Jenis – Jenis Burung Yang Bersuara Merdu

Jenis – Jenis Burung Yang Bersuara Merdu – Biarpun umum adalah cucak hijau atau cucak ijo, tapi burung ini bukanlah keluarga merbah atau cucak-cucakan. Burung cucak hijau sama sekali bukan satu suku dengan cucak rowo atau cucak jawa contohnya.

cucak hijau
Yang biasa kita sebut cucak hijau ini mempunyai nama ilmiah Chloropsis sonnerati.dia adalah burung cicak daun yang memiliki tubuh besar dominan dengan warna hijau. Chloropsis sonnerati termasuk juga ke dalam suku Chloropseidae, berkerabat dekat dengan burung cipoh (Aegithina spp.). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagaiGreater Green Leafbird. Jenis-jenis cica-daun pula di kenal dengan sebutan umum burung daun, atau murai daun. Bertubuh sedang, dengan panjang badankeseluruhan (di ukur dari ujung paruh sampai ujung ekor) kira kira 22 cm.

cica daun
Seperti biasanya cica-daun, semua badan di dominasi warna hijau jelas (hijau daun), termasuk juga sayap serta ekor; sementara pipi dan tenggorokan burung jantan berwarna hitam berkilau. Perbedaan bersama cica daun yang lain merupakan adanya warna (noktah) biru kepada bahu burung jantan. Burung betina dengan tenggorokan kuning serta lingkaran mata kuning. Ke-2 tipe kelamin mempunyai sepasang setrip malar biru berkilau di sudut dagunya. Iris mata berwarna coklat gelap, paruh tebal hitam serta kaki abu-abu kebiruan. Type burung ini kadang bersikap agresif kepada kategori lain yang berukuran lebih mungil. Di kala berkicau, cica daun besar dapat menundukkan kepala. Makanannya ialah aneka serangga dan buah-buahan hutan.

burung kacer
Punyai burung kacer mbagong memang lah momok bagi pemain. Betapa tak kalau sedang asyik di tampilkan, ngerol dan nembak, ekornya ngebyak – ngebyak, tiba-tiba dadanya membusung, mekrok. Burung hasilnya tidak akan di nilai yang bagus. Sang pemilik serta hasilnya down menonton jagoannya bagong. Macam Mana sih sebenarya kacer mbagong itu? Apa mampu memang lah diatasi? Dalam blog ini telah ditulis sekian banyak artikel.

Burung Cendet
Burung Cendet / Burung Pentet ialah salah satu burung predator yang mempunyai nada variasi isian yang amat baik. Tidak Sedikit Kicaumania yang beranggapan perawatan burung tipe ini sulit. Sebenarnya, merawat burung ini sama mudahnya dengan merawat burung berkicau type lain. Burung Cendet yaitu burung cerdas dari keluarga Turdidae. Cendet termasuk juga burung pujaan buat para penghobi yang suka dengan burung yang mampu menirukan beraneka nada burung lain. Lalu lebih kurang awal 1990-an, cendet ialah burung yang belum tidak sedikit di minati. Bahkan harganya tak lebih dari harga burung kutilang. Tapi, dalam perkembangannya, orang mengetahui bahwa tidak hanya mempunyai wujud fisik yang indah, nyatanya burung ini memiliki nada yang menarik hingga akan memaster nada burung yang lain. Di karenakan itu berbondong orang mengusahakan memiliki burung ini serta mencari mutu yang paling baik. Jenis nada Cendet yang ngerol, condong mendominasi nada ocehan burung yang lain seandainya kita gantang di dalam rumah bersama-sama. Di banding burung lain Cendet yang sanggup mempunyai lagu variatif (tergantung pola pemasterannya) ini, mempunyai warna nada yang merdu. Meskipun mampu teramat keras, namun tak memekakkan telinga. Beda dengan warna nada burung-burung kicauan yang lain.

crukcuk
Merbah cerukcuk yaitu sejenis burung
pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cerukcuk atau
jogjog, orang Jawa menyebutterucuk atau cerocokan, mengikuti bunyi
suaranya yg khas. Dalam bahasa Inggris dinamakan Yellow-vented Bulbul.Burung yg berukuran sedang, panjang badan keseluruhan (diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor) kurang lebih 20 centimeter. Segi atas badan (punggung, ekor) berwarna coklat kelabu gelap, segi bawah (tenggorokan, dada & perut) putih kusam. Mahkota kehitaman, alis & kira kira mata putih, bersama kekang (garis di depan mata) hitam. Segi lambung dgn coretan-coretan coklat, & penutup pantat berwarna kuning. Iris mata berwarna coklat, paruh hitam & kaki abu-abu merah jambu.

jalak suren
Jalak (Ingg. starling) ialah nama sekelompok burung pengicau dari suku Sturnidae. Burung yg kebanyakan berukuran sedang (seputar 20-25 senti meter), ganteng, dgn paruh yg kuat, tajam & lurus. Berkaki panjang sebanding bersama tubuhnya. Bersuara ribut, & berceloteh keras, kadang-kadang meniru nada burung yang lain. Di alam, burung ini biasanya bersarang di lubang-lubang pohon. Burung jalak relatif enteng dijinakkan. Dalam kandang burung ini amat sangat aktif bergerak & berkicau. Lantaran itu peminat burung kicau memelihara burung ini utk melatih kategori burung kicau lain.

tekukur
Tekukur Biasa merupakan burung bersama badan berukuran sedang (30 senti meter).Warnanya coklat kemerahjambuan. Ekor burung ini nampak panjang. Bulu ekor terluar bersama pinggir putih tebal. Bulu sayap lebih gelap dibanding badan. Ada bercak-bercak hitam putih khas terhadap leher.Iris jingga, paruh hitam, kaki merah.Hidup dekat dgn manusia. Mencari makan di permukaan tanah. Tidak Jarang duduk berpasangan di ruang terbuka. Seandainya terganggu terbang rendah di permukaan tanah, bersama kepakan sayap pelan yg memiliki paruh, berdarah panas, & bereproduksi bersama kiat bertelur.

perkutut/merbuk
Merbuk atau perkutut (Geopelia striata, familia Columbidae) ialah sejenis burung berukuran mungil, berwarna abu-abu yg tidak sedikit dipelihara orang sebab keindahan suaranya. Dalam kebiasaan Indonesia, terutama Jawa, burung ini amat dikenal & digemari, bahkan agak lebih “dimuliakan” di bandingkan dgn burung peliharaan yang lain. Perkutut tetap berkerabat dekat dgn tekukur, puter, & merpati.

Cucak jenggot.
Cucak jenggot monalisa mempunyai kelebihan dengan memanfaatkan cuma satu tangkringan serta duduk tidak dengan loncat. la pula mempunyai tonjolan lagu gereja yang amat terang hingga speed yang amat sangat rapat, Yang menciptakan para kicaumania terpukau dengan burung cucak jenggot 

Tledekan gunung
Burung Tledekan memiliki panjang tubuh berkisar antara 8 sampai dengan 20 centimeter. Membedakan Tipe kelamin kepada burung ini bersama pola warna yang kontras antara tledekan yang berkelamin jantan di bandingkan bersama burung tledekan betina. Sampel kepada Species Tledekan Gunung Warna Pejantan kepada Kategori Niltava ini belakang biru lanjut usia & satu biru cerah di kepala, terdapat kedok hitam kira kira mata mata, satu jakun hitam, & terdapat warna jeruk bersinar perutnya, sekian banyak genus seperti vivid niltava berwarna ungu kebiruan, biru putih (bisa jadi tidak jarang kita kenal juga sebagai tledekan laut) Warna kepada kategori Betina yaitu coklat zaitun dgn coklat bujang di perut , & warna betina bujang merupakan coklat cerah bersama agak keputih-putihan. sumber : wikipedia & bermacam sumber lainnya

Demikianlah tentng Jenis – Jenis Burung Yang Bersuara Merdu semoga dapat membantu anda para kicau mania. sekian dan terimakasih.