Ikan Hias Manfish Dan Cara Budidaya

Ikan Hias Manfish Dan Cara Budidaya – Ikan Hias Manfish atau banyak dikenal dengan sebutan istilah ‘Angel fish’ berasal dari
perairan Amazon, Amerika Selatan. Manfish (Pterophyllum scalare)
tergolong ke dalam famili Cichlidae, memiliki ciri-ciri morfologis dan juga mempunyai warna dan jenis serta tipe yang bervariasi dan memiliki bentuk tubuh pipih dengan postur tubuh seperti anak panah memiliki Sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor maka akan kelihatan seperti busur yang berwarna gelap transparan dan pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yangmempunyai panjang menjuntai hingga ke bagian tubuh daerah ekor. dapat juga Menjaga serta melindungi keturunannya serta memiliki sifat omnivorus yang Tergolong mudah untuk menerima beraneka ragam jenis – jenis makanan dalam beraneka ragam bentuk dan sumber dan Sehingga bagi anda yang sejauh ini sebagai seorang hobiis Ikan Hias Manfish anda juga dapat mencoba untuk melakukan Cara Budidaya Ikan Hias Manfish  atau ternak ikan manfish ini.

Ikan Hias Manfish Dan Cara Budidaya
Ikan Hias Manfish Dan Cara Budidaya

Factor ini dapat menjadikan anda sebagai ladang bisnis yang cukup lumayan menjanjikan bagi anda yang benar – benar serius untuk menggeluti aspek budidaya ikan dan tentunya untuk Budidaya Ikan Hias Manfish ini serta bisa untuk Cara mengembangbiakannya ataupun membudidayakan ikan hias manfish ini. dan berikut Ikan Hias Manfish Dan Cara Budidaya

Type ikan Manfish yang dikenal dan juga populer sudah berkembang di Indonesia antara lain yaitu
– Diamond (Berlian) memiliki warna tubuh perak mengkilat hingga hijau keabuan. pada daerah bagian  kepala atas terdapat warna kuning sampai coklat kehitaman yang menyusur hingga sektor punggung.
– Manfish Imperial memiliki warna basic perak akan tetapi bagian tubuhnya dihiasi empat buah garis vertikal berwarna hitam/coklat kehitaman.
– Manfish Marble mempunyai warna campuran hitam dan putih yang menempa garis vertikal.
– Manfish Black-White memiliki warna hitam menghiasi separuh tubuhnya sektor belakang, & warna putih menghiasi separuh sektor depan termasuk juga bidang kepala.

BACA JUGA :  Berbagai Tips Dan Cara Lengkap Membudidayakan Ikan Gabus
Untuk Pengelolaan Induk

Ikan Manfish dapat kita pilih yang sudah cukup umur untuk dijadikan induk sesudah umurnya mencapai 7 bulan dengan ukuran panjang ± 7,5 cm. Untuk mencapai hasil yang optimal, induk mesti dikelola bersama dengan baik antara lain dengan pemberian pakan yang baik seperti jentik nyamuk, cacing Tubifex, atau Chironomous. Tidak Cuma itu sebab induk ikan manfish amat sangat peka pada serangan penyakit, sehingga butuh diberikan obat dengan cara periodik Obat yang bisa di pergunakan antara lain Oxytetracycline dan juga garam.

Sebelum anda pijahkan, induk manfish dipelihara dengan cara massal ( jantan dan betina ) pertama – tama dalam 1 akuarium yang besar (ukuran 100x60x60 cm3). Sesudah matang telur, induk manfish dapat berpasangan hingga dapat memisahkan dari ikan yang lain. Induk yang berpasangan tersebut telah bisa untuk anda ambil dan juga di pijahkan pada sebuah tempat pemijahan.

Kanan Betina Dan Kiri Jantan

Dan di luar dari pada itu dapat anda lakukan antara lain dengan memasangkan induk Ikan Manfish dengan cara cepat sesudah mengetahui induk jantan dan juga betina. Induk jantan di cirikan dengan ukuran badan yang lebih besar dari betinanya . bagian Kepala induk jantan kelihatan agak lebih besar dari indukan betina dan juga bagian tubuh antara mulut ke sirip punggung berbentuk cembung serta bentuk tubuh lebih ramping di bandingkan dengan ikan betina.
Teknik Pemijahan

Berwarna Gelap

Cara Pemijahan dilakukan di akuarium berukuran 60x50x40 cm3 dengan keadaan tinggi air ± 30 cm. dan juga di dalam akuarium tersebut diberikan aerasi untuk menyuplai oksigen dan Ikan manfish dapat menempelkan telurnya pada substrat yang halus, contohnya potongan pipa PVC yang sudah anda siapkan untuk anda tempatkan dalam akuarium pemijahan. Dikarenakan ikan manfish cenderung sangat suka tempat yang gelap dan keadaanya santai, sehingga padap dinding akuarium dapat anda tempelkan kertas atau plastik yang berwarna gelap.

BACA JUGA :  Tips Budidaya Ikan Neon Tetra Dan Cara Pembenihan
Pemijahan Ikan Manfish

Indukan Ikan Manfish dapat memijah pada saat waktu tengah malam hari. Induk betina menempelkan telurnya pada substrat dan diikuti ikan jantan yang menyemprotkan spermanya pada seluruh telur, maka telur-telur tersebut terbuahi. Jumlah telur yang dapa dihasilkan oleh tiap-tiap induk Ikan Hias Manfish berkisar antara 500-1000 butir telur. Sewaktu periode pemijahan tersebut, induk masihlah di berikan pakan berupa cacing Tubifex, Chironomous atau Daphnia.

Penetasan Telur Dan Pemeliharaan Larva

Telur yang banyak menempel pada substrat kemudian dipindahkan ke dalam akuarium penetasan telur (berukuran 60x50x40 cm3) supaya bisa ditetaskan. pada air alat penetasan sebaiknya ditambahkan obat anti jamur, antara lain Methyline Blue dgn dosis 1 ppm.untuk dapat menjaga kestabilan suhu, sehingga ke dalam alat penetasan telur tersebut gunakan pemanas air (water heater) yang dipasang pada suhu 27-28oC. dan Telur Ikan Hias Manfish dapat menetas kurang lebih 2-3 hari, bersama derajat penetasan telur berkisar 70-90%. Setelah Itu paralon ruangan penempelan telur diangkat dan juga dilakukan perawatan larva sampai berusia ± 2 pekan.

Pakan Yang dapat Di Berikan

Pakan yang diberikan pada saat pemeliharaan larva Ikan Hias Manfish tersebut berupa pakan alami yang cocok dengan bukaan mulut larva dan mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, antara lain nauplii Artemia sp. Pakan tersebut diberikan 2 kali sehari ( pagi dan juga sore ) sampai larva berumur ± 10 hri & dilanjutkan dengan pemberian cacing Tubifex.

Pendederan dan juga Pembesaran
Sesudah berusia ± 2 pekan, benih tersebut akan dilakukan penjarangan untuk setelah itu dilakukan pendederan hingga anakan Ikan Hias Manfish berusia 1 bulan dan berikutnya merupakan memanen benih tersebut untuk anda pindahkan ke dalam bak/wadah pembesaran. Dalam hal tersebut yang akan dipakai bak fiber atau bak semen, tergantung wadah yang terssedia. Tatkala periode pembesaran, di upayakan supaya ada aliran air ke dalam wadah pembesaran meskipun sedikit. Padat penebaran untuk pembesaran anakan Ikan Hias Manfish berkisar 100 ekor/m2. Pakan yang diberikan berupa cacing Tubifex atau pellet hingga benih berusia ± 2 bln. Ukuran yang di raih rata rata berkisar 3 – 5 cm

BACA JUGA :  Cara Dan Teknik Jitu Budidaya Lele Di Kolam Terpal

Penyakit Dan Juga Cara Untuk Penanggulangannya
Ikan Hias Manfish dikenal lumayan peka pada serangan penyakit oleh karena itu dimanfaatkan pengelolaan dengan cara baik dengan menjaga mutu air dan juga jumlah pakan yangdapat anda berikan. dan dari Sekian Banyak type parasit yang biasa menyerang benih/induk Manfish antara lain ialah : Trichodina sp., Chillodonella sp. & Epystilys sp. Sedangkan bakteri yg menginfeksi yaitu Aeromonas hydrophilla.

Jenis Obat Yang Dapat Di Gunakan Untuk Menanggulangi Serangan Penyakit Parasitek Antara Lain :
– Formalin 25%, NaCl 500 ppm.
Untuk penyakit bakteri dapat anda pakai Oxytetrachycline 5 – 10 ppm bersama tdengan cara perendaman 24 jam. 

Demikianlah untuk Ikan Hias Manfish Dan Cara Budidaya semoga dapat membantu anda dalam hal Budidaya Ikan Hias  Manfish dan dapat memberikan sedikit cara ataupun inpormasi untuk anda supaya bisa membudidayakan ikan Hias Manfish tersebut cukup sekian dan terimakasih.