Cara Menanam Bunga Setawar: Panduan Langkah Demi Langkah

Cara Menanam Bunga Setawar: Panduan Langkah demi Langkah

Bunga setawar (Impatiens walleriana) adalah tanaman berbunga indah yang dikenal karena bunganya yang berlimpah dan perawatannya yang mudah. Asli dari Afrika Timur, tanaman ini telah menjadi favorit di kalangan tukang kebun karena kemampuannya tumbuh subur di berbagai kondisi. Jika Anda ingin menambahkan warna dan keindahan pada taman Anda, menanam bunga setawar adalah pilihan yang sangat baik. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menanam bunga setawar:

1. Memilih Lokasi yang Tepat

Bunga setawar tumbuh paling baik di lokasi yang menerima sinar matahari penuh hingga teduh parsial. Mereka dapat mentolerir naungan penuh, tetapi pembungaannya mungkin berkurang. Tanah harus dikeringkan dengan baik dan kaya akan bahan organik.

2. Mempersiapkan Tanah

Sebelum menanam, siapkan tanah dengan mengolahnya hingga kedalaman 12-18 inci. Tambahkan banyak kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan kesuburan dan drainase. pH tanah yang ideal untuk bunga setawar adalah 6,0-6,5.

3. Menanam Bibit

Bunga setawar dapat ditanam dari biji atau bibit. Jika Anda menanam dari biji, taburkan di dalam ruangan 6-8 minggu sebelum tanggal bebas es terakhir. Tekan biji dengan lembut ke tanah, tetapi jangan menutupinya. Jaga agar tanah tetap lembab dan hangat (sekitar 70°F).

Jika Anda menanam dari bibit, keraskan tanaman secara bertahap dengan mengeksposnya ke luar ruangan selama beberapa jam setiap hari selama seminggu sebelum menanam.

4. Jarak Tanam

Jarak tanam yang ideal untuk bunga setawar adalah 6-12 inci. Ini akan memberi mereka ruang yang cukup untuk tumbuh dan mencegah penyakit.

BACA JUGA :  Cara Membuat Pakan Burung Manyar Yang Bergizi Dan Sehat

5. Menyiram

Bunga setawar membutuhkan penyiraman secara teratur, terutama selama cuaca panas dan kering. Sirami tanah secara menyeluruh dan biarkan mengering di antara penyiraman. Hindari penyiraman berlebihan, karena dapat menyebabkan busuk akar.

6. Pemupukan

Pupuk bunga setawar setiap bulan selama musim tanam dengan pupuk cair yang seimbang. Ikuti petunjuk pada label pupuk dengan hati-hati.

7. Mulsa

Mulsa di sekitar tanaman setawar dengan kompos atau kulit kayu untuk menjaga kelembapan, menekan gulma, dan mengatur suhu tanah.

8. Pemangkasan

Pemangkasan bunga setawar secara teratur akan mendorong pertumbuhan baru dan pembungaan yang berlimpah. Jepit ujung batang secara teratur untuk mencegah tanaman menjadi berkaki panjang. Anda juga dapat memotong kembali tanaman hingga setengahnya setelah berbunga untuk mendorong pertumbuhan baru.

9. Hama dan Penyakit

Bunga setawar umumnya tahan terhadap hama dan penyakit, tetapi dapat rentan terhadap kutu daun, tungau laba-laba, dan busuk akar. Periksa tanaman secara teratur dan obati masalah apa pun segera.

10. Perbanyakan

Bunga setawar dapat diperbanyak dengan stek batang. Ambil stek sepanjang 4-6 inci dari batang yang sehat dan masukkan ke dalam campuran pot yang lembab. Jaga agar stek tetap hangat dan lembab, dan mereka akan berakar dalam beberapa minggu.

Tips Tambahan

  • Untuk pembungaan yang berlimpah, cungkilan bunga yang layu secara teratur.
  • Bunga setawar adalah tanaman tahunan di iklim hangat, tetapi dapat ditanam sebagai tanaman tahunan di daerah yang lebih dingin.
  • Bunga setawar menarik bagi kupu-kupu dan penyerbuk lainnya.
  • Bunga setawar dapat digunakan sebagai tanaman gantung, tanaman penutup tanah, atau di perbatasan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menanam bunga setawar yang indah dan berlimpah di taman Anda. Tanaman ini adalah tambahan yang bagus untuk setiap lanskap, memberikan warna dan keindahan selama berbulan-bulan.