor panjang yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan Anda. Burung ini tidak hanya akan menjadi teman kicau yang menyenangkan, tetapi juga dapat menjadi investasi yang berharga.