Harga Burung Murai Batu Bahan: Faktor Yang Mempengaruhi Dan Cara Memilih

Harga Burung Murai Batu Bahan: Faktor yang Mempengaruhi dan Cara Memilih

Burung murai batu merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini dikenal karena kicauannya yang merdu dan bervariasi, serta penampilannya yang menawan. Tidak heran jika burung murai batu menjadi incaran banyak kicau mania, baik untuk dipelihara sebagai hobi maupun untuk dilombakan.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat ingin memelihara burung murai batu adalah memilih burung bahan yang berkualitas. Burung bahan adalah burung muda yang belum dewasa dan belum memiliki kicauan yang sempurna. Memilih burung bahan yang baik akan sangat menentukan kualitas burung murai batu yang akan dihasilkan nantinya.

Harga burung murai batu bahan sangat bervariasi, tergantung pada beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga burung murai batu bahan:

1. Jenis

Ada beberapa jenis burung murai batu yang populer di Indonesia, antara lain murai batu medan, murai batu borneo, murai batu nias, dan murai batu lampung. Masing-masing jenis memiliki ciri khas dan kualitas kicauan yang berbeda. Harga burung murai batu bahan juga akan bervariasi tergantung jenisnya. Umumnya, burung murai batu medan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya.

2. Usia

Usia burung murai batu bahan juga mempengaruhi harganya. Burung yang lebih muda biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan burung yang lebih tua. Hal ini karena burung yang lebih tua dianggap sudah lebih matang dan memiliki potensi kicauan yang lebih baik.

3. Kualitas

Kualitas burung murai batu bahan sangat ditentukan oleh beberapa faktor, seperti postur tubuh, warna bulu, dan kesehatan. Burung yang memiliki postur tubuh yang baik, warna bulu yang cerah, dan kesehatan yang prima akan memiliki harga yang lebih tinggi.

4. Daerah Asal

Daerah asal burung murai batu bahan juga dapat mempengaruhi harganya. Burung yang berasal dari daerah yang dikenal sebagai penghasil burung murai batu berkualitas biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Misalnya, burung murai batu medan yang berasal dari Sumatera Utara umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan burung murai batu medan yang berasal dari daerah lain.

5. Musim

Harga burung murai batu bahan juga dapat bervariasi tergantung musim. Biasanya, harga burung murai batu bahan akan lebih tinggi pada musim lomba. Hal ini karena pada musim lomba, permintaan terhadap burung murai batu meningkat sehingga harganya pun ikut naik.

Kisaran Harga Burung Murai Batu Bahan

Kisaran harga burung murai batu bahan sangat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas. Berikut ini adalah kisaran harga burung murai batu bahan berdasarkan jenisnya:

  • Murai batu medan: Rp 500.000 – Rp 5.000.000
  • Murai batu borneo: Rp 300.000 – Rp 2.000.000
  • Murai batu nias: Rp 200.000 – Rp 1.000.000
  • Murai batu lampung: Rp 150.000 – Rp 750.000

Cara Memilih Burung Murai Batu Bahan

Memilih burung murai batu bahan yang berkualitas sangat penting untuk mendapatkan burung yang baik di masa depan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih burung murai batu bahan:

  • Perhatikan postur tubuh. Burung murai batu bahan yang baik memiliki postur tubuh yang tegak dan gagah. Hindari memilih burung yang terlihat lemah atau bungkuk.
  • Amati warna bulu. Burung murai batu bahan yang berkualitas biasanya memiliki warna bulu yang cerah dan mengkilap. Hindari memilih burung yang memiliki bulu kusam atau berbintik-bintik.
  • Periksa kesehatan. Pastikan burung murai batu bahan yang akan dipilih dalam kondisi sehat. Burung yang sehat biasanya memiliki mata yang cerah, bulu yang bersih, dan tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit.
  • Dengarkan kicauannya. Meskipun burung murai batu bahan belum memiliki kicauan yang sempurna, namun Anda dapat mendengarkan kicauannya untuk mengetahui potensinya. Burung yang memiliki kicauan yang bervariasi dan merdu biasanya memiliki potensi yang baik.
  • Beli dari penjual terpercaya. Membeli burung murai batu bahan dari penjual terpercaya sangat penting untuk mendapatkan burung yang berkualitas. Penjual terpercaya biasanya akan memberikan informasi yang jelas tentang burung yang dijualnya dan memberikan garansi kesehatan.
BACA JUGA :  Ciri-ciri Burung Murai Medan: Penampilan, Vokalisasi, Dan Perilaku

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas dan mengikuti tips yang diberikan, Anda dapat memilih burung murai batu bahan yang berkualitas dan berpotensi menjadi burung yang baik di masa depan.