Burung Ciblek Jali Betina: Pesona Yang Tersembunyi

Burung Ciblek Jali Betina: Pesona yang Tersembunyi

Burung ciblek jali (Orthotomus sutorius) merupakan salah satu burung kicau yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan bervariasi, sehingga banyak dipelihara sebagai burung master atau burung lomba. Namun, tahukah Anda bahwa burung ciblek jali betina memiliki pesona yang tersembunyi?

  1. Penampilan yang Menawan

Burung ciblek jali betina memiliki penampilan yang tidak kalah menarik dari burung ciblek jali jantan. Tubuhnya ramping dan berukuran kecil, dengan panjang sekitar 13-15 cm. Bulunya didominasi oleh warna hijau zaitun, dengan garis-garis hitam di bagian punggung dan sayap. Bagian dada dan perutnya berwarna kuning pucat, dengan sedikit semburat warna hijau.

  1. Suara Kicau yang Merdu

Meskipun tidak sekuat burung ciblek jali jantan, burung ciblek jali betina juga memiliki suara kicau yang merdu. Kicaunya terdengar lebih lembut dan halus, dengan variasi yang cukup banyak. Burung ciblek jali betina biasanya berkicau pada pagi dan sore hari, terutama saat mencari makan atau menjaga wilayahnya.

  1. Sifat yang Ramah dan Mudah Beradaptasi

Burung ciblek jali betina dikenal sebagai burung yang ramah dan mudah beradaptasi. Mereka dapat hidup berdampingan dengan burung lain, bahkan dengan burung yang berbeda jenis. Burung ciblek jali betina juga mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan khusus. Mereka dapat diberi makan dengan voer, biji-bijian, dan buah-buahan.

  1. Kemampuan Berkembang Biak yang Tinggi

Burung ciblek jali betina memiliki kemampuan berkembang biak yang tinggi. Mereka dapat bertelur hingga 4-6 butir dalam sekali bertelur. Telur-telur tersebut dierami oleh kedua induknya selama sekitar 12-14 hari. Setelah menetas, anak-anak burung ciblek jali betina akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka dapat terbang dan mencari makan sendiri.

  1. Harga yang Terjangkau
BACA JUGA :  Burung Prenjak Pikat: Si Penggoda Yang Merdu

Dibandingkan dengan burung ciblek jali jantan, harga burung ciblek jali betina jauh lebih terjangkau. Hal ini membuat burung ciblek jali betina menjadi pilihan yang tepat bagi para pemula yang ingin memelihara burung kicau.

Kesimpulan

Burung ciblek jali betina memiliki pesona yang tersembunyi. Penampilannya yang menawan, suara kicau yang merdu, sifatnya yang ramah dan mudah beradaptasi, kemampuan berkembang biak yang tinggi, serta harganya yang terjangkau membuat burung ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pecinta burung kicau.